Menikmati Pesona Keindahan Wisata Green Bay Banyuwangi

Banyuwangi merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang memiliki destinasi tempat wisata menarik. Beberapa tempat wisata di Banyuwangi yang harus dikunjungi ketika berkunjung ke kota ini adalah Pantai Pulau Merah, Pantai Plengkung, Pantai Sukamade dan lainnya. Tahukah Anda bahwa Pantai Plengkung merupakan salah satu Pantai di Jawa Timur yang sangat populer hingga mancanegara. Ombaknya yang tinggi membuat pantai ini seringkali digunakan para wisatawan untuk bermain selancar.

Namun tak hanya itu saja yang menjadi daya tarik Banyuwangi. Di sana juga terdapat tempat wisata dengan keindahan alam yang sangat mempesona, yaitu Green Bay Banyuwangi. Green Bay atau yang biasa disebut dengan Teluk Hijau merupakan sebuah keindahan pantai di Banyuwangi yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Teluk Hijau Banyuwangi

Menikmati keindahan alam di Green Bay

Jika dibandingkan dengan tempat wisata di Banyuwangi lainnya, Green Bay ini memiliki daya tarik tersendiri.  Tempat wisata yang terletak di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi ini memilki pesona dan keindahan luar biasa yang mampu menghipnotis para mata wisatawan yang berwisata ke sana.

Biasanya jika dilihat dari kejauhan pantai memiliki warna biru cerah, akan tetapi Green Bay ini berbeda, dari kejauhan Anda akan melihat pantai dengan warna hijau yang sangat cantik. Warna hijau yang ada di Pantai Teluk Hijau ini karena adanya tanaman alga yang tumbuh dan dapat memantulkan sinar kehijauan di permukaan laut.

Namun tak hanya itu saja pesona wisata di Teluk Hijau atau Green Bay ini, di sini Anda akan disambut dengan hamparan pasir putih yang lembut dan air terjun yang memiliki ketinggian 8 meter serta pemandangan batu karang yang sangat indah. Ombaknya yang tenang dan tidak terlalu besar sangat cocok digunakan untuk sekedar bermain air ataupun berenang. Berenang di Green Bay Banyuwangi ini pastinya dapat menjadi pengalaman yang sangat indah dan mengesankan.

Keberadaan air terjun setinggi 8 meter yang ada di sana, membuat pemandangan Teluk Hijau lebih mempesona. Dibalik keindahannya, ternyata tempat ini pun menyimpan misteri. Konon katanya air terjun yang ada di sana  merupakan tempat mandi para bidadari.

Menurut cerita penduduk Rajegwesi,  setiap musim penghujan akan terlihat pelangi indah indah yang menggantung di atas perairan teluk Rajegwesi. Fenomena inipun akan berlangsung hingga beberapa hari. Para wisatawan dan sejumlah warga penduduk yang penasaran biasanya ia akan mencoba mencari hulu dari pelangi yang membentang dari arah barat ke timur tersebut.

Banyak warga yang mengatakan bahwa jika hulu pelangi yang sering terjadi di perairan teluk Rajagwesi dan sekitarnya bermula dari air terjun yang ada di Teluk Hijau. Namun sayangnya, tak ada wisatawan dan warga satupun yang bisa mengabadikan fenomena hulu pelangi tersebut. Bagi seseorang yang memiliki kemampuan spiritual, di air terjun tersebut seringkali terlihat sosok perempuan cantik yang mandi ketika pelangi muncul.

Teluk Hijau Banyuwangi

Harga tiket masuk ke Green Bay di Banyuwangi

Untuk harganya sendiri pun sangat terjangkau yaitu Rp 5.000 untuk tiket masuk dan Rp 2.500 untuk berkemah ataupun menginap di sana.  Dengan harga tersebut Anda sudah dapat menikmati keindahan alam yang ada di sana.

Akses menuju ke Green Bay di Banyuwangi

Untuk bisa sampai ke sini Anda harus menempuh perjalanan sekitar 90 km dari Kota Banyuwangi. Sedangkan dari Jember Anda membutuhkan waktu sekitar 4 jam yaitu sekitar 105 km.  Untuk menuju ke Teluk Hijau Anda tinggal mengikuti petunjuk arah menuju ke Pantai Sukamade di Taman Nasional Merubetiri yang searah dengan rute menuju ke Teluk Hijau.

Jika Anda menuju ke Teluk Hijau dengan menggunakan kendaraan umum, dari Banyuwangi Anda bisa menggunakan bus kecil dengan rute Banyuwangi – Pesanggaran yang terdapat di terminal Brawijaya. Jika naik bus tersebut Anda bisa turun di terminal Jajag atau bisa langsung di Pesanggaran. Kemudian naiklah angkutan yang dapat membawa Anda ke Teluk Hijau.

Sedangkan jika Anda dari kota Jember, naiklah bus jurusan Banyuwangi dan turun di Jajag. Dari Jajag naiklah angkutan untuk menuju Teluk Hijau lalu lanjutkan perjalanan ke Pesanggaran, yaitu sekitar 20 km. Dari Pesanggaran lanjutkanlah perjalanan ke Sarongan untuk menuju ke Rajegwesi dengan menggunakan ojek. Dari Pesanggaran menuju ke tempat wisata tersebut Anda akan melewati Patung Penyu. Setelah sampai ke simpang empat Pasar Pesanggaran, beloklah ke kanan hingga menuju ke Desa Sumbermulyo

Dari Desa Sumbermulyo, desa selanjutnya yang harus Anda lewati adalah Desa Sumberagung lurus hingga mencapai Gunung Gampung dan selanjutnya Anda akan melewati hutan pohon jati milik PT Perhutani Kesatuan Pemangku Hutan Banyuwangi. Setelah sampai ke Desa Rajekwesi, Anda akan menemui pertigaan dan beloklah ke kanan untuk menuju ke Teluk Hijau dan Sukamade.

Baca juga Pantai Plengkung Banyuwangi, Tujuan Utama Para Surfer Dunia

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Sidebar



Hey there!

or

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…