Tempat Wisata di Solo yang Sering Dikunjungi

Kota Solo atau Surakarta merupakan salah satu kota di Jawa Tengah yang berada di bagian selatan. Letaknya yang strategis membuat kota ini sangat sering dikunjungi oleh para wisatawan. Selain letaknya yang strategis, Solo juga memiliki tempat wisata yang sangat menarik. Nah bagi Anda yang berniat mengunjungi kota ini, berikut adalah tempat wisata di Solo yang sering dikunjungi oleh para wisatawan.

Daftar obyek wisata di Solo paling populer

Istana Mangkunegaraan

tempat wisata di solo

Istana Mangkunegaraan merupakan salah satu obyek wisata andalan di Kota Solo. Istana yang dibangun pada tahun 1757 pada masa kepemimpinan Raden Said ini terletak di tengah  pusat kota. Sehingga sangat mudah sekali untuk menemukannya. Di sini Anda bisa menikmati bangunan tersebut serta dapat berkeliling melihat koleksi barang peninggalan zaman dahulu, mulai dari perhiasan serta  senjata milik raja-raja terdahulu.

Keraton Kasunanan Surakarta Diningrat

Keraton Kasunanan Surakarta Diningrat

Belum sah rasanya jika sudah ke Solo tapi belum mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Hal ini dikarenakan Keraton Kasunanan Surakarta Diningrat adalah salah satu warisan budaya yang merupakan cikal bakal dari kota Surakarta atau Solo. Di keraton ini, Anda bisa melihat berbagai macam barang peninggalan kerajaan yang terdapat di dalam museum. Bagi yang tertarik mengunjungi tempat wisata ini, silahkan datang setiap Senin – Jumat pukul 09.00 hingga 14.00 sedangkan pada Sabtu dan Minggu yaitu 09.00 hingga 15.00.

Museum Manusia Purba Sangiran

Museum Manusia Purba Sangiran

Tempat wisata di Solo selanjutnya adalah Museum Manusia Purba Sangiran. Bagi Anda pecinta sejarah cobalah untuk mengunjungi tempat wisata ini. Museum Manusia Purba Sangiran merupakan museum manusia purba yang paling lengkap di Asia. Di sini, Anda bisa melihat fosil-fosil manusia purba yang sudah berumur lebih dari 2 juta hingga 200.000 tahun. Selain fosil manusia purba, Anda pun bisa melihat koleksi lainnya, seperti fosil hewan, tumbuhan, batu dan alat-alat yang digunakan manusia purba.

Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu

Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu

Grojogan Sewu Tawangmangu merupakan tempat wisata selanjutnya yang populer dan sering dikunjungi para wisatawan. Untuk menuju ke tempat ini Anda harus menempuh jarak sekitar 37 KM dari sebelah timur kota Solo. Harga tiket masuknya pun sangat terjangkau. Hanya dengan membayar Rp 18.000 per orang, Anda sudah bisa menikmati pemandangan alam yang ada di sana.

Taman Balekambang

Taman Balekambang

Tempat wisata yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani ini juga merupakan obyek wisata di Solo yang sering dikunjungi para wisatawan. Taman yang memiliki luas 10 hektar ini memiliki dua bagian yaitu Hutan Partinah yang memiliki koleksi tanaman langka serta Taman Air Patini yang biasa digunakan untuk bermain perahu.

Museum Danar Hadi

Museum Danar Hadi

Tempat wisata di Solo selanjutnya adalah Museum Danar Hadi. Di Museum Danar Hadi ini Anda akan melihat berbagai macam koleksi model batik. Tak hanya batik lokal, di Museum ini juga memamerkan koleksi batik dari berbagai negara. Bagi Anda pecinta batik, mengunjungi museum ini adalah pilihan yang tepat. Di tempat wisata ini para pengunjung tidak diperbolehkan menyentuh dan mengambil foto dengan menggunakan flash kamera. Jika tertarik, Anda bisa mengunjungi Jalan Brigjen Riyadi, Kota Surakarta.

Taman Sriwedari

Taman Sriwedari

Bagi Anda pecinta sejarah, cobalah untuk mengunjungi Taman Sriwedari. Ini karena tempat wisata ini sangat identik sekali dengan unsur sejarah. Pada zaman dahulu kala, Taman Sriwedari ini digunakan sebagai tempat rekreasi keluarga kerajaan. Namun Anda jangan khawatir, karena taman ini sudah boleh dimasuki oleh umum. Di Taman Sriwedari ini terdapar sebuah Gedung Wayang Orang Sriwedari yang digunakan untuk mempertunjukkan kesenian wayang dengan tema cerita Ramayana dan Mahabarata. Tak hanya itu saja, di sini juga terdapat restoran kecil dan stand penjualan souvenir.

Air Terjun Jumog

Air Terjun Jumog

Tak hanya Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu, di Solo juga terdapat wisata air terjun lainnya yaitu Air Terjun Jumog. Air terjun ini memiliki panorama alam yang cukup indah dan mempesona serta dapat bermain air di bawah air terjun tersebut. Untuk bisa sampai ke sini Anda harus menempuh jarak 40 km dari kota Solo. Tiket masuknya pun sangat terjangkau yaitu hanya Rp 5000 saja.

Tugu Lilin

Tugu Lilin

Ke Solo belum lengkap rasanya jika belum mengunjungi Tugu Lilin. Tugu Lilin sendiri adalah sebuah monumen peringatam 25 tahun berdirinya Boedi Oetomo. Selain itu, makna dari Tugu Lilin adalah pengabdian dan semangat perjuangan bangsa Indonesia yang berapi-api untuk memperjuangkan kemerdekaan. Bentuknya yang sangat unik membuat Tugu Lilin menjadi tempat menarik untuk hunting foto bagi muda-mudi. Jika tertarik, Anda bisa mengunjungi tempat wisata yang satu ini di Jalan Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Solo.

Nah itulah beberapa tempat wisata di Solo yang sering dikunjungi para wisatawan. Baca juga artikel lainnya tempat wisata di Klaten paling populer.