Yuk Berwisata ke Hutan Pinus Imogiri, Bantul Yogyakarta

Saat ini Hutan Pinus Imogiri memang semakin populer sebagai salah satu lokasi hunting foto dan bahkan prewedding. Deretan hutan pinus yang tumbuh teratur menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Selain wisata alam Kalibiru di Kulonprogo, hutan pinus ini merupakan salah satu rekomendasi wisata alam di Jogja yang perlu dikunjungi. Hutan ini letaknya berdekatan dengan Kebun Buah Mangunan Imogiri dan Kawasan wisata Puncak Becici, maka jangan heran jika para wisatawan menyebut bahwa kedua tempat wisata ini satu paket yang harus dikunjungi ketika ke Jogja.

Hutan Pinus Imogiri

Jika Anda pernah menonton film Twilight pastinya Anda sudah memiliki gambaran tentang tempat wisata ini. Pasalnya, hutan pinus ini memiliki pemandangan yang hampir sama seperti di salah satu tempat pengambilan gambar film Twilight tersebut. Waktu terbaik mengunjungi hutan pinus ini adalah pada pagi hari. Selain dapat merasakan hawa sejuk, ketika pagi hari pemandangan alam yang ada di sana sangatlah memukau dan indah.

Keindahan dan keunikan dari hutan pinus inilah yang membuat hutan pinus Bantul ini merupakan tempat hunting foto menarik di Jogja paling populer. Tak hanya digunakan untuk hunting foto, bahkan brand terkenal dan beberapa stasiun televisi menjadikan hutan pinus ini sebagai lokasi syuting.

Akses menuju ke Hutan Pinus Imogiri

Tempat wisata di Jogja ini terletak di desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Ketika Anda dari Jogja dan melewati ring road selatan dari arah gamping Anda harus mengikuti petunjuk jalan menuju ke arah Parangtritis menuju ke Kecamatan Dlingo. Setelah itu ikuti papan petunjuk ke arah Kebun Buah Mangunan. Ketika sudah sampai ke Kebun Buah tersebut lurus lagi sekitar 1 km mengikuti jalan yang beraspal halus. Jika jalan yang Anda tempuh benar maka Anda akan menemukan jalan yang menanjak. Mengingat aksesnya cukup sulit sebaiknya Anda berhati-hati dalam berkendara agar tidak terjadi sesuatu yang tak diinginkan.

Jam buka dan harga tiket masuk ke Hutan Pinus

Tidak seperti tempat wisata lainnya, di tempat wisata ini tidak ada jam buka. Sehingga para pengunjung bebas mau mengunjungi wisata ini. Tak hanya itu saja, untuk bisa masuk ke hutan pinus Mangunan ini pun gratis tidak dipungut biaya. Karena memang belum ada loket masukknya. Akan tetapi Anda tetap harus membayar biaya parkir kendaraan, yaitu Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 4.000 untuk kendaraan roda empat.

Tips berwisata ke Hutan Pinus

Bagi Anda yang tertarik untuk mengunjungi tempat wisata ini ada beberapa tips yang perlu diperhatikan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Para wisatawan tidak boleh membuang sampah sembarangan di kawasan hutan pinus ini. Hal ini berguna agar tempat wisata ini tetap terjaga keindahan dan keasriannya.
  2. Bagi Anda yang merokok sebaiknya berhati-hati dalam membuang puntung rokok ataupun batang korek api. Karena jika lalai dalam mematikannya dapat memicu terjadinya kebakaran hutan. Dan alangkah baiknya ketika mengunjungi wisata ini Anda tidak merokok.
  3. Ketika berwisata ke sini sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi. Karena kawasan ini tidak dilewati oleh kendaraan umum, seperti angkot dan lainnya.
  4. Tips berwisata ke hutan pinus Imogiri selanjutnya adalah bawalah bekal makanan ataupun minuman dari rumah. Karena di tempat wisata ini belum banyak warung yang menjajakan makanan ataupun minuman. Hanya saja jika beruntung Anda bisa menemui penjual makanan ringan seperti cilok dan siomay. Namun penjual tersebut pun tidak setiap saat ada.

kawasan wisata puncak becici

Menikmati Keindahan Alam Puncak Becici

Setelah puas menikmati keindahan pemandangan di hutan pinus Imogiri, Bantul tersebut tak ada salahnya Anda melanjutkan perjalanan ke tempat menarik lainnya yaitu ke wisata Puncak Becici. Dari hutan pinus Mangunan Anda harus berjalanan lusrus hingga bertemu pertigaan. Di pertigaan tersebut sudah terdapat papan petunjuk yang akan membawa Anda menuju ke kawasan wisata Puncak Becici.

Sesampainya di kawasan wisata tersebut Anda akan disuguhkan pemandangan alam yang sangat indah lengkap dengan udara yang sejuk dan aroma khas hutan pinus. Jika cuaca sedang cerah Anda bisa melihat Gunung Merapi dan Gunung Sindoro. Waktu terbaik mengunjungi Puncak Becici adalah pada pagi ataupun sore hari. Di wisata ini Anda pun dapat menemui rumah pohon yang sama seperti di Kalibiru, Kulonprogo.

Kawasan Wisata Puncak Becici sendiri dikelola oleh warga setempat secara swadaya. Mengingat kawasan ini merupakan kawasan Hutan Lindung, maka fasilitas yang dibuat oleh pengelola pun cukup sederhana. Meskipun begitu, keterbatasan fasilitas tidak membuat Puncak Becici ini sepi pengunjung.

Nah bagi Anda yang berencana mengunjungi tempat wisata di Jogja yang satu ini pastikan Anda selalu menjaga kebersihan, tidak bermain api, tidak merusak pohon dan hal lainnya yang merugikan.