Pesona Wisata Gunung Rinjani Lombok

Gunung Rinjani adalah salah satu gunung di Indonesia yang terletak di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung ini tentu saja sudah tidak asing lagi bagi warga Indonesia. Gunung yang memiliki ketinggian 3.726 meter di atas permukaan ini merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia. Maka jangan heran jika banyak orang pecinta alam yang ingin menikmati pesona wisata Gunung Rinjani Lombok ini.

Jika dibandingkan dengan gunung lainnya, salah satu tempat wisata di Lombok ini memiliki keindahan alam dan pemandangan terindah di Asia. karena panorama alam yang sangat indah inilah membuat Gunung Rinjani sebagai gunung primadona dan favorit bagi para pendaki.

Gunung Rinjani Lombok

Waktu terbaik untuk mengunjungi Gunung Rinjani adalah pada bulan Juli dan bulan Agustus, karena pada waktu ini adalah musim kemarau dan Gunung Rinjani banyak dikunjungi para wisatawan. Akan tetapi pada bulan Agustus sering kali banyak angin kencang di puncak gunung ini. Oleh karena itu para pendaki harus memiliki sistem kekebalan dan tubuh yang kuat.

Selain memiliki pemandangan yang sangat indah, Gunung Rinjani juga mempunyai keunikan tersendiri  yaitu adanya flora dan fauna yang beraneka ragam. Jika Anda sudah melakukan pendakian di gunung ini pastinya Anda sudah mengetahui perbedaan Gunung Rinjani dengan gunung lainnya. Di Gunung Rinjani, setiap 1.000 meter pendakian Anda akan dapat melihat berbagai jenis flora yang berbeda. Di ketinggian 2.000 meter Anda akan menemukan banyaknya cemara gunung. Sedangkan pada ketinggian 3.000 meter Anda akan melihat keindahan dari bunga edelweiss.

Untuk faunanya sendiri, di Gunung Rinjani terdapat binatang-binatang liar yang hidup di sana. Diantaranya adalah ada 100 jenis burung yang berbeda, monyet ekor panjang, monyet perak, landak, rusa dan masih banyak lagi. Dan terkadang monyet yang ada di Gunung Rinjani sering berbuat nakal. Monyet tersebut sering masuk ke dalam tenda para pendaki dan mengambil makanan ataupun barang lainnya di dalam tenda.

Pesona Unggulan Gunung Rinjani Lombok lainnya

Dibalik pesona keindahan Gunung Rinjani, juga terdapat resiko yang tinggi dalam pendakiannya. Oleh karena itu Anda harus berhati-hati ketika melakukan pedakian ke gunung ini. Biasanya cuaca buruklah yang membuat para pendaki tersesat dan kehilangan arah. Dan tak hanya itu saja bahkan para pendaki yang tersesat atau kehilangan arah pada akhirnya ditemukan tidak bernyawa.

Karena resikonya yang lumayan tinggi, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan disarankan untuk mendaki bersama dengan pemandu. Anda bisa memilih berbagai macam paket, mulai dari paket untuk pemula dan lainnya. Dengan mengikuti program tersebut maka salah satu kendala tersebut dapat diminimalisir dan biasanya paket tour tersebut juga menyediakan jasa pembawa barang-barang serta meminjamkan alat-alat yang dibutuhkan, seperti alat masak, tenda dan lainnya. Hal ini tentu saja dapat membuat Anda lebih ringan karena Anda hanya perlu datang dengan barang-barang pribadi.

Gunung Rinjani Lombok

Di Gunung Rinjani Lombok Anda juga akan dapat melihat pesona keindahan alam lainnya, yaitu Danau Segara Anak. Untuk dapat bisa ke sini membutuhkan waktu dan perjalanan yang cukup panjang yaitu 7 hingga 10 jam berjalan kaki dari pintu gerbang jalur pendakian Senaru. Sedangkan dari jalur pendakian Sembalun Anda harus berjalan kaki sekitar 8 hingga 10 jam. Danau Segara Anak sendiri terletak di ketinggian kurang lebih 2010 meter di atas permukaan laut. Meskipun melelahkan, pemandangan di Danau Segara Anak tidak akan mengecewakan. Danau Segara Anak sendiri merupakan tempat hunting foto menarik di Gunung Rinjani yang sayang untuk dilewatkan.

Untuk bisa mencapai puncak Gunung Rinjani, membutuhkan waktu sekitar 2 malam untuk pendaki profesional dan 3 malam untuk pendaki pemula. Sehingga Anda harus membawa bekal yang cukup dan peralatan memadai untuk melawan segala tantangan ketika mendaki Rinjani.

Meskipun Anda sudah  mengambil paket tour yang sebenarnya peralatannya sudah lengkap namun Anda tetap harus membawa barang-barang yang kemungkinan tidak disediakan oleh tour. Suhu udaranya yang sangat dingin Anda diharuskan untuk membawa jaket tebal dan perlengkapan mendaki lainnya, seperti jas hujan, peralatan mandi, obat pribadi, sepatu dan sandal yang kuat, kamera, pakaian cadangan, pakaian hangat, senter, tisu, sarung tangan, kaos kaki tebal, makanan dan minuman, obat nyeri otot, tabir surya, perlatan ibadah, kacamata hitam, sandal yang kuat dan lainnya.Bagi Anda yang memiliki penyakit berbahaya, seperti gangguan pernafasan, darah tinggi, jantung ataupun penyakit berbahaya lainnya sangat tidak dianjurkan untuk mendaki Gunung Rinjani ini karena dapat membuat penyakit Anda lebih parah.

Untuk menikmati keindahan pemandangan di Gunung Rinjani Lombok ini sebenarnya tidak diperlukan alat-alat yang bermacam-macam. Yang dibutuhkan untuk mendaki gunung ini adalah semangat, stamina yang kuat dan pastinya kesabaran.

Baca juga artikel terkait lainnya pantai di Lombok  paling indah dan terkenal.