Wisata Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor atau Kebun Botani Bogor adalah kebun botani besar yang terlerak di Kota Bogor, Indonesia. Salah satu tempat wisata di Bogor ini terletak di Jalan Ir. Haji Juanda No. 13, Bogor, Jawa Barat. Hingga saat ini kebun botani ini  sering dikunjungi  oleh para wisatawan domestik maupun mancanegera. Luasnya kebunnya yang mencapai 87 hektar membuat kebuh raya ini memiliki berbagai macam jenis tumbuhan.

kebun raya bogor

Sekilas info tentang Kebun Raya Bogor

Pada awalnya, Kebun ini adalah bagian dari ‘samida’ atau yang biasa disebut dengan taman buatan  atau hutan buatan yang sudah ada pada masa pemerintahan Sri Baduga Maharaja atau Prabu Siliwangi. Pada zaman dahulu hutan buatan tersebut berguna untuk menjaga kelestarian lingkungan dan alam untuk memelihara benih kayu yang langka. Akan tetapi  setelah  kerajaan Sunda takluk dengan Kesultanan Banten samida tersebut dibiarkan begitu saja.

Dan pada akhirnya Jenderal van der Cepellen membangun rumah peristirahatan di salah satu sudutnya pada pertengahan abad ke-18. Pada awal tahun 1800-an Gubernur Jenderal Thomas Stamford Raffles mendiami tempat tersebut.  Saat itu, Jenderal van der Cepellen juga sangat tertarik dalam bidang botani dan ia bersama dengan bantuan para ahli botani lainnya mengembangkan halaman Istana Bogor menjadi sebuah kebun.

Di tahun 1814 Olivia Raffles (istri Gubernur Jenderal Thomas Stamford Raffles) meninggal dunia karena sakit dan dimakamkan di Batavia. Untuk mengenangnya, didirikanlah monumen di kebun tersebut. Gubernur Jenderal Godert Alexander Gerard Philip van der Capellen secara resmi mendirikan kebun ini pada tahun 18 Mei 1817. Pada zaman dahulu kebun ini memiliki nama ‘s Lands Plantentuin te Buitenzorg.

Pendiriannya diawali dengan menandapkan ayunan cangkul pertama di bumi Pajajaran. Sekitar 47 hektar tanah di sekitar Istana Bogor dan bekas samida dijadikan lahan pertama untuk kebun botani. Pendirian dari Kebun Raya ini merupakan awalan dari ilmu pengetahuan di Indonesia. Dari hal tersebutlah mulai didirikan seperti Museum dan Labolatorium Zoologi, Herbarium Bogoriense, Kebun Raya Cibodas dan lainnya.

Kebun raya ini pun selalu mengalami perkembangan mulai dari kelembagaan internal di Kebun Raya, seperti museum, perpustakaan fotografi dan tata usaha, herbarium, kebun percobaan, labolatorium kimia dan farmasi serta pendirian kantor perikanan dan akademi biologi yang merupakan cikal bakal dari IPB.

Koleksi pohon di Kebun Raya Bogor

Kebun  ini memiliki lebih dari 15.000 jenis pohon dan tumbuhan yang tersebar di sana. Karena telah dikembangkan dan dikelola sejak zaman kerajaan Sunda Kelapa dahulu kala, maka dapat dikatakan bahwa kebun ini merupakan salah satu kebun botani tertua di Asia.

Koleksi pohon dan tumbuhan yang paling menarik di kebun ini adalah bunga bangkai (Amorphophalus titanium). Karena mendekati waktu mekarnya bunga ini akan meneluarkan bau bangkai yang sangat menyengat. Bunga yang memiliki tinggi sekitar 2 meter ini juga merupakan bunga majemuk yang terbesar di Asia. Namun tak hanya itu saja Kebun Raya juga memiliki pohon kelapa sawit tertua di Asia Tenggara yang masih hidup sampai sekarang. Kedua hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri dari kebun ini.

Selain itu, di dalam kawasan wisata ini Anda juga akan menemukan sebuah jembatan gantung dengan ciri khas merah. Jembatan itu sendiri sudah ada sejak zaman dahulu. Bagi Anda pecinta fotografi mengunjungi tempat wisata yang satu ini adalah pilihan terbaik. Karena di sini terdapat spot terbaik yang bisa Anda gunakan untuk hunting foto.

jembatan gantung di kebun raya bogor

Fasilitas di Sekitar Kebun Raya Bogor

Rumah makan

Di sekitar Kebun Raya Anda bisa menemukan rumah makan yaitu Grand Garden Cafe yang dulu memiliki nama Kafe Dedaunan. Selain itu, di sana juga terdapat beberapa penjulan makanan ringan ataupun nasi yang sudah dibungkus.

Hotel dan penginapan

Bagi Anda yang berasal dari luar kota, mencari hotel ataupun penginapan adalah pilihan yang tepat. Di kawasan kebun ini pun terdapat rumah inap yang dapat disewa oleh pengunjung dengan tarif yang cukup terjangkau. Rumah tersebut merupakan bekas rumah direktur kebun raya pada massa kolonial. Selain itu, Anda juga bisa memilih alternatif lain sepetti hotel Amaris Bogor, Royal hotel dan masih banyak lagi.

Toko cinderamata

Di toko cinderamata Anda bisa membeli beberapa oleh-oleh untuk saudara ataupun keluarga. Bagi Anda yang menyukai tanaman hias,tak ada salahnya untuk mengunjungi toko cinderamata yang menjual berbagai jenis tanaman hias.

Harga tiket masuk Kebun Raya Bogor

Kebun Raya akan ramai pada hari Minggu  dan hari libur lainnya. Untuk tiket masukknya pun sangat terjangkau. Yaitu Rp 14.000 per orang, khusus wisatawan asing yaitu Rp 25.000 per orang. Jika ingin menggunakan kendaraan keliling roda 4 Anda harus membayar Rp 30.000 dan tiket sepeda keliling yaitu Rp 5.000.

Baca juga artikel terkait lainnya tempat wisata di sentul yang sering dikunjungi.

kebun raya bogor, kebon raya bogor, kebun raya, taman raya bogor, nama nama lain dari kebun raya bogor dari jaman dahulu hingga sekarang, salah satu pohon pinus di kebun raya bogor, OK Google sebuah kebun, OK Google Kebon dari, nama nama lain dari kebun raya bogor dari zaman dahulu hingga sekarang, wisata kebun raya bogor