Pulau Kadidiri Togean, Tempat Wisata di Sulawesi Tengah yang Kaya Biota Laut

Tempat wisata di Sulawesi Tengah memang tidak sepopuler tempat wisata yang ada di Makassar yang terletak di Sulawesi Selatan. Namun tahukah Anda jika ada beberapa tempat wisata menarik di provinsi yang beribukota Palu ini? Umumnya tempat wisata yang ada di sana lebih dikenal oleh wisatawan mancanegara dibandingkan dengan wisatawan dalam negeri.

Pulau Kadidiri merupakan salah satu pulau yang berada di Taman Nasional Laut Kepulauan Togean yang  terletak di Teluk Tomini, Kabupaten Tojo Una-una, Sulawesi Tengah. Untuk bisa sampai ke tempat wisata ini, Anda membutuhkan tenaga dan waktu yang ekstra karena letak dari pulau ini sangatlah jauh dari kota besar.

Setidaknya membutuhkan waktu tempuh sekitar 3 hingga 6 jam perjalanan dengan kapal laut dari Kota Ampana untuk bisa sampai ke sini. Tempat wisata ini dikenal kaya akan biota laut dan terumbu karang yang langka dan dilindungi. Maka jangan heran jika banyak wisatan asing yang ingin menikmati keindahan biota laut yang ada di sana.Pulau Kadidiri Togean, Tempat Wisata di Sulawesi Tengah yang Kaya Biota Laut

Akses Menuju ke Pulau Kadidiri Kepulauan Togean

Sudah dijelaskan tadi bahwa Anda membutuhkan waktu setidaknya 3 hingga 6 jam, jika Anda menempuh perjalanan dengan perahu dengan rute dari dermaga di Ampana menuju ke Pulau Wakai – Bomba – Kadiri. Untuk biaya sewa perahu pun sangat terjangkau yaitu sekitar Rp 30 ribu hingga 50 ribu untuk setiap orangnya.

Baca juga Gili Labak Madura, pesona wisata bahari di pulau garam

Atau dari dermaga di Ampana Anda juga bisa mengendarai kapal feri dengan tujuan Gorontalo yang kemudian transit di Pulau Wakai. Jika dibandingkan dengan yang di atas, kali ini Anda membutuhkan waktu tempuh sekitar delapan jam. Setelah sampai di Pulau Wakai, Anda bisa menyewa speedboat untuk mencapai Pulau Kadiri. Namun sayangnya kapal feri tersebut hanya beroperasi pada hari Rabu saja.

Sedangkan bagi Anda yang menggunakan jalur udara hingga Makassar, perjalanan menuju Kota Ampana dapat ditempuh sekitar 14 jam melalui darat lalu melanjutkan perjalanan ke Pulau Kadidiri dengan speedboat sekitar 30 menit.

Fasilitas di Pulau Kadidiri, Tempat Wisata di Sulawesi Tengah Paling Menarik

Mengingat perjalanan yang ditempuh sangatlah panjang untuk sampai ke Pulau ini, pastinya Anda membutuhkan penginapan atau cottage untuk beristirahat. Meskipun Pulau Kadidiri belum terlalu populer, namun fasilitas yang ditawarkan pun sudah cukup memadai. Salah satunya yaitu adanya penginapan yang tersedia di sini.

Untuk harganya Anda tak perlu khawatir, karena di sini ada banyak cottage yang memiliki tarif murah hingga mewah sesuai dengan fasilitas yang ditawarkan. Bagi Anda yang ingin menginap di cottage yang memiliki harga terjangkau, mungkin Black Marlin Cottage dapat Anda jadikan sebagai referensi. Penginapan yang terbuat dari kayu ini memiliki harga sewa Rp 200 an dengan fasilitas makan tiga kali sehari.

Namun jika Anda ingin merasakan menginap di tempat yang lebih mewah, Kadidiri Paradise Resort dapat dapat Anda jadikan sebagai pilihan. Resort ini memiliki dek yang dapat dijadikan tempat untuk menikmati keindahan dari Pulau Kadidiri.Tempat Wisata di Sulawesi Tengah yang Kaya Biota Laut, Pulau Kadidiri

Kegiatan yang Dapat Dilakukan di Pulau Kadidiri

Seperti yang Anda ketahui Pulau Kadidiri ini kaya akan biota laut dan terumbu karang, sehingga pulau ini sangat cocok dikunjungi untuk Anda yang suka dengan aktivitas air. Selain Taman Laut Bunaken, Pulau Kadidiri merupakan salah satu lokasi wisata yang tepat untuk menikmati keindahan laut di Sulawesi.

Beberapa aktivitas atau kegiatan yang dapat Anda lakukan di salah satu tempat wisata di Sulawesi Tengah ini adalah berjemur di tepi pantai, berlayar, snorkeling, memancing, diving dan juga trekking hutan tropis yang ada di sana. Namun bagi Anda yang malas snorkeling dan diving, Anda pun masih bisa menikmati keindahan alam bawah laut dengan mata telanjang. Hal ini karena air laut di Pulau Kadidiri ini sangatlah bening dan jernih.

Jika ingin merasakan sensasi snorkeling dan diving, jangan lupa untuk mengunjungi puing pesawat B 24. Yaitu salah salah satu spot diving yang menarik dan populer. Pesawat B 24 sendiri merupakan pesawat bekas Perang Dunia II. Untuk bisa menikmati spot terbaik tersebut Anda harus menyewa speed boat dan berkendaralh sejauh 16 km ke arah timur laut Pulau Kadidiri.

Tak hanya snorkeling dan diving saja, Anda juga bisa memancing di sini. Lokasi pemancingan paling populer yang dapat Anda kunjungi antara lain di daerah Kundurang. Sembari memancing Anda juga bisa menikmati batu-bati karang di dalam laut. Wisata ini juga terkenal dengan keindahan gradasi warna air laut yang indah. Jika bosan dengan kegiatan yang itu-itu saja, Anda bisa mencoba trekking menjelajahi hutan yang ada di sana.

Baca juga Pantai Nglambor Jogja, tempat snorkeling di Jogja paling indah

Sekilas mengenai keindahan Pulau Kadidiri Togean, salah satu tempat wisata di Sulawesi Tengah paling recomended.