Pesona Keindahan  Wisata Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Banyuwangi bukanlah merupakan salah satu kota terpopuler di Jawa Timur. Meskipun begitu, pesona keindahan wisatanya sudah bisa menyaingi dengan kota besar yang ada di sana. Hingga saat ini Banyuwangi  sudah banyak dikenal oleh para wisatawan baik dalam ataupun luar negeri karena keindahan Pantainya. Seperti yang kita ketahui, Banyuwangi memiliki beberapa wisata pantai yang menarik dikunjungi.

Selain Pantai Plengkung, Pantai Pulau Merah juga merupakan salah satu tempat wisata di Banyuwangi paling terkenal dan populer. Pantai Pulau Merah Banyuwangi terletak di Kota Banyuwangi tepatnya di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran. Untuk lebih mengenal tempat wisata Pantai Pulau Merah, simak artikel berikut ini.

Pulau Merah Banyuwangi

Pesona wisata Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Jika dibandingkan dengan pantai di Jawa Timur lainnya, Pantai Pulau Merah memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri. Salah satu keunikan dan ciri khas dari pantai ini adalah adanya sebuah bukit yang menjulang tinggi di ujung pantai. Selain itu, di bawah bukit merah tersebut terdapat bebatuan karang. Di mana saat matahari tenggelam akan tampak cahaya jingga kemerahan yang muncul di balik bulit tersebut. Hal itulah yang membuat para wisatawan sering mengunjungi pantai ini. Ketika berwisata ke Pantai Pulau Merah salah satu kegiatan yang paling diminati dan disukai para wisatawan adalah berjemur di pinggir pantai.

Kegiatan yang dapat dilakukan di Pantai Pulau Merah di Banyuwangi

Banyak wisatawan yang mengatakan bahwa Pantai Pulau Merah sangat mirip dengan pantai yang ada di Brazil. Akan tetapi yang membedakan adalah pantai ini memiliki ombak yang besar yang cocok digunakan untuk berselancar.Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Selain memiliki pemandangan matahari terbenam yang sangat indah, Pantai Pulau Merah juga merupakan salah satu pantai di Jawa Timur yang menjadi tujuan selancar bagi turis dalam ataupun luar negeri. Berbeda dengan Pantai Plengkung yang banyak terdapat batu karang di dasar pantainya, di Pantai Pulau Merah  tidak banyak memiliki batu karang, sehingga saat aman digunakan untuk berselancar bagi pemula.

Bagi Anda yang belum pernah berselancar dan ingin belajar, tenang jangan khawatir karena pantai ini juga memiliki fasilitas persewaan alat selancar lengkap dengan instrukturnya. Untuk menyewa papan selancar pun sangat terjangkau, yaitu Anda hanya perlu membayar Rp 25.000 hingga Rp 50.000. Dan Anda bisa menggunakannya seharian penuh.

Ombaknya yang cukup besar sangat cocok digunakan bagi para peselancar dari berbagai tingkat, baik pemula ataupun profesional. Selain tidak banyak batu karang, dasar laut pantai ini juga berupa pasir halus dengan ketinggian ombak yang tidak terlalu tinggi. Dan pastinya pantai ini cukup aman digunakan untuk para peselancar yang masih dalam tahap belajar. Selain berselancar, di Pantai Pulau Merah Banyuwangi ini Anda juga bisa melakukan kegiatan lainnya, mulai dari berenang, memancing hingga bermain voli pantai di sana.

Di sana Anda juga bisa berjemur dengan kursi kayu dan payung sebagai peneduh seperti di Pantai Kuta, Bali. Setelah puas bermain, Anda bisa memiliki makanan ataupun cemilan di warung-warung sekitar yang ada di sana.  Dan pastikan selalu menjaga kebersihan pantai ini dengan cara selalu membuang sampah pada tempatnya.

Dan bagi Anda yang menyukai backpacking tak ada salahnya untuk menyewa dan menginap di rumah penduduk setempat. Hal ini dikarenakan lokasi pantai ini sangat dekat dengan desa nelayan. Pastinya Anda akan mendapatkan pengalaman yang seru dan tak terlupakan. Dan sesekali cobalah untuk mengunjungi Pantai Pulau Merah pada saat upacara keagamaan umat Hindu. Karena pada saat itu akan ada perayaan yang menarik.

Akses menuju ke Pantai Pulau Merah

Jika tertarik mengunjungi pantai ini, Anda harus menuju ke Kota Banyuwangi terlebih dahulu. Dari Kota Banyuwangi menuju ke Pantai Pulau Merah membutuhkan waktu sekitar 3 jam atau Anda harus menempuh kira-kira 60 km.

Jika berada di Jember Anda pun bisa mengaksesnya dari Kota Jember dengan jarak 100 km. Sesampainya di Kecamatan Genteng Banyuwangi beloklah ke arah selatan menuju ke arah kecamatan Gambiran. Dari Gambiran lanjutkan ke arah pantai selatan menuju Kecamatan Pesanggaran dengan mengikuti petunjuk arah yang ada di sana.

Jika berangkat dari Jakarta melalui jalur udara, Anda bisa menyewa mobil untuk menuju ke Pulau Merah. Sebaiknya Anda menggunakan kendaraan pribadi untuk mengunjungi wisata pantai ini. Karena Pantai Pulau Merah tidak dilalui oleh transportasi umum. Untuk aksesnya pun juga sangat mudah karena jalan yang menuju ke pantai ini sudah diaspal.

Setelah puas berwisata ke Pantai Pulau Merah Banyuwangi Anda bisa melanjutkan perjalanan ke tempat wisata di Banyuwangi lainnya,  seperti wisata Kawah Ijen, Pantai Wedi Ireng, Pantai Mustika, Pantai Pancer dan lainnya. Jika Anda berasal dari luar kota Anda bisa memesan hotel ataupun penginapan dekat pantai yang Anda kunjungi.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Sidebar



Hey there!

or

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…