Menikmati Keindahan dan  Pesona Wisata Pantai Papuma Jember

Jika dibandingkan dengan kota-kota lainnya di Jawa Timur, Jember merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang tidak terlalu terkenal dan populer. Meskipun begitu, Jember memiliki potensi tempat wisata yang sangat mempesona dan patut untuk dikunjungi. Di sini Anda bisa menikmati keindahan Pantai Papuma. Pantai Papuma juga disebut dengan Pantai Putih Malikan. Bagi Anda yang sedang berkunjung ke kota yang satu ini, tidak ada salahnya untuk mengunjungi Pantai Papuma sebagai salah satu tempat tujuan wisata.

Pantai Papuma Jember

Selayang pandang tentang Pantai Papuma Jember

Menurut situs resmi Papuma, Malikan yang menjadi asal usul dari nama pantai ini adalah adanya sebuah batu datar yang mirip kerang raksasa berjajar di sepanjang bentangan pantai yang menghadap ke barat. Konon katanya, batu Malikan yang ada di sana merupakan tempat Raden Mursada dan Mursaud memancing, di atas batu itulah Mursada tak sengaja memancing ikan ajaib Raja Mina yang kemudian dilepaskan. Dan di situ pula lah kail Mursaud tersangkut ular raksasa yang kemudian dibelah menjadi tiga bagian oleh  Mursada dengan menggunakan cemeti pemberiaan Raja Mina.

Pantai ini terletak di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember. Pantai Papauma sendiri dapat ditempuh dengan jarak sekitar 45 k dari pusat kota. Sebelum memasuki kawasan wisata Pantai Papuma, Anda akan disuguhi pemadangan Hutan Maliki yang kaya akan flora dan fauna. Jika dibandingkan dengan pantai lainnya, Pantai Papuma merupakan salah satu pantai di Jawa Timur yang memiliki ciri khas tersendiri.

Ciri khas dari pantai ini adalah adanya tujuh karang besar yang menjulang di pantai. Ukurannya yang sangat besar, membuat  karang-karang tersebut menyerupai sebuah pulau. Tak hanya itu saja, ketujuh karang besar tersebut juga memiliki nama, diantaranya yaitu Pulau Batara Guru, Pulau Kresna, Pulau Narada, Pulau Kajang dan juga Pulau Nusa Barong. Dan batu karang yang bentuknya seperti kodok dinamakan sebagai Pulau Kodok.

Dan juga di sana terdapat sebuah pulau yang tidak memiliki nama sendiri. Batu karang tersebut sangat dihindari oleh warga setempat dan tak ada yang berani mengunjunginya. Konon katanya, batu karang tersebut dihuni oleh sekawanan ular berbisa.

Pantai Papuma Jember ini juga sering dijadikan sebagai lokasi prewedding bagi calon pasangan pengantin, karena di sini ada banyak sekali spot-spot menarik. Ketika ombak mulai surut Anda bisa meniti batu-batu karang yang ad di sana. Namun, Anda juga harus berhati-hati karena batu karang di Pantai Papuma memiliki bentuk dan kasar dan terjal.

Untuk bisa masuk ke salah satu pantai di Jember ini Anda harus membeli tiket terlebih dahulu. Harga tiket masuk ke Pantai Papuma pun sangat terjangkau, yaitu Rp 5.000 untuk hari biasa dan Rp 7.000 pada hari libur.

Misteri dan Mitos di Pantai Papuma

Dibalik keindahannya, Pantai Papuma ini juga menyimpan berbagai macam cerita mistis dan misteri yang kini masih dipercaya oleh masyarakat luas. Beberapa cerita mistis yang beredar dikalangan masyarakat adalah ombak di pantai Papuma seringkali memakan korban. Sebagai salah satu pantai yang masuk dalam rangkaian pantai selatan, membuat para wisatwan di Pantai Papuma Jember ini hanyut tertelan ombak besar yang ada di sana. Masyarakat percaya bahwa kotban tersebut akan dijadikan oleh Nyi Roro Kidul sebagai penghuni kerajaan gaibnya.

Oleh karena itu, serinnya kecelakaan yang terjadi di pantai ini membuat para pihak pengelola menempatkan beberapa papan peringatan bagi para pengunjung agar tidak berenang di pantai ini.

Fasilitas yang disediakan

Seperti yang Anda ketahui jarak Pantai Papuma dengan kota sangatlah jauh dan memakan waktu yang cukup lama, sehingga disarankan bagi Anda untuk menginap di sini. Tak perlu khawatir, karena pihak pengelola Pantai Papuma telah menyediakan beberapa penginapan dengan harga yang terjangkau yaitu dari Rp 150.000 hingga Rp 450.000.

Di daerah sini juga terdapat hotel dengan fasilitas kamar yang cukup lengkap, seperti TV dan juga kamar mandi dalam dengan harga yang cukup terjangkau yaitu Rp 70.000 hingga Rp 100.000 per orang. Jika ingin mendapatkan fasilitas tambahan seperti AC, biaya yang harus dikeluarkan adalah Rp 120.000 ke atas. Fasilitas lain yang disediakan oleh pihak pengelola adalah, kamar mandi, warung makan dan juga mushola.

Akses menuju je Pantai Papuma

Untuk bisa sampai ke Pantai Papuma, Anda harus tiba terlebih dahulu di kota Surabaya. Dari Surabaya, ambilah rute ke arah Sidoharjo, lalu ikuti petunjuk jalan menuju ke arah kota Pasuruan. Setelah sampai di Pasuruan, ambilah rute menuju ke kota Probolinggo – Lumajang – Jember.

Setelah sampai di kota Jember, ambil rute ke arah utara Jl. Kartini, Jl. Gatot Subroto, Jl. Jendral Ahmad Yani, Jl. Nasional III, kemudian belok kiri ke Jl Otto Iskandar Dinata, Jl Semeru, Jl. Argopuro, Jl. Kawi, Jl. Jember Ambulu, Jl. Kopral Suetomo, Jl. Raya Suyitman, Jl. Ambulu, Watulo lalu ikuti petunjuk ke Pantai Papuma Jember.

Baca juga Pantai Plengkung Banyuwangi, tujuan utama para suffer dunia.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Sidebar



Hey there!

or

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…