Tulamben, Spot Diving di Bali Paling Keren dan Menarik

Diving atau menyelam adalah salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan bagi  banyak orang. Kegiatan yang satu ini seringkali dilakukan banyak orang ketika akhir pekan ataupun pada saat hari libur lainnya. Banyak orang yang rela menghabiskan banyak biaya dan mengunjungi tempat terpencil untuk mendapatkan spot diving terbaik dengan pemandangan laut yang sangat indah.

diving di bali

Bangkai Kapal USAT Liberty

Namun Anda jangan khawatir  Anda bisa mengunjungi tempat diving terbaik dengan akses yang mudah dijangkau, salah satunya yaitu Tulamben. Tulamben adalah salah satu spot diving di Bali yang terletak di Kaki Gunung Agung, tepatnya di Kabupaten Karangasem. Untuk bisa sampai ke tempat wisata ini Anda harus menempuh jarak sekitar 100 km dari Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali atau setara dengan 2 hingga 3 jam perjalanan dengan menggunakan jalur darat.

Pesona keindahan Tulamben, spot diving di Bali paling indah

Bagi para diver, Tulamben telah menjadi tujuan utama untuk melakukan penyelaman. Di salah satu tempat wisata di Bali ini para penyelam akan disuguhi dan dimanjakan dengan sensasi menyelam yang berbeda dengan spot diving lainnya. Salah satu keunikan dari Tulamben ini adalah para penyelam dapat menyaksikan aneka biota laut yang hidup di bangkai kapal USAT Liberty.

Tulamben, spot diving di Bali paling indah

Menurut sejarah, kapal tersebut tenggelam karena terkena serangan torpedo Jepang tada tahun 1942 yang lalu. Awalnya kapal tersebut sempat akan di tarik ke Singaraja untuk diselamatkan. Namun pada akhirnya kapal tersebut karam di bibir Pantai Tulamben. Gempa Gunung Agung yang terjadi pada tahun 1963 silam juga membuat kapal yang berbobot 13.130 ton ini bergeser sejauh 25 meter dari pantai dengan kemiringan 5 hingga 30 meter.

Tulamben juga merupakan spot diving di Bali yang memiliki arus dengan kecepatan rendah dan sedang. Sehingga spot yang satu ini sangat cocok untuk pemula ataupun seorang penyelam profesional. Namun meskipun begitu, menyelam di Tulamben juga membutuhkan keberanian yang sangat tinggi. Karena di sini banyak sekali hiu sirip putih atau Triaenodon obesus.

Daya tarik itulah yang membuat Tulamben menjadi salah satu spot diving terbaik untuk  menyelam di Indonesia. Bahkan Tulamben juga mampu mengalahkan spot diving terbaik di Indonesia lainnya, yaitu Taman Laut Bunaken dan Wakatobi.

Waktu terbaik untuk menyelam di Tulamben ada pada pagi hari. Hal ini dikarenakan pada saat pagi hari jarak pandang di sini dapat mencapai hingga 30 meter. Sedangkan pada siang dan sore hari jarak pandang di bawah laut Tulamben hanya sekitar 10 meter.

Bagi Anda yang tertarik menyelam, tak ada salahnya untuk mencoba olahraga air yang satu ini. Jika tidak memiliki perlengkapan menyelam, Anda bisa menyewa peralatan selam dengan harga yang bervariasi. Biasanya untuk sekali menyelam, para diver setidaknya harus mengeluarkan Rp 350.000.

Hotel Murah Dekat Tulamben, Bali

Matahari Tulamben Resort

Yang pertama adalah Matahari Tulamben Resort. Untuk melakukan pemesanan Anda bisa menghubungi (0361) 370 0270. Di hotel ini Anda dapat menikmati fasilitas dan pelayanan yang sangat memuaskan. Beberapa fasilitas yang ada di sana adalah restoran, free Wi-fi, kolam renang, spa, air panas dan dingin, AC dan masih banyak lagi. Untuk harganya pun sangat terjangkau bagi para backpacker.

Ocean View Dive Resort Tulamben

Hotel yang terletak di Jalan Raya Tulamben, Singaraja, Tulamben, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem, Bali ini merupakan hotel mewah yang berada di dekat pusat desa Tulamben. Hotel ini menawarkan liburan yang menyenangkan. Bagi Anda yang ingin berwisata di Tulamben, menginap Ocean View Dive Resort Tulamben adalah pilihan yang tepat. Tak hanya itu saja, hotel ini juga menyediakan penyewaan perlengkapan selam, penyewaan modil dan sepeda.

Untuk fasilitas kamar, hotel ini menyediakan mini bar, wi-fi, meja kerja, TV,  AC dan masih banyak lagi. Tak hanya Tulamben Bali saja, tempat menarik yang ada di Ocean View Dive Hotel lainnya adalah Taman Ujung Karangasem Bali, Bukit Jambul, Panti Amed, Pantai Jasri dan masih banyak lagi.

Acarya Bungalows

Penginapan murah di Tulamben selanjutnya adalah Acarya Bungalows. Hotel ini terletak di Jalan Raya Amed, Amed, Bali. Untuk fasilitasnya pun sudah cukup lengkap mulai dari wifi, kamar mandi dalam dan masih banyak lagi. Jika tertarik Anda bisa melakukan pemesanan dengan cara menghubungi nomor (0363) 220 53.

Bo’s Bungalows and Restaurant

Meskipun tidak semewah Matahari Tulamben Resort, akan tetapi penginapan yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang sedang backpacker. Harganya yang terjangkau dapat membuat Anda lebih hemat. Alamatnya pun tak jauh dari Tulamben, Bo’s Bungalows and Restaurant ini terletak di Jalan Adem, Seraya Bunutan, Abang, Karangasem, Amed, Bali. Fasilitas yang ditawarkan antara lain internet serta wi-fi gratis di semua kamar.

Baca juga selain Pantai Kuta, inilah pantai di Bali paling indah.

diving dibali, foto urbex terbaik dan keren