Tempat Wisata di Batam Paling Populer

Saat memiliki waktu luang ataupun pada saat akhir pekan, berlibur adalah salah satu rencana terbaik untuk melespaskan penat setelah melakukan aktivitas seperti bekerja, kuliah ataupun sekolah. Salah satu obyek wisata di Indonesia yang patut dikunjungi adalah tempat wisata di Batam. Letaknya yang strategis, yaitu berada di tengah-tengah di jalur pelayaran serta dekat dengan negara tetangga, yaitu Singapura dan Malaysia membuat Batam sering dikunjungi oleh para wisatawan baik dalam maupun luar negeri. Lantas apa saja wisata yang ada di sana? Berikut ulasannya.

Obyek wisata di Batam paling terkenal

Jembatan Barelang

Tempat Wisata di Batam

Tak lengkap rasanya pergi ke Batam jika belum mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Ya, Jembatan Barelang merupakan sebuah ikon dari kota Batam itu sendiri. Tak hanya menghubungkan satu pulau, jembatan yang dibangun dengan tujuan untuk memajukan perindustrian ini dihubungkan dengan beberapa pulau terdekat. Jembatan yang dibangun pada tahun 1992 ini, juga sering disebut dengan jembatan Habibie, karena beliaulah yang merencakan pembangunannya.

Ocarina Park

Ocarina Park

Jika di Jakarta terdapat Ancol, maka di Batam  memiliki Ocarina Park. Meskipun tidak seluas dan tidak selengkap seperti wahana yang ada di sana, akan tetapi di Ocarina Park Anda pun dapat bermain dengan wahana yang ada di sana. Tempat wisata yang menempati lahan kurang lebih 40 hektar ini sangat cocok dikunjungi untuk anak-anak ataupun dewasa. Tempat ini juga sering digunakan untuk acara besar seperti konser musik.

Pantai Marina

Pantai Marina

Pantai Marina merupakan tempat wisata di Batam selanjutnya yang sering dikunjungi para wisatawan. Pantai yang terletak di sebelah barat Pulau Batam ini memiliki pemandangan yang sangat indah serta dilengkapi dengan taman hijau yang cocok untuk bermain anak-anak atupun bersantai. Jika Anda tidak sempat membawa bekal dari rumah, jangan khawatir karena di sana banyak penjual makanan. Untuk masuk ke tempat wisata ini pun sangat terjangkau, yaitu Rp 3.000 untuk anak-anak dan Rp 6.000 untuk dewasa.

Pantai Melur

Pantai Melur

Airnya yang jernih dan pasirnya yang putih membuat Pantai Melur sangat terkenal dikalangan para wisatawan. Tak hanya itu saja, pantai ini juga dikelilingi oleh pepohonan hijau yang rindang dan menyejukkan mata. Selain berenang, di sini Anda bisa bersantai di bibir pantai ataupun  beristirahat di tikar yang  sudah disediakan.

Batam City Square

Batam City Square

Bagi Anda yang memiliki hobi berbelanja, tak ada salahnya untuk mengunjungi pusat perbelanjaan yang terletak di Jalan Bunga Raya ini. Selain berbelanja,  di sini Anda juga dapat berekreasi serta mencari kesenangan dalam satu tempat sekaligus. Maka jangan heran jika bangunan yang memiliki 6 tingkat ini juga sangat sering dikunjungi para wisatawan.

Pantai Melayu

Pantai Melayu

Tempat wisata di Batam selanjutnya adalah Pantai Melayu. Ombaknya yang tenang dan  suasana pantai yang teduh membuat Pantai Melayu cocok digunakan untuk piknik bersama keluarga ataupun pasangan. Tak hanya itu saja, ombaknya yang tenang membuat pantai ini aman digunakan untuk berenang dan juga bermain banana boat. Untuk bisa sampai ke Pantai Melayu para pengunjung harus membayar tiket masuk seharga Rp 5.000 saja.

Pantai Nongsa

Pantai Nongsa

Selain Pantai Melayu, di Batam juga terdapat Pantai Nongsa. Nongsa sendiri merupakan sebuah kecamatan yang ada di Batam. Anda memerlukan waktu sekitar 10 menit dari bandara untuk sampai ke tempat wisata ini. Pantai Nongsa sendiri memiliki pasir putih yang luas dan ombaknya yang kecil. Yang menarik dari Pantai Nongsa adalah di pinggir pantai ini Anda bisa melihat indahnya kota Singapura terutama pada malam hari.

Pantai Tanjung Bemban

Pantai Tanjung Bemban

Pantai Tanjung Bemban mulai dikelola menjadi tempat wisata sejak tahun 2010 yang lalu. Saat ini Pantai Tanjung Bemban sendiri telah menjadi salah satu icon wisata bahari yang ada di Batam. Selain dapat menikmati pemandangan yang menarik, di sini Anda juga dapat melihat kapal-kapal besat yang lalu lalang menuju negara tetangga, yaitu Singapura. Jika sudah sampai ke sini jangan lupa untuk mencicipi hidangan laut yang ada di pinggir pantai.

Kampung Vietnam

Kampung Vietnam

Diberi nama Kampung Vietnam karena pada zaman dahulu kawasan ini merupakan tempat tinggal dari para pengungsi Vietnam. Hingga saat ini, Kampung Vietnam yang terletak di Pulau Galang ini sudah tak berpenghuni. Ini karena pemerintah Indonesia sudah memulangkan mereka ke kampung halamannya. Meksipun sudah tak berpenghuni, akan tetapi Kampung Vietnam ini sangat menarik untuk dikunjungi. Di sana Anda bisa melihat berbagai macam barang peninggalan para pengungsi yang menarik.

Bukit Senyum

Bukit Senyum

Waktu terbaik untuk mengunjungi Bukit Senyum adalah pada malam hari. Karena Anda bisa melihat keindahan kota Singapura dan juga pesawat yang datang dan pergi dari bandara Changi.

Nah itulah  beberapa tempat wisata di Batam paling populer. Baca juga artikel lainnya tempat wisata di Medan paling terkenal.

hutan lebaran di batam nongsa, hutan pinus batam