Yuk Berwisata ke Air Terjun Bidadari Sentul

Sampai saat ini mungkin belum banyak orang yang mengetahui tentang Air Terjun Bidadari Sentul. Air terjun ini merupakan salah satu obyek wisata unggulan di Sentul Paradise Park, Bogor. Sebelum direnovasi, air terjun ini bernama Air Terjun Bojongkeneng. Hal ini dikarenakan secara administratif tempat wisata ini terletak di Desa Bojongkeneng, Sentul, Bogor. Selain warga sekitar, belum banyak orang yang mengetahui tempat ini karena letaknya yang tersembunyi di balik sebuah bukit.

Air Terjun Bidadari Sentul

Sejarah Air Terjun Bidadari Sentul

Dulunya, air terjun ini sangat tersembunyi. Dan untuk menikmati keindahan air terjun ini para pengunjung harus berjalan kaki sejauh 2 km. Adanya bukit yang membentuk lembah, membuat air terjun tidak bisa terlihat secara keseluruhan. Tentu saja keindahan dari air terjun ini tidak dapat dilihat secara sempurna. Karena hal inilah membuat para pengelola melakukan penggalian untuk membuat akses jalan menuju ke obyek wisata. Tak hanya itu saja tujuannya, penggalian tersebut juga bertujuan untuk membuat kolam penampungan dair air yang mengalir.

Meskipun begitu, ada beberapa kendala lainnya, yaitu adanya baru besar yang berada di depan air terjun. Sehingga batu tersebut dibelah untuk dijadikan hiasan. Jika diperhatikan dari kejauhan,  batu tersebut memberikan kesan seolah-olah batu  tersebut terbelah oleh air terjun dan memberi jalan untuk aliran air.

Menurut legenda yang ada, di antara bebatuan tersebut ada sebuah celah yang digunakan Jaka Tarub sebagai tempat persembunyiannya. Jaka Tarub menggunakan celah tersebut untuk mengintip para biadarari dari Kahyangan yang sedang mandi. Hal inilah yang membuat mengapa air terjun ini dinamakan sebagai Air Terjun Bidadari.Air Terjun Bidadari Sentul

Pesona wisata Air Terjun Bidadari Sentul

Meskipun sudah direnovasi dan tidak alami, namun Anda jangan khawatir karena tempat wisata ini masih memiliki udara sejuk dan suasana yang sangat menyenangkan. Selain menikmati pemandangan alam sekitar, Anda pun bisa bermain di air terjun yang memiliki ketinggian 50 meter tersebut.  Tak hanya itu saja, Anda juga tidak perlu khawatir dengan air yang ada di Air Terjun Bidadari. Karena air yang ada di sana masih tetap alami yaitu dari sebuah mata air yang ada di hutan lindung di kawasan perbukitan yang ada di sana.

Tak hanya kolam kecil untuk anak-anak saja, di kawasan wisata ini juga terdapat kolam besar untuk para pengunjung yang ingin bermain air. Air kolam yang ada di sekitar air terjun juga sudah terjamin kebersihannya. Hal ini dikarenakan airnya selalu mengalir dan pastinya selalu baru sehingga tidak dapat menyebabkan penyakit kulit ataupun penyakit lainnya.

Tak hanya itu saja di tepi kolam juga terdapat pasir putih yang didatangkan langsung dari Pulau Belitung. Berkat renovasi tersebut, air terjun ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai macam wahana, mulai dari Lazy pool, Wave Pool, flying fox dan pastinya lebih banyak pengunjung yang berkunjung ke tempat wisata ini.

Jam Buka dan Tiket Masuk ke Air Terjun Bidadari

Air Terjun ini buka setiap hari dengan jam buka yaitu mulai pukul 08.00 WIB. Jika dibandingkan dengan air terjun yang ada di Bogor ataupun tempat lainnya yang ada di sana, Air Terjun Bidadari memang memiliki tarif yang lumayan mahal. Hal ini dikarenakan letaknya di kawasan elit Sentul dan dikelola oleh swasta. Untuk dapat masuk ke salah satu tempat wisata di Sentul ini Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp 30.000 per orang, biaya tambahan yaitu Rp 5.000 per motor dan Rp 10.000 per mobil. Dan pastikan Anda membeli tiket masuk di loket gerbang masuk. Karena di sana juga banyak warga yang melakukan pungutan liar terhadap tiket tersebut.

Hanya dengan Rp 30.000 Anda sudah bisa menikmati pemandangan bukit, ladang hijau dengan Gunung Salak serta pemandangan air terjun yang  indah dan mempesona.

Cara menuju dan tips berwisata ke Air Terjun Bidadari

Bagi Anda yang tertarik mengunjungi tempat wisata di Sentul ini dan jika Anda tinggal disekitar Jakarta, pilihlah jalur tol Jagorawi dan keluar lewat gerbang tol Sentul City. Setelah itu beloklah ke kiri dan setelah sampai ke perempatan pilihlah jalur sebelah kiri yang  jalannya agak sempit. Setelah menemui papan petunjuk, ikutilah papan tersebut. Papan petunjuk itulah yang akan memandumu sampai ke Ar terjun Bidadari.

Untuk tips berwisata Air Terjun Bidadari Sentul adalah datanglah sepagi mungkin karena pada musim liburan tempat wisata ini akan ramai dikunjungi oleh para wisatawan, menggunakan alas kaki yang nyaman karena jalannya pun cukup licin, membawa topi dan payung ataupun tabir surya, karena meskipun terletak di pegunungan , akan tetapi akan terasa sangat panas dan terik pada saat siang hari, membawa uang secukupnya dan pastinya jangan membuang sampah sembarangan.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Sidebar



Hey there!

or

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…