Wisata Labuan Bajo Paling Menarik yang Memiliki Pemandangan Alam Paling Indah

Mengunjungi wisata Labuan Bajo merupakan  hal yang wajib dilakukan ketika Anda melakukan perjalanan wisata ke Flores, Nusa Tenggara Timur. Nah bagi Anda yang memang sudah memiliki rencana untuk berwisata ke sini, setidaknya ada beberapa destinasi tempat wisata menarik yang wajib dikunjungi. Penasaran kan? Simak ulasannya berikut ini.

Beriwisata adalah hal yang paling menyenangkan, sebab setelah sibuk kerja pada hari kerja akhir pekan adalah salah satu moment yang tidak akan disia-siakan oleh setiap orang. Terutama bagi para traveler. Jika sudah bosan mengunjungi tempat wisata yang itu-itu saja, tak ada salahnya jika Anda mengunjungi beberapa tempat wisata yang ada di Labuan Bajo.

Labuan Bajo merupakan kota nelayan kecil yang terletak di Flores wilayah Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Meskipun termasuk kota kecil, akan tetapi Labuan Bajo juga memiliki tempat wisata yang tak kalah populer dengan Bali. Tak hanya itu saja, Labuan Bajo juga sering dijadikan sebagai titik singgah bagi para wisatawan yang ingin mengunjungi wisata terfavorit dan terkenal di dunia yaitu Pulau Komodo.

Sama seperti Raja Ampat yang ada di Papua, Labuan Bajo juga memiliki keindahan alam yang sangat menawan dan menakjubkan. Pemandangan matahari terbenamnya pun tak kalah menarik dengan wisata-wisata lain yang ada di Indonesia. Daripada penasaran, berikut adalah beberapa tempat wisata yang ada di Labuan Bajo yang wajib dikunjungi ketika ke sini.

Destinasi Wisata Labuan Bajo Paling Populer yang Sering Dikunjungi Para Wisatawan

Kampung Todo

Kampung yang terletak sekitar 45 km dari ibu kota Labuan Bajo ini masih menunjukkan jati dirinya sebagai salah satu kampung tertua di Manggarai Barat yang masih eksis mempertahankan nilai-nilai budayanya. Jika ada tamu, masyarakat di kampung Todo akan melakukan upacara penyambutan dengan menampilkan tari-tarian dan kesenian lainnya.kampung todo

Dan tentunya hal ini akan menjadi pengalaman tersendiri yang tak akan terlupakan. Tak hanya itu saja, pada zaman peperangan dulu Kampung Todo disebut-sebut memiliki benteng pertahanan yang sangat kuat untuk menghadang serangan musuh-musuhnya.

Baca juga ingin liburan saat puasa? perhatikan tips wisata saat puasa berikut ini

Pulau Kanawa

Destinasi wisata di Labuan Bajo yang kedua adalah Pulau Kanawa. Pulau Kanawa merupakan destinasi wisata paling populer yang sering dikunjungi para wisatawan. Di pulau ini Anda bisa bermain dengan pasir pantai yang putih dan lembut. Airnya yang biru dan jernih juga akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta wisata pantai.

Tak perlu snorkeling ataupun diving untuk menikmati keindahan alam laut, karena Anda bisa melihatnya secara langsung di atas permukaan laut. Namun  bagi Anda yang ingin melakukan olahraga laut, tak ada salahnya untuk bersnorkeling. Jika sudah bosan bermain dengan air dan ikan, Anda bisa trakking dan hiking di bukit-bukit yang ada di sekitar pulau ini.

Taman Nasional Loh Liang

Ingin melihat komodo secara langsung di habitat aslinya? Anda bisa mengunjungi wisata lainnya yaitu Taman Nasional Loh Liang. Taman Nasional Loh Liang merupakan salah satu Taman Nasional di Indonesia yang berada di Pulau Rinca, Manggarai Barat, Labuan Bajo, Flores. Untuk bisa sampai di sini Anda membutuhkan tenaga dan tubuh yang fit.Taman Nasional Loh Liang

Sebab Anda harus menggunakan speed boat selama 4 jam, yang kemudian Anda harus trakking di hamparan savana. Wisata Labuan Bajo ini menjadi wisata favorit bagi para wisatawan, karena di sini Anda bisa melihat komodo dengan jarak yang dekat. Agar lebih aman dan tidak terjadi sesuatu yang tidak dinginkan pastikan Anda minta ditemani para pemandu yang ada di sana.

Pulau Kukusan

Berikutnya adalah Pulau Kukusan. Pulau seluas 10 hektar ini sering menjadi tempat perlintasan kapal yang akan menuju ke Pulau Komodo dari Labuan Bajo. Namun tak hanya jadi tempat perlintasan saja, tak jarang banyak wisatawan yang penasaran dan akhirnya menyempatkan diri untuk berkunjung ke Pulau Kukusan ini.wisata labuan bajo, pulau kukusan Jika diperhatikan, pulau ini hampir mirip seperti alat penutup untuk mengukus nasi. Mungkin inilah yang membuat pulau ini dinamakan Pulau Kukusan.

Air Terjun Cunca Wulang

Di sekitar lokasi air terjun ini sebenarnya ada 3 air terjun yang indah dan mempesona. Untuk bisa menikmati pemandangan alam tersebut Anda diharuskan untuk menempuh perjalanan sekitar kurang lebih 30 menit dengan cara trekking hutan. Sepanjang perjalanan Anda akan disuguhi pemandangan tebing-tebing yang menjulang tinggi, air sungai biru yang menyegarkan serta udara yang sejuk dan segar.Air Terjun Cunca Wulang

Setelah sampai di lokasi air terjun, Anda harus berenang dan mendekat agar bisa menyaksikan air terjun lebih dekat. Bagi pecinta wisata alam, hal ini tentu saja sangatlah menarik untuk dicoba. Jika ingin mencoba hal yang lebih menantang, Anda bisa melompat dari tebing dengan ketinggian 3 hingga 10 meter ke sungai.

Baca juga Pulau Kadidiri Togean, tempat wisata di Sulawesi Tengah yang kaya biota laut

Demikianlah ulasan mengenai wisata Labuan Bajo paling menarik dengan pemandangan alam paling indah dan mempesona.