Tempat Wisata di Pekanbaru yang Terkenal dan Populer

Pekanbaru merupakan ibu kota Provinsi Riau. Meskipun terkenal sebagai kota bisnis, akan tetapi Pekanbaru juga memiliki tempat wisata yang terkenal dan populer dikalangan para wisatawan. Di Pekanbaru sendiri juga sangat kental dengan Budaya Melayunya, maka jangan heran jika Anda mengunjungi kota yang satu ini Anda akan dapat melihat para wanitanya menggunakan baju kurung. Di sana  terdapat berbagai macam tujuan wisata yang dapat Anda kunjungi. Penasaran kan? Berikut adalah obyek wisata di Pekanbaru yang menarik untuk dikunjungi.

Inilah tempat wisata di Pekanbaru yang menarik untuk dikunjungi

Riau Fantasi

Tempat Wisata di Pekanbaru

Tempat wisata yang pertama adalah Riau Fantasi. Riau Fantasi sendiri merupakan taman rekreasi terbesar dan terlengkap yang ada di Sumatera. Tempat wisata yang terletak di Jalan Labersa, Pekanbaru ini memiliki 2 jenis wahana, yaitu wahana basah dan wahana kering. Selain itu, di Riau Fantasi juga terdapat beberapa jenis kolam yaitu kolam untuk anak-anak maupun dewasa serta papan seluncur air.

Masjid Agung An Nur

Masjid Agung An Nur

Masjid yang terdiri dari 3 lantai ini dapat menampung jamaah hingga 4.500 orang. Letaknya yang berada di pusat Kota, membuat masjid ini sering kali dikunjungi umat muslim untuk melaksakan ibadah sholat. Masjid Agung An Nur sendiri merupakan masjid megah yang memiliki arsitektur perpaduan dari gaya Turki, Melayu, Arab dan India. Selain itu, masjid ini juga memiliki 4 menara dan 5 buah kubah. Banyak orang yang yang memberikan julukan bahwa Majid Agung An Nur merupakan Taj Mahalnya kota Pekanbaru.

Istana Siak Sri Indrapura

Istana Siak Sri Indrapura

Tempat wisata di Pekanbaru selajutnya adalah Istana Siak Sri Indrapura. Tempat wisata yang satu ini adalah istana peninggalan Kesultanan Siak, yang merupakan kerajaan terbesar di Riau. Di sini, Anda bisa melihat benda-benda peninggalan kerajaan, mulai dari peralatan, perhiasaan serta patung Sultan Syarif Hasyim I yang terbuat dari batu pualam dan perhiasan dan juga patung perunggu Ratu Wilhelmina. Baca juga Istana Maimun Medan, warisan peninggalan Kesultanan Deli.

Danau Buatan Lembah Sari

Danau Buatan Lembah Sari

Pada awalnya, danau ini adalah sebuah bendungan yang digunakan untuk mengalirkan air ke sawah-sawah sekitar. Namun seiring dengan berjalannya waktu, bendungan tersebut diubah menjadi danau buatan yang dijadikan sebagai tempat wisata. Tempat wisata yang terletak di Desa Limbungan ini juga memiliki udara yang sejuk dan sangat cocok untuk dijadikan tempat rekreasi bersama keluarga ataupun teman.  Selain duduk-duduk di sekitar danau, Anda pun juga bisa menyewa perahu dayung untuk berkeliling danau.

Perpustakaan Soeman H.S

Perpustakaan-Soeman-HS

Perpustakaan yang terletak di Jalan Jendral Sudirman No.462, Pekanbaru ini sangat berbeda dengan perpustakaan yang ada di sekolah ataupun kampus-kampus. Perpustakaan yang terdiri dari 6 lantai ini memiliki berbagai macam fasilitas pendukung lainnya yang dapat membuat Anda betah berlama-lama di sana, seperti AC, mushola, wi-fi, kantin, kafe serta ruang pertemuan auditorium. Anda tidak dipungut biaya untuk dapat masuk ke sini. Perpustakaan Soeman H.S buka setiap hari Senin hingga Jum’at pada pukul 08.00 – 17.00 serta Sabtu Minggu pada pukul 09.00 – 14.00.

Taman Rekreasi Alam Mayang

Taman Rekreasi Alam Mayang

Tempat wisata yang satu ini menawarkan wahana rekreasi untuk keluarga di alam terbuka. Taman Rekreasi Alam Mayang dikelilingi oleh perbukitan, maka jangan heran jika tempat wisata ini memiliki udara yang sejuk. Di tempat wisata ini terdapat tiga buah kolam ikan pancing, dan biasanya tempat wisata ini dijadikan sebagai lokasi pertandingan memancing  yang diadakan oleh pemerintah setempat. Tak hanya memancing saja, kegiatan lainnya yang dapat Anda lakukan di sini adalah fleying fox dan berbagai kegiatan outbond. Taman rekreasi Alam Mayang ini buka setiap hari pukul 08.00 sampai jam 18.00.

Kebun Binatang Kasang Kulim

Kebun Binatang Kasang Kulim

Tempat wisata di Pekanbaru selanjutnya adalah Kebun Binatang Kasang Kulim. Kebun binatang Kasang Kulim merupakan obyek wisata di Pekanbaru yang banyak dikunjungi para wisatawan di akhir pekan. Ada banyak jenis binatang yang ada di kebun binatang ini, mulai dari ular, landak, monyet, burung dan masih banyak lagi. Jika beruntung Anda juga bisa baik gajah dengan biaya Rp 10.000 per 10 menit. Kebun Binatang Kasang Kulim dapat ditempuh dalam waktu 30 menit dari pusat kota Pekanbaru.

Pasar Bawah

Pasar Bawah

Ke Pekanbaru tak lengkap rasanya jika belum berkunjung ke Paasar Bawah. Pasar Bawah sendiri adalah pasar tertua di Pekanbaru. Bangunan dari past ini merupakan perbaduan dari budaya Melayu dan Tionghoa. Di sini Anda bisa menemukan aneka keramik dari Cina, barang elektronik, karpet dari Timur Tengah dan juga beragam camilan khas Pekanbaru, seperti dodol kedondong, lempuk durian, ikan salai ataupun permen dan cokelat dari negeri tetangga.

Dekranasda Pekanbaru

Dekranasda Pekanbaru

Dekranasda atau Dewan Kerajinan Nasional Daerah merupakan pusat oleh-oleh khas Pekanbaru. Di Pekanbaru ini Dekranasda memasarkan produknya di beberapa lokasi strategis misalnya di Jalan Durian dan Jalan Sisingamangaraja. Di toko-toko binaan Dekranasda ini  Anda bisa membeli oleh-oleh seperti kain songket, tenun, batik dan juga aneka kerajinan tangan dari Kayu khas Melayu.

Nah itulah beberapa tempat wisata di Pekanbaru yang terkenal dan populer. Baca juga tempat wisata di Lampung dan sekitarnya

Oke Google tempat, Oke Google Di mana tempat, Oke Google Spot foto di Pekanbaru, Oke Google Pekanbaru, spot foto di pekanbaru, lokasi pemotretan dipekanbaru, yang terkenal di pekanbaru, objek wisata yg paling terkenal di pekan baru, OK Google tempat wisata di kota Siak, yang terkenal di pekanbaru apa ya