Tempat Wisata di Belitung yang Harus Dikunjungi Ketika Mudik ke Sana

Tempat wisata di Belitung memang  sering dikunjungi para wisatawan baik dalam maupun luar negeri. Keindahan provinsi ini dapat menghipnotis para wisatawan untuk selalu berkunjung. Jika Anda orang asli Belitung, maka jangan sampai ketinggalan. Anda pun harus lebih mengenal tanah kelahiran lebih baik jika dibandingan dengan para turis. Bagi Anda yang bekerja atau sekolah di luar provinsi Bangka Belitung, lebaran adalah salah satu momen yang harus Anda manfaatkan untuk mengenal Belitung.

Seperti yang kita ketahui saat ini para umat muslim sedang memasuki bulan Ramadhan. Setelah berpuasa selama satu bulan penuh, salah satu momen yang tidak akan terlupakan adalah ketika lebaran tiba. Biasanya banyak dari mereka yang akan mudik atau pulang ke kampung halaman masing-masing untuk bersilaturahmi dengan keluarga. Namun tak lengkap rasanya jika pulang ke kampung halaman tidak mencicipi makanan khas serta mengunjungi beberapa tempat wisata terkenal yang ada di sana.

Jika kemarin telah membahas mengenai beberapa tempat wisata di Medan yang perlu dikunjungi saat libur lebaran, kali ini akan membahas mengenai wisata Bangka Belitung yang cocok disambangi saat mudik lebaran. Tak hanya wisata pantai saja, setidaknya ada beberapa destinasi menarik di Belitung yang dapat membuat mudik Anda menjadi semakin seru dan menyenangkan. Apa saja tempat wisata tersebut? Berikut ulasannya.

Daftar Tempat Wisata di Belitung Paling Menarik dan Populer

Pesanggrahan Menumbing

Yang pertama adalah Pesanggrahan Menumbing. Pesanggrahan Menumbing merupakan salah satu rumah pengasingan yang terletak di Bukit Menumbing, dekat dengan Kota Muntok. Beberapa pemimpin RI yang pernah diasingkan ke rumah ini adalah Bung Karno, Bung Hatta, Komodor Surya Darma, Pringgodigdo, Assa’at, Moch Roem dan lainnya.

pesanggrahan menumbing

pesanggrahan menumbing

Di sini Anda bisa melihat sejumlah foto kenangan Bung Karno yang masih tertempel rapi di meja kerjanya. Perabotan yang ada di sini juga masih asli. Tak hanya itu saja, di sini Anda juga dapat melihat mobil BN 10 yang pernah digunakan oleh Bung Hatta.

Baca juga pantai di Belitung paling indah dan mempesona

Waroeng Kopi Ake

Jangan ngaku pecinta kopi jika belum mengunjungi tempat ngopi di Belitung yang satu ini. Waroeng Kopi Ake ini sudah buka sejak tahun 1921 yang lalu, maka jangan heran jika bagi orang Belitung minum kopi adalah suatu kewajiban yang tak boleh ditinggalkan. Meskipun termasuk kedai sederhana, warung kopi ini seringkali dikunjungi para wisatawan lokal.

Waroeng Kopi Ake

Waroeng Kopi Ake

Di sini, teh susu dan kopi susu adalah minuman favorit yang wajib Anda coba. Harganya pun cukup bersahabat yaitu tidak sampai Rp 10 ribu. Jika tertarik mengunjungi Waroeng Kopi Ake ini Anda bisa mengunjunginya di Jl KV Senang 57, Tanjungpandan.

Desa Namang

Selanjutnya adalah Anda bisa mengunjungi Desa Namang. Di Desa Namang ini Anda bisa mencicipi olahan jamur paling mahal se Indonesia yaitu jamur pelawan. Untuk satu kilogramnya biasanya jamur ini dijual dengan harga Rp 2 jutaan.

nasi bedulang

nasi bedulang

Namun Anda tak perlu mengeluarkan budget besar untuk mencicipi makanan yang satu ini. Di Desa Namang Anda bisa mencicipi  nasi bedulang lengkap dengan jamur pelawan dan 6 lauk dengan harga Rp 300 ribuan saja. Nasi bedulang tersebut dapat Anda nikmati untuk 4 hingga 5 orang.

Masjid Jami’ Muntok

Masjid Jami’ Muntok

Masjid Jami’ Muntok

Tempat wisata di Belitung selanjutnya adalah Masjid Jami’ Muntok. Tahukah Anda bahwa mayoritas penduduk di Pulau Bangka adalah keturunan Tionghoa? Meskipun begitu, keharmonisan antara umat bergama masih kental dan tertanam sejak dulu. Buktinya yaitu masjid klenteng tua di Kota Muntol terletak bersebelahan sejak awal dibangun.

Kedua  tempat ibadah ini terletak di Jalan Imam Bonjol No. 1, Kampung Tanjung, Kota Muntok. Meskipun usianya sudah cukup tua, namun kedua bangunan ini masih berdiri kokoh.

Pulau Lengkuas

Siapa yang tidak mengetahui Pulau Lengkuas? Pulau yang terletak di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung ini juga sering dikunjungi para wisatawan. Jika dibandingkan dengan wisata bahari lainnya, Pulau Lengkuas memiliki ciri khas tersendiri yaitu adanya mercusuar yang berusia raturan tinggi dengan ketinggian hingga 50 meter.

Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas

Di mercusuar tersebut Anda bisa melihat pemandangan indah di sekitar Pulau Lengkuas. Mercuar tersebut merupakan peninggalan Belanda yang dibangun pada tahun 1882 yang lalu.

Batu Balai

Jika di Padang ada legenda Malin Kundang, di Bangka pun memiliki legenda yang serupa. Legenda Batu Balai ini juga menceritakan seorang anak yang durhaka terhadap ibunya. Batu Balai sendiri merupakan batu granit raksasa yang terletak di Desa Sir Putih, Kecamatan Sungai Daeng, Pula Bangka.

Batu Balai

Batu Balai

Batu granit berukuran 8 x 6 meter dengan tinggi 5 meter ini disebut sebut mitip sekali seperti kapal. Dan konon katanya batu tersebut merupakan penjelmaan dari kapal Dempu Awang, nama si anak durhaka terebut.

Demikianlah ulasan mengenai tempat wisata di Belitung yang harus dikunjungi ketika mudik ke sana.

kedai kopi sederhana, foro ngopi desa, jamur yang paling mahal