Pesona Wisata Taman Laut Bunaken di Manado, Sulawesi Utara

Siapa yang tidak kenal Taman Laut Bunaken? Hampir setiap orang pastinya sudah mengenal salah satu tempat wisata di Manado yang sudah terkenal di dunia ini. Seperti yang kita ketahui wisata Bunaken sangat terkenal dengan kekyaan alam dan keindahan alam bawah lautnya. Tempat wisata yang terletak di Jalan Raya Molas, Batusaiki, Kec. Bunaken, Sulawesi Utara ini berjarak sekitar 7 mil dari pelabuhan Manado. Dan untuk sampai ke tempat wisata ini Anda harus menempuh sekitar 50 menit menggunakan perahu motor atau 35 menit dengan menggunakan speed boat.

taman laut bunaken

Keindahan alam Taman Nasional Bunaken di Manado

Bagi Anda yang memiliki hobi diving dan snorkeling jangan sampai melewatkan tempat wisata Bunaken ini. Taman Laut Bunaken sendiri merupakan Taman Nasional di Indonesia yang memiliki berbagai macam kehidupan bawah laut. Hal ini dikarenakan taman laut nasional ini berada di segitiga emas terumbu karang dunia yang tersebar dari Indonesia, Filiphina, Malaysia, Timor Leste, Papua Nugini dan juga Kepulauan Solomon.

Ketika melakukan diving dan snorkeling di sini Anda akan dapat melihat beragam terumbu karang dan ribuan spesies ikan yang hidup di sana. Selain dikunjungi para wisatawan dalam negeri, wisata Taman Nasional Bunaken juga diminati oleh oleh wisatawan luar negeri.

Bagi Anda yang ingin mengunjungi tempt wisata ini waktu terbaik untuk mengunjungi wisata ini adalah pada bulan Mei hingga Agustus. Karena pada saat itu air laut sangatlah jernih dan temperatur udara hanya 26 sampai 31 derajat celcius. Sehingga sangat cocok digunakan untuk menyelam ataupun snorkeling.

Ketika menyelam di Taman Laut Bunaken Anda bisa melihat beraneka ragam biota laut, mulai dari ikan hiu, ikan kakap, kerapu, tuna, napoleon, angel fish, barakuda, kuda laut, ikan pari dan masih banyak lagi biota laut lainnya.

Spot penyelaman di Taman Nasional Bunaken

Di Bunaken sendiri terdapat 40 lokasi penyelaman yang memiliki aneka ragam terumbu karang dan ikan laut yang sangat indah dengan berbagai kedalaman yang bervariasi. Selain keindahan biota laut, taman nasional yang diresmikan pada tahun 1991 juga memiliki daya tarik lainnya yaitu adanya underwater great walls atau dinding karang raksasa, yang berdiri melengkung ke atas. Dinding tersebut merupakan sumber makanan bagi ikan-ikan dan penghuni laut lainnya.

Bagi Anda pecinta fotografi, tidak ada salahnya mengunjungi tempat wisata ini. Karena bisa dipastikan Anda tidak akan kecewa jika mengunjungi Taman Laut Bunaken. Karena di sini Anda bisa mendapatkan foto yang berbeda dengan keindahan alam lainnya yang ada di Indonesia ataupun di luar negeri.

Spot pertama: Pantai Barat Bunaken

Untuk bisa sampai ke sini Anda harus menemuh perjalanan selama 10 menit dengan menggunakan perahu. Sesampainya di spot ini Anda akan diturunkan di sisi perbatasan antara area dangkal dan tebing bawah laut yang cukup dalam. Bagi seseorang yang tak terbiasa snorkeling mungkin saja akan panik ataupun takut. Meskipun begitu, Anda tetap harus bersama dengan teman-teman Anda.

Di spot Pantai Barat Bunaken ini Anda akan bisa melihat ikan kecil warna-warni. Agar ikan-ikan mau mendekat, jangan lupa untuk membawa makanan, baik roti ataupun beberapa nastar. Tak hanya ikan warna-warni saja, di sini Anda juga akan dapat melihat terumbu karang yang sangat indah. Spot yang satu ini sangat cocok digunakan sebagai wall diving ataupun bagi seseorang yang baru belajar snorkeling.

Spot kedua: Pantai Timur Bunaken

Jika dibandingkan dengan spot  yang pertama, spot Pantai Timur Bunaken ini lebih sunyi dan tenang. Tak hanya itu saja, kondisi alam bawah laut dan pemandangannya pun lebih memepesona spot diving di pantai Timur Bunaken ini. Terumbu karang yang ada di sini lebih indah serta ikannya pun lebih banyak. Meskipun begitu, tak ada salahnya untuk mencoba kedua spot tersebut ketika berwisata ke Taman Laut Bunaken.

Fasilitas dan akomodasi

Bagi Anda yang berasal dari luar kota, jangan khawatir karena di kawasan Taman Laut Bunaken sudah menyediakan hotel ataupun penginapan lainnya.

Tips Berwisata ke Bunaken

1.Membawa alat snorkeling dan kamera  sendiri

Tips yang pertama adalah sebaiknya Anda membawa alat snorkeling dan kamera underwater sendiri. Karena jika sewa, harganya lumayan mahal.

2. Hati-hati dengan calo

Tak hanya itu saja, Anda juga harus berhati-hati dengan calo. Beberapa sumber mengatakan bahwa tidak semua orang yang menawarkan boat ke Bunaken di pelabuhan Calaca memiliki boat sendiri. Oleh karena itu sebaiknya Anda berhati-hati karena jika tidak Anda akan tertipu dan mendapatkan harga sewa yang mahal.

3. Pilih boat dengan pelayanan yang baik

Untuk mengetahui hal ini, Anda bisa tanya teman, kenalan ataupun googling di internet. Hal ini bertujuan agar perjalanan yang Anda lakukan tidak mengecewakan dan membosankan.

Baca juga Tulamben, spot diving di Bali paling keren dan menarik