5 Alasan Mengapa Harus Berwisata Ke Karimunjawa

Sudahkah Anda mempersiapkan rencana libur akhir tahun ini? Kalau belum, kenapa Anda tidak bersenang-senang di objek wisata Karimunjawa saja. Bukan apa-apa, wisata laut yang satu ini menjanjikan keindahan yang luar biasa dan pastinya akan menjadi kenangan yang sangat berkesan untuk Anda.

Karimunjawa merupakan areal gugusan kepulauan. Bayangkan, ada 27 pulau kecil yang totalnya seluas 1.500 hektar.  Lokasinya di kawasan Jepara Jawa Tengah dan masuk bagian utara pantai pulau Jawa.

Dari gugusan pulau itu, hanya lima pulau yang ternyata berpenghuni sementara yang lainnya masih kosong. Pulau yang sudah ada penduduknya yaitu Kemujang, Genting, Karimunjawa, Nyamuk dan Parang.

Kendati pun sebagian besar pulau-pulau di Karimunjawa tidak berpenghuni, wisatawan sering mendatangi pulau tersebut untuk menikmati keindahan alam, termasuk pantainya yang elok dan ombaknya yang jinak.  Ambil contoh Pulau Menjangan Besar, Pulau Menjangan Kecil, Pulau Galeyang dan Pulau Cemara Besar .

Saat ini turis asing menjuluki Karimunjawa kondang sebagai Carribean of Java-nya Indonesia.

Lokasinya memang lumayan jauh, tetapi Anda tidak akan pernah merasa rugi. Transportasi untuk menjangkau Karimunjawa bisa Anda dapatkan, termasuk alternatif transportasi laut atau pun udara.

Masih ragu-ragu? Nah, berikut ada delapan alasan yang mungkin bisa “mengoda” Anda melancong ke Karimunjawa

  1. Laut dan Pantainya yang Indahlaut-dan-pantai-karimunjawa

Alasan utama tentu saja karena pemandangan laut yang indah. Anda bisa berjalan-jalan di pantai  berpasir putih dengan  memandang laut yang jernih kebiruan. Belum lagi angin sepoi-sepoi dan udara laut yang segar. Bisa menyehatkan paru-paru.

Untuk pemandangan pantai yang indah, Anda bisa mengunjungi Pantai Tanjung Gelam di Karimunjawa. Pantai ini terkenal dengan pohon kelapa miringnya. Anda tentu bisa bebas ber-selfie sepuas hati di tempat ini.

Laut di kawasan ini juga cukup dangkal, jadi  tempat yang sangat cocok bila Anda membawa anak-anak.

  1. Surganya Terumbu Karang terumbu-karang-karimunjawa

Bicara keindahan Karimunjawa tentu berhubungan erat dengan keindahan dalam lautnya.  Karimunjawa kaya akan terumbu karang and menurut informasi, ada 90 jenis terumbu karang yang merumahkan diri di Karimunjawa. Belum lagi 400 spesies fauna laut yang pasti mengoda Anda untuk tetap berlama-lama di dalam laut.

Bila menyelam adalah hobi Anda, Pulau Menjangan Kecil di Karimunjawa bisa jadi pilihan yang tepat.  Pulau ini surganya alam bawah laut. Menariknya lagi lokasi keindahan bawah laut itu tidak terlalu jauh dari permukaan laut, sehingga Anda tidak perlu usaha ektra.

  1. Kaya Fauna

Ini salah satu alasan kuat mengapa Anda harus lakukan wisata ke Karimunjawa. Betul, Anda bisa menyaksikan bagaimana satwa liarnya hidup secara normal di alam.

Karimunjawa memang surganya para satwa liar yang banyak diantaranya hampir punah. Misalnya saja elang laut dada putih, penyu sisik, penyu hijau, rusa dan aneka jenis burung.  Menarik bukan?

  1. Bisa Berenang dengan Hiu

Jangan bayangkan film Jaws yang menceritakan orang-orang dikejar hiu dan harus bertahan hidup.  Hiu di Karimunjawa merupakan hiu jenis Blacktip Reef yang sangat mudah ditemukan di perairan, apalagi sekitar Pulau Menjangan Besar.   Hiu jenis ini lumayan jinak loh.

Karimunjawa juga memiliki penangkaran hiu yang dibuka untuk umum di Pulau Menjangan Besar. Penangkaran ini juga mengizinkan turis berinteraksi dengan hiu, termasuk berenang bersama. Tentu saja dengan didampingi oleh staf penangkaran. Wahhhh

  1. Diving di Kapal Karam

Gugusan pulau Karimunjawa ini ternyata memiliki dasar pantai yang rendah sehingga rawan untuk kapal yang melintas. Yup, Karimunjawa ternyata banyak memiliki kuburan kapal karam yang bisa dikunjungi para divers.

Perairan Pulau Genting misalnya memiliki bangkai kapal karam dari Cina. Anda bisa menemukan pecahan keramik kuno di lambung kapal bila kebetulan melakukan diving di tempat tersebut.

Selain kapal dari Cina, juga ada kapal dari Panama Indono yang karam di dekat Pulau Kemujan. Kapal ini ukurannya dua kali kapal ferry Indonesia dan sudah menjadi rumahnya ikan beraneka warna dan jenis.

Selain Panama Indono, Pulau Kemujan juga memiliki bangkai kapal karam asal Belanda yang sebelumnya pengangkut batu bara.

Nah, tunggu apa lagi? Kemasi koper dan mari wisata ke Karimunjawa. Eits, tapi tunggu dulu, bagi Anda yang tidak punya waktu untuk mempersiapkan perjalanan atau butuh panduan berlibur ke Karimunjawa, tidak ada salahnya untuk mengecek paket wisata yang ditawarkan oleh Ransel Karimun Jawa Tour. Pastinya menarik, tidak perlu mahal kok. Silahkan cek www.ranselkarimunjawa.co.id untuk info lebih lengkap!

Leave your vote

3 points
Upvote Downvote

Total votes: 3

Upvotes: 3

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Sidebar



Hey there!

or

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…