Keindahan Pantai Sawarna Banten yang Sangat Mempesona

Ketika berkunjung ke Kota Banten, mengunjungi tempat wisata yang ada di sana adalah salah satu agenda yang harus Anda lakukan. Di sana ada beberapa tempat wisata yang sangat indah dan populer. Salah satu tempat wisata di Banten paling menarik adalah terletak di Desa Sawarna. Desa Sawarna merupakan sebuah desa yang memiliki keistimewaan, yaitu di sini memiliki berbagai macam tempat wisata dengan jarak yang berdekatan. Di Desa tersebut Anda bisa menikmati berbagai macam wisata, mulai dari sungai, panjat tebing, hutan, agrowisata dan yang paling terkenal adalah pantainya yang sangat indah.

Pantai Sawarna Banten

Menikmati pesona keindahan Pantai Sawarna Banten

Salah satu pantai yang terkenal di sana adalah Pantai Sawarna. Pantai di Banten ini terletak di Desa Sawarna, Kecamatan  Bayah, Kabupaten Lebak, Banten.  Di pantai  ini Anda bisa melihat pemandangan alam yang sangat indah dan mempesona. Pantai Sawarna sendiri merupakan panatai yang menghadap ke Samudera Hindia. Maka jangan heran jika pantai ini memiliki ombak yang sangat besar dan arus yang sangat kuat.

Pantai Sawarna di Banten ini sangat cocok digunakan untuk wisata selancar. Selain wisatawan lokal para turis asing juga sering mengunjungi pantai ini untuk refreshing dan juga berselancar. Selain itu, Pantai yang memiliki panjang sekitar 65 km ini memiliki air laut yang jernih, pasir putih yang lembut dan bukit hijau yang sangat indah. Pantai Sawarna juga termasuk pantai yang jarang dikunjungi oleh para wisatawan, sehingga keindahan alam dari pantai ini masih tetap terjaga.

Pantai yang berlokasi di sebuah desa pesisir selatan ini selalu dihubungkan dengan kisah pengiasa laut selatan yaitu Nyi Roro Kidul.

Untuk dapat mencapai pantai ini, Anda harus menempuh jarak yang cukup melelahkan yaitu sekitar 280 km atau setara dengan 6 jam perjalanan dari kota Jakarta. Namun jika Anda dari Kota Rangkasbitung, Anda harus menempuh jarak sekitar 150 km.

Selain itu, ada dua jalur lainnya yang dapat Anda pilih untuk menuju ke Pantai Sawarna Banten ini. Jalur yang pertama yaitu jalur yang terpendek yaitu dari Jakarta menuju ke Serang Timur lalu ke Pandeglang, Malimping, Bayag dan akhirnya sampai ke Sawarna. Meskipun jalur pendek, namun jalur yang satu ini memiliki akses jalan yang cukup sulit karena jalannya rusak.

Untuk jalur yang kedua yaitu dari Jakarta lewat Ciawi lalu ke Cibadak kemudian Pelabuhan Ratu, Cisolok dan Sawarna. Bagi Anda yang menggunakan kendaraan pribadi  sangat disarankan untuk melewati jalur yang satu ini. Meskipun agak lama akan tetapi jalur ini  memiliki kondisi jalan yang cukup baik.

Jika Anda ingin menggunakan kendaraan umum, Anda bisa menumpang bus jurusan Pelabuhan Ratu dari terminal bus setempat. Dari Pelabuhan Ratu lanjutkan perjalanan ke arah Sawarna dengan naik elf. Akan tetapi jika menggunakan kendaraan umum jangan terlalu sore, karena kendaraan umum yang menuju ke Sawarna hanya sampai jam 5 sore saja.

Beberapa tips yang perlu diperhatikan ketika ingin mengunjungi Pantai Sawarna:

Tips Berwisata ke Pantai Sawarna Banten yang perlu diketahui

  1. Berkendara di siang hari. Jika ingin berkunjung ke Pantai Sawarna, berkendaralah di siang hari. Hal ini dikarenakan beberapa lokasi untuk menuju ke pantai ini sangat gelap karena belum ada lampu jalan. Selain itu jalan menuju ke sana juga tidak mulus sehingga sangat rawan kecelakaan pada malam hari.
  2. Penuhi tangki bensin. Isilah kendaraan Anda, karena jarak pom bensin 1 dengan pom bensin lainnya lumatan jauh.
  3. Bawa uang tunai. Tips selanjutnya adalah pastikan Anda membawa uang tunai yang cukup untuk pulang dan pergi. Karena di daerah Sawarna belum banyak ATM.
  4. Jangan hanya satu hari. Apabila Anda ingin datang ke tempat wisata yang satu ini jangan datang hanya satu hari saja. karena lamanya waktu perjalanan akan sangat melelahkan jika hanya pulang pergi dalam 1 hari. Selain itu, di sini juga terdapat tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, seperti Goa Cimaul, Pantai Pulau Manuk, Goa Lalay, Pantai Tanjung Layar, Goa Singalong, Pantai Karang Taraje, Pantai Ciantir, Hutan Lindung Pantai Cipamadangan, Gunung Kembang, Bukit Pasir Tangkil dan masih banyak lagi. Bagi Anda yang berasal dari luar kota, jangan khawatir karena di sekitar Pantai Sawarna juga terdapat homestay. Untuk kisaran harganya pun sangat terjangkau, yaitu mulai dari Rp 100.000 hingga 200.000 ribuan.
  5. Melakukan pemesanan. Jika ingin menginap, pastikan Anda melakukan pemesanan terlebih dahulu. Karena pada hari libur homestay di Sawarna seringkali penuh.
  6. Jika Anda tidak menyukai seafood atau makanan laut, Anda bisa berbicara dengan pengelola homestay. Karena sebagian besar homestay akan menyajikan hidangan laut sebagai menu sarapan ataupun makan malam.

Baca juga pesona wisata alam Kalibiru Yogyakarta.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Sidebar



Hey there!

or

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…