Rafting Sungai Elo, Wisata di Magelang Paling Populer

Selain Snorkeling dan diving, rafting merupakan salah satu olahraga air yang saat ini sangat diminati oleh banyak orang. Hal ini dikarenakan rafting juga dapat membuat badan dan pikiran lebih fresh. Ketika berkunjung ke Magelang pastinya belum lengkap jika tidak mengunjungi beberapa tempat wisata yang ada di sana. Selain Candi Borobudur, Ketep Pass, Candi Mendut dan Taman Kyai Langgeng salah satu tempat wisata di Magelang yang paling populer adalah wisata rafting.

Di Magelang sendiri ada dua sungai yang sering digunakan untuk arung jeram atau rafting, yaitu Sungai Progo dan Sungai Elo. Sungai Elo seringkali digunakan bagi pengunjung yang masih pemula atau hanya sekedar berekreasi. Hal ini dikarenakan Sungai Elo memiliki arus yang tidak terlalu deras dan tidak membahayakan bagi pesertanya. Sedangkan Sungai Progo sering dipakai untuk peserta yang ingin rute lebih menantang. Nah kali ini akan menjelaskan tentang rafting Sungai Elo.

rafting sungai elo

Serunya rafting Sungai Elo di Magelang

Bagi seseorang yang sering berarung jeram tentunya olahraga yang satu ini sangatlah mudah untuk dilakukan hanya saja butuh keberanian yang tinggi dan stamina yang kuat untuk dapat melakukannya. Sungai Elo ini sangat cocok bagi Anda yang pemula meskipun tidak bisa berenang. Pemberangkatan berawal dari garis strat yang ada di Desa Blondo hingga garis finish yaitu di Desa Mendut. Waktu terbaik  untuk rafting di Sungai Elo adalah pada awal dan akhir musim hujan. Karena pada saat itu volume air sudah baik akan tetapi belum banjir.

Untuk menyusuri Sungai Elo dibutuhkan waktu 2 hingga 2,5 jam jika musim kemarau. Pada musim kemarau, para peserta juga banyak mendayung karena hampir tidak ada arus. Sedangkan pada saat penghujan waktunya lebih pendek, karena arusnya yang lebih deras.

Saat rafting di Sungai Elo dan ketika menyusurinya Anda pun bisa menikmati keindahan pemandangan yang berada pada tepian sungai. Jika Anda beruntung, Anda bisa melihat beberapa binatang kecil seperti biawak, kura-kura dan lainnya.

Lokasi wisata

Jika dilihat dari  tempat start dan finish arung jeram di Sungai Elo, tempat wisata yang satu ini berada di Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Setelah melakukan rafting, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Candi Mendut ataupun Candi Borobudur karena letaknya yang cukup dengan garis pembehentian perahu.

Harga Tiket dan Fasilitas rafting di Sungai Elo

Untuk bisa berwisata di Sungai Elo oni Anda harus menyewa peralatan rafting dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu Rp 100 ribu hingga 150 ribu. Untuk fasilitas rafting Sungai Elo ini Anda akan mendapatkan perahu karer, pelampung, helm dan throwing bag, snack, makan siang, dokumentasi dan penjemputan di jembatan Blondo ke titik pemberangkatan.

Inilah Tips Rafting untuk Pemula

Meskipun merupakan salah satu olahraga yang mengasyikkan, akan tetapi banyak sekali orang yang enggan melakukan rafting karena belum bisa berenang. Padahal bisa tidaknya berenang pun tak masalah jika ia ingin bermain arung jeram atau rafting. Namun Anda jangan khawatir, berikut adalah beberapa tips rafting untuk pemula yang bisa diterapkan.

Perhatikan kondisi tubuh

Hal utama yang perlu diperhatikan adalah kondisi tubuh. Ketika ingin melakukan aeung jeram, pastikan Anda memiliki kondisi badan yang sehat dan fit. Jika tidak bisa berenang, jangan khawatir namun sebaiknya Anda membicarakannya kepada pemandu.

Perhatikan pakaian

Ketika berarung jeram, menggunakan celana pendek dan kais katun sangat disarankan. Karena pakaian tersebut akan membuat Anda lebih nyaman. Untuk alas kaki sebaiknya gunakanlah sandal gunung daripada menggunakan sandal jepit.

Cek perlengkapan

Sebelum melakukan arung jeram pastikan Anda mengecek segala perlengkapan yang digunakan, mulai dari helm pelindung dan jaket pelampung. Pilihlah helm dan pelampung yang sesuai ukuran, jangan kekecilan dan kebesaran.

Lakukan pemanasan

Pemanasan seringkali dilakukan di beberapa operator arung jeram. Hal ini sangat berguna agar tangan tidak kram ketika mengayuh dayung.

Perhatikan posisi duduk

Tips rafting untuk pemula berikutnya adalah dengan cara memperhatikan posisi duduk. Agar tubuh tetap seimbang duduklah di tepi perahu karet, jangan di tengah ataupun di dasar perahu karet. Dan biasanya tempat duduk disesuaikan dengan berat badan para peserta.

Dayung

Walaupun hanya tampak sebilah papah, namun Anda harus memperhatikan dengan benar bagaimana cara membawa dan menggunakan dayung dengan benar. Jika Anda duduk sebelah kanan, genggam ujung dayung berbentuk T dengan telapak tangan kanan. Jika menggunakan tangan kiri, genggamlah tengah-tengah tongkat dayung.

Cara mengayuh

Para instruktur pastinya juga akan mengajarkan terlebih dahulu berbagai macam aba-aba. Diantaranya adalah maju, mundur, kanan, kiri dan stop dan boom. Oleh karena itu sebaiknya Anda mendengarkan segala aba-aba yang di ucapkan oleh instruktur.

Nah itulah sekilas penjelasan mengenai rafting sungai Elo lengkap dengan tips rafting untuk pemula.

Baca juga tempat wisata di Semarang paling terkenal.