Taman Nasional di Indonesia Paling Populer

Taman Nasional merupakan kawasan alam dengan ekosistem asli yang dikelola dengan sistem zonasi yang dapat dimanfaatkan untuk beberapa kegiatan seperti ilmu pengetahuan, penelitian, budaya, rekreasi atau pariwisata. Hingga sekarang, terdapat 50 Taman Nasional di Indonesia yang memiliki keindahan alam luar biasa. Semua Taman Nasional ini dikelola oleh Kementerian Kehutanan Republik Indonesia. Dari sekian banyaknya Taman Nasional, berikut diantaranya yang paling populer di Indonesia.

Daftar Taman Nasional di Indonesia paling terkenal

Taman Nasional Bunaken

Taman Nasional Bunaken
Taman Nasional Bunaken

Tidak hanya di Indonesia, Taman Nasional Bunaken juga populer hinga ke mancanegara. Ini merupakan salah satu taman laut di Indonesia yang memiliki keindahan terumbu karang terlengkap di dunia. Taman Nasional ini berada di Manado, Sulawesi Utara. Setiap tahunnya pemerintah provinsi Sulawesi Utara selalu mengadakan event yakni Sail Bunaken dengan peserta dar berbagai negara. ini merupakan salah satu tempat wisata di Manado yang paling sering dikunjungi. Jika Anda berencana datang ke Taman Nasional Bunaken waktu yang paling tepat adalah bulan Mei hingga Agustus.

Taman Nasional Komodo

Taman Nasional Komodo
Taman Nasional Komodo

Selanjutnya adalah Taman Nasional Komodo. Taman Nasiona ini terdiri dari 3 pulau besar yakni pulau Komodo, Padar, dan Rinca serta 26 pulau kecil disekitarnya. Sejak 2013 lalu, pulau Komodo ditetapkan sebagai New 7 Wonders of Nature. Habitat asli hewan Komodo ini selalui ramai dikunjungi wisatawan lokal dan luar negeri.

Taman Nasional Wakatobi

Taman Nasional Wakatobi
Taman Nasional Wakatobi

Nama Wakatobi diambil dari empat pulau besar, yaitu pulau Wangi-wangi, Kaledupa, Togian, serta Binongko. Taman Nasional Wakatobi yang terletak di provinsi Sulawesi Tenggara ini memiliki potensi sumberdaya alam laut yang bernilai tinggi. Selain itu, banyak pecinta diving yang berkunjung ke salah satau Taman Nasional di Indonesia yang populer ini pada bulan April hingga Juni. Di waktu tersebut Anda akan lebih menikmati keindahan bawah laut Wakatobi.

Taman Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kulon
Taman Nasional Ujung Kulon

Ini merupakan pusat konservasi Badak Jawa yng hampir punah. Taman Nasional Ujung Kulon terdapat tiga ekosistem yakni perairan laut, ekosistem darat dan ekosistem rawa. Setiap ekosistem memiliki keindahan masingimasing. Anda dapat menikmati pantai pasir putih, air terjun, sumber air panas, taman laut, serta eninggalan budaya sejarah. Semuanya dapat Anda nikmati di Taman Nasional yang terletak di ujung Barat pulau Jawa ini.

Taman Nasional Raja Ampat

Berikutnya adalah Taman Nasional Raja Ampat. Taman Nasional ini berada di Papua Barat yang merupakan gugusan dari 610 pulau, dan 35 pulau diantaranya dihuni manusia. Raja Ampat banyak menawarkan keanekaragaman hayati yang sangat berlimpah. Terdapat 540 jenis karang dan 1.511 jenis ikan di perairan Raja Ampat, hampir 75% spesies ikan di dunia dapat berada di Raja Ampat. Ini yang menjadikan Raja Ampat sebagai spot diving terbaik di dunia.

Taman Nasional Gunung Rinjani

Taman Nasional Gunung Rinjani
Taman Nasional Gunung Rinjani

Taman Nasional Gunung Rinjani merupakan Taman Nasional di Indonesia bagian timur yang paling terkenal. Taman Nasional seluas 41.000 ha ini membentang di Kabupaten Lombok Timur, Lombok Tengah dan juga Lombok Barat. Seperti yang Anda ketahui Gunung Rinjani merupakan salah satu gunung tertinggi di Indonesia yang sering dikunjungi para wisatawan. Gunung Rinjani sendiri berada di dalam wilayah Taman Nasional ini. Selain dapat melihat keanekaragaman hayati, di sini Anda bisa melihat sebuah pemandangan alam yang sangat indah yaitu adanya Danau Segara Anak.

Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran
Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran terletak di perbatasan Kabupaten  Situbondo dan Banyuwangi. Taman Nasional yang satu ini terdiri dari tipe vegetasi sabana, hutan musim, hutan mangrove, hutan pantai, hutan pegunungan bawah, hutan rawa dan masih banyak lagi. Taman Nasional Baluran memiliki sekitar 444 jenis tumbuhan, diantaranya yaitu widoro bukol, mimba, pilang, asam jawa, kepuh, kendal, gebang dan masih banyak lagi. Selain itu di  Taman Nasional ini juga terdapat 26 jenis mamalia, diantaranya yaitu banteng, ajag, kijang, kucing bakau, rusa, kancil serta kerbau liar. Waktu terbaik untuk mengunjungi Taman Nasional ini adalah pada bulan Maret hingga Agustus.

Taman Nasional Gunung Leuser

Taman Nasional Gunung Leuser
Taman Nasional Gunung Leuser

Taman Nasional Gunung Leuser merupakan perwakilan dari tipe ekosistem hutan pantai serta hutan hujan tropika dataran rendah hingga pegunungan. Taman Nasional ini juga merupakan salah satu Taman Nasional yang ditetapkan oleh UNESCO sebagai Cagar Biosfir. Satwa langka yang dilindungi di Taman Nasional Leuser ini antara lain Gajah Sumatera, Harimau, Orang Utan, Kucing Hutan serta Badan Sumatera.

Taman Nasional Bali Barat

Taman Nasional Bali Barat
Taman Nasional Bali Barat

Sama seperti namanya, Taman Nasional ini terlerak di ujung barat Pulau Bali. Taman Nasional Bali Barat ini terdiri dari beberapa tipe vegetasi, antara lain hutan musim, hutan mangrove, pantai berpasir, savana, terumbu karang dan lainnya. Taman Nasional ini memiliki satwa burung yang endemik dan langka, yaitu jalak Bali. Selain itu, di sana juga terdapat beberapa spesies hewan lainnya, seperti kancil, luwak, kijang dan juga trenggiling.

Nah itulah beberapa Taman Nasional di Indonesia yang terkenal dan paling populer.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Sidebar



Hey there!

or

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…