Wisata Candi Borobudur, Obyek Wisata Bersejarah di Magelang

Mendengar nama Candi Borobudur tentu saja sudah tidak asing lagi bagi kita. Ini karena Candi Borobudur merupakan salah satu tempat wisata di Magelang yang juga merupakan candi Budha terbesar di Indonesia dan di dunia. Candi bersejarah ini juga sudah ditetapkan oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia pada tahun 1991. Selain menjadi cagar budaya dunia, Candi Borobudur juga menjadi salah satu tempat wisata menarik yang seringkali dikunjungi oleh wisatawan dalam hingga luar negeri.

wisata Candi Borobudur

Sejarah Candi Borobudur terlengkap

Candi megah ini diperkirakan mulai dibangun pada masa Dinasti Syailendra sekitar abad ke-9 di bawah pemerintahan Raja Samaratungga. Meskipun belum mengenal teknologi dan komputer, candi yang dibuat oleh arsitek Gunadharma ini sangatlah indah dan luar biasa. Nama Borobudur sendiri berasal dari bahasa Sansekerta ‘Vihara Buddha Uhr’ yang memiliki arti Biara Buddha di Bukit.

Pada masa itu, Candi ini menjadi pusat kegiatan keagamaan terbesar. Hingga masuknya pengaruh Islam pada abad ke 15. Dan pada akhirnya candi ini mulai terlupakan oleh masyakaratnya karena beralih ke agama Islam. Tak hanya itu saja, candi ini juga semakin terlupakan saat terjadi letusan Gunung Merapi yang membuatnya terkubur abu vulkanik.

Dan akhirnya pada tahun 1814, Sir Thomas Stamford Raffles mulai mengungkap kembali keberadaa candi ini. sejak ditemukan kembali Candi Borobudur ini mulai direkonstruksi hingga saat ini.

Sekilas tentang keindahan Candi Borobudur

Melakukan wisata Candi Borobudur adalah salah satu hal yang menarik untuk dilakukan. Di candi yang memiliki luas 123 x 123 meter persegi ini Anda akan bisa melihat keindahan bangunan yang sangat menajubkan. Candi Borobudur terdiri dari 10 tinggkat dan dihiasi sekitar 1.460 panel relief dengan panjang masing-masing panel 2 meter. Panel relief tersebut menceritakan mengenai tingkatan kehidupan Budha.

Selain itu, di komplek wisata ini pun Anda dapat mengunjungi Museum Samudera Raksa dan Museum Karmawibhangga. Museum Samudera Raksa berisi informasi tentang sejarah perdagangan Asia- Afrika pada zaman dahuku serta koleksi menarik. Sedangkan Museum Karmawibhangga berisi tentang informasi pembangunan Candi Borobudur.

Hal yang dapat dilakukan ketika Wisata ke Candi Borobudur

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan ketika wisata Candi Borobudur. Seperti, mempelajari seni sastra dan budaya, hunting foto, berkeliling komplek candi hingga berburu souvenir.

Tiket masuk dan akses menuju ke Candi Borobudur

Candi Borobudur buka setiap hari, yaitu pukul 06.00 hingga 17.00. untuk harga tiket masuknya pun sangat terjangkau yaitu Rp 30.000 untuk dewasa WNI dan 15 USD untuk WNA. Sedangkan Rp 12.500 untuk anak-anak WNI dan 8 USD untuk WNA.

Candi Borobudur terletak di Jalan Badrawati, Magelang, Jawa Tengah. Cara paling mudah untuk menuju ke sini adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi. Namun jika ingin menggunakan transportasi umum dan dari Jogja Anda harus menuju ke Terminal Giwangan, Jogja.

Baca juga rafting Sungai Elo, wisata di Magelang paling populer.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Sidebar



Hey there!

or

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…