Tempat Wisata di Wonosobo yang Paling Sering Dikunjungi

Wonosobo merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang memiliki pemandangan alam cukup indah dan menarik untuk dinikmati. Ini karena Wonosobo merupakan dataran tinggi yang berada di ketinggian 250 hingga 2.250 menter di atas permukaan laut. Maka jangan heran jika di sana banyak sekali para wisatawan yang berkunjung di obyek wisata yang ada di sana. Lalu obyek wisata apa saja yang ada di sana? Penasaran kan? Berikut adalah tempat wisata di Wonosobo yang paling sering dikunjungi.

Inilah tempat wisata di Wonosobo paling populer

Dataran tinggi Dieng

Dataran tinggi Dieng

Dieng merupakan kawasan dataran tinggi yang berjarak 30 km dari pusat kota Wonosobo. Tempat wisata ini merupakan salah satu obyek wisata yang paling terkenal dan favorit bagi para pengunjung. Jika Anda ke sini, jangan lupa untuk membawa jaket. Ini karena dataran tinggi Dieng berada pada ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut. Sehingga menjadikan obyek wisata ini memiliki udara yang dingin dan sejuk. Selain dapat menikmati pemadangan alam yang indah, di sini Anda juga dapat mengunjungi berbagai macam tempat wisata lainnya yang ada di sana.

Telaga warna

Telaga warna

Berikutnya adalah Telaga Warna. Menurut legenda warga sekitar, warna yang muncul di permukaan telaga ini muncul berasal dari cincin milik bangsawan yang jatuh ke dalam telaga tersebut. Telaga warna merupakan salah satu landmark di Wonosobo yang paling sering dikunjungi para wisatawan. Di sini Anda dapat mendaki puncak bukit yang mengelilingi telaga tersebut, ataupun hanya duduk santai di di balkon yang ada di tepi telaga warna.

Kawah di Dieng

Kawah di Dieng

Tempat wisata di Wonosobo paling menarik selanjutnya adalah Kawah Dieng. Di sana Anda beberapa kawah yang dapat Anda kunjungi, seperti kawah Sikidang, Kawah Candradimuka dan juga Kawah Sileri yang merupakan kawah yang masih aktif. Dari beberapa kawah tersebut memiliki keunikan tersendiri yang dapat menarik perhatian para wisatawan.

Bukit Sikunir

Bukit Sikunir

Tak perlu naik gunung ataupun pergi ke pantai untuk melihat pemandangan sunrise yang indah. Di Bukit Sikunir, Anda bisa melihat pemandangan tersebut. Hal ini karena Bukit Sikunir berada di ketinggian 2.200 meter di atas permukaan laut. Nama Sikunir sendiri berasal dari warna sinar matahari yang kekuningan seperti kunir. Kunir atau kunyit merupakan salah satu bumbu dapur yang memiliki warna yang sama seperti sunrise.

Curug Winong

Curug Winong

Selanjutnya adalah Curug Winong. Curug atau air terjun yang berlokasi di Desa Wingosari, Kecamatan Kaliwiro, Kabupaten Wonosobo ini juga sering dikunjung oleh wisatawan. Curug ini memiliki ketinggan yang lumayan tinggi, sehingga sangat cocok untuk bermain air di sekitar air terjun tersebut.

Telaga Pengilon

Telaga Pengilon

Tempat wisata di Wonosobo berikutnya adalah Telaga Pengilon. Telaga Pengilon merupakan salah satu tempat wisata yang berdekatan dengan Telaga Warna di Dieng Plateau. Meskipun berdekatan, akan tetapi telaga yang satu ini memiliki karakteristik yang berbeda. yaitu telaga ini memiliki warna air yang jernih dan tidak memiliki warna seperti telaga warna. Bagi Anda yang merupakan penggemar fotografi, tak lengkap rasanya jika  mengunjungi telaga yang satu ini.

Batu Ratapan Angin

Batu Ratapan Angin

Berikutnya adalah Batu Ratapan Angin. Batu Ratapan Angin sendiri merupakan sebuah tebing yang dekat dengan Telaga Warna kawasan Dieng. Batu Ratapan Angin sendiri merupakan tempat favorit  bagi para wisatawan. Karena di sini Anda dapat melihat keindahan dari Telaga Warna. Di ketinggian tersebut, pastinya pemandangan yang ada di sana lebih indah. Batu Ratapan Angin juga sering disebut dengan Batu Pandang Dieng.

Dieng Plateau Theater

Dieng Plateau Theater

Dieng Plateau Theater adalah salah satu wujud keseriusan pengelola dalam mengembangkan obyek wisata Dieng. Di Dieng Plateau Theater ini Anda akan dapat melihat film dokumenter tentang Dieng Plateau dengan durasi 20 menit. Bangunan megah tersebut memiliki kapasitas 60 tempat duduk.

Pendakian Gunung Prau

Pendakian Gunung Prau

Nah bagi Anda yang hobi mendaki gunung, cobalah untuk mendaki salah satu gunung di Wonosobo ini. meskipun tidak sepopuler dengan Gunung disekitarnya seperti Gunung Sumbing dan lainnya akan tetapi Gunung Prau juga memiliki pemandangan menarik yang tak kalah indah dengan gunung lainnya. di ketinggian 2.565 meter di atas permukaan laut tentunya Anda bisa melihat keindahan padang rumput dan awan.

Telaga Merdada

Telaga Merdada

Keindahan kawasan Dieng ini memang sudah tidak menjadi rahasia umum lagi. Selain Bukit Sikunir, Telaga Warna dan lainnya Telaga Merdada juga memiliki pemandangan yang tak kalah indah. Jika dibandingkan dengan telaga lainnya Telaga Merdada merupakan telaga terluas yang ada di kawasan Dieng. Tempat wisata yang  terletak di Desa Karangtengah, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara ini bentuknya menyerupai kaldera bekas letusan Gunung Berapi, yang kemudian tergenang dengan air.

Nah itulah beberapa tempat wisata di Wonosobo paling sering dikunjungi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *