Tempat Wisata di Magelang Paling Favorit

Selain terkenal dengan Candi Borobudurnya, Magelang juga memiliki tempat wisata lainnya yang tak kalah menarik dengan tempat wisata yang ada di daerah lainnya. Magelang adalah sebuah kota kecil di Jawa Tengah yang merupakan sebuah kota perbatasan antara Jawa Tengah dan Yogyakarta. Berada di daerah perbatasan tersebutlah yang menjadikan Magelang memiliki berbagai tempat wisata yang menarik dan favorit. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai obyek wisata di Magelang, berikut ulasannya.

Daftar tempat wisata di Magelang paling terkenal

Candi Borobudur

tempat wisata di magelang

Seperti yang Anda ketahui Candi Borobudur merupakan salah satu tempat wisata yang ada di Magelang paling terkenal dan populer yang sering dikunjungi para wisatawan. Hal ini dikarenakan Candi Borobudur memiliki keunikan dan keindahan panorama yang sangat menawan. Tak hanya itu saja, Candi Borobudur juga merupakan salah satu landmark populer di dunia internasional yang dinyatakan sebagai World Heritage Sites oleh UNESCO. Untuk dapat masuk ke dalam candi Buddha terbesar di abad ke-9 ini, Anda diwajibkan membayar tiket masuk sebesar Rp 30 ribu per orang.

Ketep Pass

Ketep Pass

Yang kedua adalah Ketep Pass. Selain Candi Borobudur Ketep  Pass juga merupakan tempat wisata yang paling banyak disukai oleh wisatawan. Obyek wisata yang terletak di Desa Ketep, Kecamatan Sawangan ini menawarkan pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Ketep Pass juga memiliki berbagai macam fasilitas, seperti Museum Vulkanologi, Bioskop Mini, Gardu Pandang, Teropong dan juga Pelataran Panca Arga. Di pelataran tersebut Anda bisa menyaksikan pemandangan lima gunung sekaligus, antara lain Gunung Merapi, Slamet, Sumbing, Merbabu dan Sindoro.

Rafting di Sungai Progo Atas

rafting di sungai progo atas

Tempat wisata di Magelang selanjutnya adalah rafting di Sungai Progo Atas. Sungai yang terletak di Perumahan Griya Tok Songo, Magelang ini memiliki aliran sungai sepanjang 12 kilometer. Untuk menyusuri sungai tersebut diperlukan waktu sekitar 2,5 hingga 3 jam. Bagi Anda yang sangat menyukai olahraga dan tantangan air, tidak ada salahnya mencoba rafting di sungai Progo ini.

Rumah Kamera

Rumah Kamera

Berikutnya adalah Rumah Kamera. Tak jauh dari Candi Borobudur, Anda bisa menikmati Rumah Kamera. Rumah yang dibangun pada tahun 2013 itu menghabiskan dana kurang lebih 1 miliyar. Rumah ini dimiliki oleh Tanggol Angien Jatikusumo. Bangunan unik dengan 4 lantai ini dibangun sebagai “pelampiasan”, karena ketika ia masih muda, ia sangat gigih demi mendapatkan sebuah kamera SLR. Rumah yang sudah masuk Rekor MURI sebagai rumah kamera terbesar di Indonesia ini pun sangat sering dikunjungi oleh para wisatawan untuk melihat karya seni yang telah dihasilkan oleh Tanggol.

Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu

Obyek wisata di Magelang berikutnya adalah Punthuk Setumbu. Di Punthuk Setumbu Anda akan bisa menikmati pemadangan yang sangat indah dan mempesona. Di Sini Anda akan melihat pesona keindahan Candi Borobudur. Namun tak hanya itu saja, di atas bukit dengan ketinggian 400 meter di atas permukaan laut ini Anda juga dapat menyaksikan keindahan matahari terbit. Waktu terbaik mengunjungi Punthuk Situmbu ini adalah sebelum pukul 05.00 pagi.  Untuk bisa masuk ke sini Anda harus mengunjungi Dusun Kerahan, Dusun Karangrejo, Magelang.

Taman Kyai Langgeng

Taman Kyai Langgeng

Taman Kyai Langgeng terletak di Jalan Cempaka No.6, Magelang. Taman dengan luas sekitar 27 hektar ini merupakan taman bunga terbesar yang ada di Kota Magelang. Selain dapat melihat beberapa jenis bunga, di sini Anda juga akan dapat melihat binatang. Hal ini dikarenakan taman ini memang memelihara beberapa tanaman langka dan hewan. Namun tak hanya itu saja, di Taman Kyai Langgeng juga dapat menikmati fasilitas lainnya, seperti becak air, rumah joglo, rumah apung dan masih banyak lagi.

Curug Silawe

Curug Silawe

Tempat wisata di Magelang berikutnya adalah Curug Silawe. Dinamakan Curug Silawe karena curug ini seakan-akan sama seperti lawe. Lawe dalam lawe dalam bahasa Jawa berarti sarang laba-laba. Air terjun yang memiliki ketinggian 60 meter ini berada di dusun Kopeng Kulon, Desa Sutopati, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang.

Air Terjun Sekar Langit

Air Terjun Sekar Langit

Meskipun memiliki ketinggian 25 meter, akan tetapi air terjun yang terletak di lereng gunung Telomoyo ini memiliki daya tarik tersendiri. Daya tarik dari air terjun ini adalah legenda Jakatarubnya. Konon katanya, di air terjun inilah Jakatarub mengintip dan mencuru selendang salah satu bidadari yang mandi di sana. Di balik certia tersebut, Air Terjun Sekar Langit memiliki keindahan yang sayang untuk dilewatkan.

Grojogan Kedung Kayang

Grojogan Kedung Kayang

Meskipun hampir sama seperti Air Terjun Sekar Langit dan Curug Silawe, akan tetapi grojogan Kedung Kayang pun memiliki daya tarik yang berbeda dan menarik. Air terjun yang memiliki ketinggian 40 meter ini terletak di Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang.

Nah itulah beberapa tempat wisata di Magelang paling menarik dan favorit yang dapat Anda kunjungi. Baca juga artikel terkait lainnya tempat wisata di Wonosobo paling sering dikunjungi.

Oke Google Kapan matahari terbit, tempat wisata magelang, wisata magelang, kyai langgeng park, wisata di magelang, wisata punthuk setumbu magelang, Oke Google club di Magelang, Oke Google sunrise di Magelang, tempat rekreasi magelang, tempat wisata alam di magelang