Wisata Taman Nasional Baluran, Pesona Afrika di Pulau Jawa

Pantai merupakan salah satu jenis wisata alam yang menjadi tempat wisata favorit bagi kebanyakan setiap orang ketika berlibur. Seperti yang kita ketahui, Pulau Jawa memiliki banyak pantai yang indah dan menarik yang sayang untuk dilewatkan. Namun tak hanya wisata pantai yang menarik untuk dikunjungi, di Pulau Jawa Anda juga dapat mengunjungi Taman Nasional yang memiliki pesona keindahan sama seperti di Afrika.

Untuk dapat berlibur dan menikmati padang savana yang sangat luas lengkap dengan hewan-hewan liarnya, tidak perlu jauh-jauh pergi ke Afrika karena Anda bisa menikmati hal tersebut di Indonesia, tepatnya di di wilayah Banyuputih, Situbondo dan Wongsorejo, Banyuwangi, Jawa Timur yaitu di Taman Nasional Baluran.

Salah satu Taman Nasional di Indonesia ini berbatasan langsung dengan Selat Madura khsusunya di sebelah Utara, sedangkan di sebelah timur berbatasan langsung dengan Selat Bali. Dan di tengah-tengah Taman Nasional ini terdapat Gunung Baluran yang sudah tidak aktif lagi.

Taman Nasional Baluran

Pesona Wisata Taman Nasional Baluran di Jawa Timur

Taman Nasional yang satu ini adalah Taman Nasional di Indonesia yang merupakan padang savana terluas di Pulau Jawa dengan spesies hewan dan tumbuhan yang beragam. Maka jangan heran jika banyak orang yang menyebutnya seperti Afrika. Di tempat wisata ini Anda akan disuguhi pemandangan yang sangat indah dan mempesona tak hanya keindahan alam, di sini Anda dapat melihat para merak yang melebarkan ekornya, kawanan rusa yang berlarian menuju ke genangan air, monyet yang bergelantungan di pohon mencari makan hingga melihat kawanan elang yang terbang di atas awan.

Tempat wisata tersebut merupakan ekosistem hutan kering di Pulau Jawa yang terdiri dari beberapa tipe vegetasi padang savana, hutan musim, hutan mangrove, hutan pantai, hutan rawa serta hutan yang selalu hijau sepanjang tahun. Di Taman wisata ini pun terdapat berbagai macam flora dan fauna.  Di sini terdapat sekitar 444 jenis flora seperti widoro bukol. Sedangkan untuk faunanya terdapat kurang lebih sekitar 26 jenis binatang mamalia, seperti banteng, kerbau liar, rusa dan lainnya. tak hanya itu saja di Taman Nasional ini juga terdapat sekitar 155 jenis burung langka, seperti  burung merak, burung walet ekor jarum, bangau tong-tong, ayam hutan merah, kangkareng dan masih banyak lagi.

Taman Nasional Baluran

Iklim di tempat wisata yang satu ini termasuk iklim kering tipe F dengan temperatur 27,2 hingga 30,9 derajat celcius dengan tingkat kelembaban udara 77%. Dengan suhu tersebut, pada saat musim kemarau, tempat wisata yang satu ini akan akan langka air.

Meskipun memiliki udara dan cuaca yang sangat panas. Waktu yang cocok untuk mengunjungi Taman Nasional Baluran adalah pada musim kemarau, yaitu pada bulan Juni hingga Agustus. Pada saat bulan-bulan tersebut satwa-satwa yang ada di sana akan keluar menuju padang savana, karena para petugas dan pengelola Taman Nasional akan menyediakan air dan kubangan untuk mereka minum dan bermain.

Hal Menarik yang Dapat Dilakukan di Taman Nasional Ini

Taman wisata ini sangat cocok dikunjungi bagi pecinta fotografi. Dan waktu yang tepat untuk memulai perjalanan menyusuri Taman Nasional ini adalah pada pagi hari, yaitu pukul 04.00 hingga 05.00. Foto yang dihasilkan pada waktu tersebut pun sangat indah. Dan bagi Anda yang ingin menyaksikan pemandangan matahari terbit, tempat terbaik untuk melihatnya adalah di  Pantai Bawa. Namun ketika di sana, Anda harus berhati-hati. Karena  di sana banyak sekali monyet liar yang sering mengambil barang bawaan setiap pengunjung.

Namun tak hanya itu saja, di sana Anda juga bisa mengelilinginya dengan menggunakan perahu yang disediakan di sana. Anda juga bisa melakukan aktivitas snorkeling dan menikmati keindahan alam bawah laut. Bagi Anda yang ingin berkemah di sini jangan khawatir, karena pihak pengelola pun menyediakan camping ground. Beberapa fasilitas pun sudah cukup memadai, seperti kamar mandi dan instalasi air yang baik. 

Bagi Anda yang ingin melakukan hal tersebut, disarankan bagi Anda untuk membawa perbekalan makanan dan minuman sendiri. Karena di sana tidak ada fasilitas khusus untuk berwisata kuliner.

Akses Menuju ke Taman Nasional Baluran

Bagi Anda yang beradai di luar privinsi Jawa Timur, Anda harus lebih dulu ke kota Surabaya. Dari Surabaya, ambilah rute jalur pantai utara ke arah timur melewati kota Pasuruan, Probolinggo, Situbondo dan Banyuputih. Dari Banyuputih ambil jalan menuju ke Desa Bilik lalu ke Desa Wongosorejo. Dan di tengah perjalanan nanti, Anda harus belok kiri menuju ke visitor center.

Jika tertarik mengunjungi tempat ini Anda harus menempuh jarak sekitar 255 km dari kota Surabaya, 25 km dari Banyuwangi, 60 km dari Situbondo dan 159 km dari Denpasar. Tiket masuknya pun sangat terjangkau, yaitu untuk wisatawan dalam negeri yaitu Rp 2.500 per orang, wisatawan luar negeri Rp 20.000 per orang dan untuk kendaraannya yaitu Rp 6.000.

Baca juga tempat wisata di Banyuwangi yang paling terkenal.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Sidebar



Hey there!

or

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…