Selain Makam Bung Karno, Inilah Tempat Wisata di Blitar Paling Populer

Jika berbicara tentang Blitar pastinya salah satu tempat wisata yang ada di sana adalah Makam Bung Karno. Hal ini dikarenakan salah satu  kota  di Jawa Timur ini menjadi tempat disemayamkannya presiden pertama Indonesia yaitu Ir. Soekarno. Selain digunakan sebagai wisata religi, tempat wisata Makam Bung Karno juga dilengkapi dengan berbagai macam toko souvenir dan wisata kuliner. Namun tak hanya itu saja yang terkenal di sana. Di Blitar juga memiliki tempat wisata yang menarik lainnya. Nah berikut adalah obyek wisata di Blitar paling populer dan terkenal.

Rekomendasi tempat wisata di Blitar paling terkenal dan menarik

Istana Gebang Blitar

Tempat Wisata di Blitar

Setelah puas berwisata di Makam Bung Karno tidak ada salahnya untuk melanjutkan perjalanan ke tempat wisata selanjutnya yaitu ke Istana Gebang Blitar. Untuk dapat ke sini Anda harus menempuh jarak sekitar 2 km dari wisata Makam Bung Karno tepatnya di Jalan Sultan Agung No 29. Istana Gebang sendiri adalah rumah atau tempat tinggal Ir Soekarno pada saat masih kecil. Di tempat wisata yang satu ini Anda akan bisa melihat berbagai macam perabotan rumah pada zaman dahulu. Waktu terbaik untuk mengunjungi Istana Gebang adalah pada tanggal 6 Juni, karena pada waktu itu Anda akan melihat pertunjukan rakyat di sana.

Agrowisata Karangsari

Agrowisata Karangsari

Yang kedua adalah Agrowisata Karangsari. Seperti yang Anda ketahui kota ini terkenal dengan buah belimbingnya. Bagi Anda yang menyukai buah yang memiliki bentuk seperti bintang ini cobalah untuk mengunjungi Agrowisata Karangsari. Tempat wisata yang terletak di Desa Karangsari, Kecamatan Sukorejo ini membudidayakan dua jenis belimbing yaitu jenis Bangkok dan Filipina. Di sini Anda bisa memetik sendiri buah tersebut. Selain itu Anda juga bisa membeli berbagai macam oleh-oleh di sana.

Pemandian Sumber Udel

Pemandian Sumber Udel

Tempat wisata di Blitar selanjutnya adalah Pemandian Sumber Udel. Tempat wisata ini juga sangat dekat dengan Makam Bung Karno yitu hanya 500 km dari tempat wisata tersebut. Wisata wahana air di Blitar ini juga sering digunakan untuk perlombaan renang. Selain berenang, di tempat wisata ini Anda juga bisa bermain di wahana air yang ada di sana.

Pantai Tambakrejo

Pantai Tambakrejo

Berikutnya adalah Pantai Tambakrejo. Salah satu pantai di Jawa Timur yang satu ini terletak di Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto. Untuk bisa ke sini Anda harus menempuh jarak sekitar 30 km dari pusat kota Blitar. Ombak di pantai ini juga tidak terlalu besar, sehingga Anda bisa berenang ataupun bersantai di pinggir pantai. Pasirnya yang putih dan air lautnya yang jernih dapat memanjakan mata Anda. Selain Pantai Tambakrejo, pantai di Blitar yang menarik lainnya adalah Pantai Gondo Mayit, Pantai Jolosutro dan lainnya.

Penangkaran Rusa Maliran

Penangkaran Rusa Maliran

Selanjutnya adalah penangkaran rusa Maliran. Tempat wisata yang terletak di Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar sangat cocok untuk bersantai dengan keluarga. Di tempat yang satu ini Anda akan dapat melihat ratusan ekor yang hidup bebas di sana. Untuk bisa masuk ke tempat wisata ini, para pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp 2.000 untuk orang dewasa dan Rp 1.000 untuk anak-anak. Setelah capek mengelilingi tempat wisata ini Anda bisa bersantai di gazebo yang ada di sana.

Pantai Gondo Mayit

Pantai Gondo Mayit

Tempat wisata di Blitar selanjutnya adalah Pantai Gondo Mayit. Pantai Gondo Mayit merupakan Pantai di Blitar paling populer dan sering dikunjungi para wisatawan. Letaknya pun tak jauh dari Pantai Tambakrejo. Jika dibandingkan dengan pantai lainnya, Pantai Gondo Mayit masih sangat sepi dan alami. Meskipun begitu, di pantai ini sudah ada beberapa fasilitas yang menunjang yaitu adanya warung makan yang ada di sekitar pantai.

Arung Jeram Soko

Arung Jeram Soko

Bagi Anda yang ingin menguji adrenalin, datanglah ke tempat wisata yang satu ini. Di Arung Jeram Soko ini Anda bisa menikmati sungai sepanjang 9 km dengan tingkat kesulitan grade dua dan tiga. Arung Jeram yang satu ini sangat cocok digunakan untuk seorang pemula. Di tantangan terakhir, Anda akan melewati terowongan kecil yang sangat mengasyikkan.

Gua Embultuk

Gua Embultuk

Di Blitar Anda juga dapat berwisata stalakmit dan stalaktit. Tempat wisata yang terletak di Desa Tumpak Kepuh, Kecamatan Bakung ini memiliki panjang sekitar 1.500 meter dengan lebar 3 meter. Untuk bisa sampai ke sini Anda harus menempuh jarak perjalanan sekitar 40 km. Jika Anda ingin berwisata ke Gua Embultuk ini di sarankan untuk membawa pakaian gantu dan jangan lupa untuk memakai alat bantu penerangan.

Pantai Jolosutro

Pantai Jolosutro

Selain Pantai Tambakrejo dan Pantai Gondo Mayit, di Blitar juga terdapat Pantai Jolosutro juga Pantai di Blitar paling populer. Untuk bisa sampai ke sini Anda harus menempuh jarak sekitar 45 km, tepatnya di Desa Ringinrejo, Kecamatan Water.

Demikianlah ulasan mengenai tempat wisata di Blitar paling terkenal dan populer.

Baca juga tempat wisata di Malang dan sekitarnya.