Inilah Tempat Wisata di Madiun yang Menarik Untuk Dikunjungi

Dulunya kota di Jawa Timur ini memiliki nama Purabaya, yang kemudian berganti menjadi nama Madiun pada tanggal 16 November 1590 untuk memperingati pernikahan dari Raden Ayu Retni Djumilah dengan Sutawidjaja. Selain terkenal dengan nasi pecel dan brem sebagai makanan khas Madiun, kota ini juga memiliki beragam tempat wisata yang patut dikunjungi ketika berkunjung ke Madiun. Pergi ke kota ini, tentunya tak lengkap jika tidak mengunjungi aneka obyek wisatanya. Nah berikut adalah beberapa daftar tempat wisata di Madiun yang paling populer dan menarik untuk dikunjungi.

Rekomendasi obyek wisata di Madiun yang sering dikunjungi wisatawan

Taman Wisata Umbul

tempat wisata di madiun

Taman Wisata Umbul merupakan tempat wisata paling populer dan sering dikunjungi oleh para wisatawan. Di sini Anda bisa mencoba berbagai wahana, seperti Roller Coaster, Bioskop 4 Dimensi, Kora-kora, Bianglala dan masih banyak lagi. Di tempat wisata yang terletak di Desa Glonggong, Kecamatan Dolopo ini Anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang sangat indah. Hal ini dikarenakan tempat wisata ini terletak di ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut. Untuk bisa ke sini, Anda harus menempuh jarak sekitar 20 km dari pusat kota.

Dumilah Park

Dumilah Park

Yang kedua adalah Dumilah Park. Sama seperti Taman Wisata Umbul, Dumilah Park juga sering dikunjungi oleh para wisatawan baik dalam ataupun luar kota Madiun. Beberapa fasilitas yang ditawarkan di Dumilah Park ini adalah garden zone, game zone, water zone dan juga pujasera. Bagi Anda yang hobi memancing, di sini juga tersedia tempat pemancingan. Tempat wisata yang terletak di Jalan Slamet Riyadi ini buka setiap hari.

Monumen Kresek

Monumen Kresek

Tempat wisata di Madiun selanjutnya adalah Monumen Kresek. Monumen ini seringkali dijadikan warga Madiun sebagai tempat piknik. Monumen yang terletak di Desa Kresek, Kecamatan Wungu ini memiliki suasana yang teduh, pepohonan rindang serta udara yang sangat sejuk. Wisata ini memiliki beberapa fasilitas seperti taman bermain, rumah makan, musholla, jogging track dan lainnya. untuk bisa ke sini Anda harus menempuh jarak sekitar 8 km dari kota Madiun.

Wana Wisata Grape

Wana Wisata Grape

Berikutnya adalah Wana Wisata Grape. Wana Wisata Grape merupakan sebuah taman yang berada di tepi hutan jati. Wisata ini sangat cocok sebagai tempat wisata keluarga. Di sini Anda juga dapat melakukan berbagai macam kegiatan seperti memancing, camping ataupun taman bermain untuk anak-anak.

Sun City and Theme Park Madiun

Selain Dumilah, wisata air di Madiun yang sering dikunjungi oleh para wisatawan adalah Sun City and Theme Park Madiun. Tempat wisata yang satu ini menawarkan keindahan wisata air yang nyaman untuk dinikmati bersama dengan keluarga. Tempat wisata ini terletak di Jalan Letjen S Parman No. Madiun.

Air Terjun Seweru

Tempat wisata di Madiun selanjutnya adalah Air Terjun Seweru. Air terjun yang terletak di kawasan perkebunan kopi kandangan, tepatnya di Desa Kare, Kecamatan Kare ini memiliki nama lain yaitu serondo atau kedung malam. Akses menuju ke Air Terjun Seweru ini belum terlalu bagus dan Anda diharuskan untuk melakukan trackking sekitar 1 km menuruni jalan setapak yang sangat curam. Keunikan dari air terjun ini adalah adanya 2 aliran air terjun yang saling berhadapan dan bermuara di satu ceruk yang sama.

Waduk Bening Widas

Waduk Bening Widas

Waduk Bening Widas merupakan tempat hunting foto menarik yang ada di Madiun. Tak hanya hunting foto saja, para pengunjung dapat melakukan beberapa aktivitas menarik, seperti berkemah, canoing dan juga memancing. Waduk yang terletak di Dusun Petung, Desa Pajajaran, Kecamatan Sadaran ini memiliki luas hingga 860 km. Waduk Bening Widas ini juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap, mulai dari taman bermain, penginapan, kolam pancing, rumah makan hingga dermaga dan perahu-perahunya. Untuk bisa sampai ke sini Anda harus menempuh perjalanan sekitar 40 km dari kota Madiun.

Air Terjun Krecekan Denu

Air Terjun Krecekan Ndenu

Berbeda dengan Air Terjun Seweru, akses menuju Air Terjun Krecekan Denu ini sudah lebih halus dengan jalan beraspal. Jaraknya pun lebih dekat, yaitu 20 km dari pusat kota Madiun. Di air terjun yang terletak di Desa Kepel, Kecamatan Grape, Kabupaten Madiun ini Anda bisa menikmari air terjun dengan nuasnsa pegunungan dan pemandangan yang indah dan mempesona.

Situs Nglambangan

Situs Nglambangan

Yang terakhir adalah Situs Nglambangan. Nglambangan adalah obyek wisata bersejarah. Di sana Anda dapat melihat berbagai macam peninggalan Kerajaan Majapahit, sepert Pura Lambang Sari, Sumur Kuno, Lumbung, Watu Dakon dan masih banyak lagi. Pada bulan suro, lokasi ini seringkali digunakan sebagai upacara ritual. Untuk bisa sampai ke sini Anda harus mengunjungi desa Nglambangan, Kecamatan Wungu, Madiun.

Nah itulah beberapa tempat wisata di Madiun paling terkenal dan populer.

Baca juga tempat wisata di Malang dan sekitarnya.