Pesona Wisata Gunung Bromo

Gunung Bromo merupakan salah satu tempat wisata di Jawa Timur yang sudah terkenal di kalangan wisatawan domestik ataupun mancanegara. Banyak para wisatawan yang ke sini untuk menikmati keindahan alamnya.  Gunung Bromo sendiri adalah salah satu bagian yang membentuk Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Gunung yang masih aktif ini dikelilingi oleh lautan pasir seluas 10 km2 dan secara administratifnya gunung ini terletak di Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Lumajang dan juga Kabupaten Malang.

wisata gunung bromo

Inilah pesona wisata Gunung Bromo

Dengan ketinggian gunung 2.392 meter di atas permukaan laut, tentu saja ini dapat memanjakan mata Anda. di puncak Bromo, Anda bisa melihat pemandangan matahari terbenam yang sangat indah. Jika dibandingkan dengan daerah lain. Pemandangan matahari terbenam di Bromo adalah salah satu yang terindah. Tak hanya indah, pemandangan matahari terbenam di Gunung Bromo juga merupakan hal yang paling memikat di Indonesia.

Bagi Anda yang ingin mengunjungi salah satu tempat wisata di Malang ini pastikan Anda telah menyiapkan segala macam sesuatunya, mulai dari bekal ataupun pakaian hangat, seperti jaket, sepatu sarung tangan dan lainnya. Hal ini dikarenakan suhu puncak Gunung Bromo dapat berkisar antara 2 derajat hingga 20 derajat celsius. Tentu saja suhu tersebut sangatlah dingin. Namun meskipun begitu, hal inilah yang menjadi keunikan dan daya tarik tersendiri dari tempat wisata yang satu ini.

Jika tertarik mengunjunginya, bulan terbaik untuk wisata ke gunung Bromo antara lain pada bulan Juni hingga Oktober. Pada bulan tersebut adalah musim kemarau pada Gunung Bromo. Sehingga Anda bisa bereksplorasi dan melakukan perjalanan wisata di sana dengan tenang, aman, nyaman dan tentunya lebih leluasa. Dan pastinya wisata yang satu ini akan ramai dikunjungi wisatawan lokal ataupun luar negeri.

Bagi para pecinta alam, Wisata Gunung Bromo merupakan salah satu agenda yang tidak boleh dilewatkan. Mengapa demikian? Karena jika Anda telah tiba di puncak Gunung Bromo, tak hanya dapat menyaksikan keindahan alam dari ketinggian 2.392 meter diatas permukaan laut saja, di sana Anda juga akan menyaksikan kawah yang berdiameter 600 m. Hal inilah yang merupakan daya tarik Gunung Bromo itu sendiri.

Hampara pasir yang ada di Gunung Bromo juga akan terlihat seperti gurun yang sangat indah dan mengagumkan. Ketika matahari akan mulai terbenam, di tempat wisata ini Anda akan bisa melihat lautan pasir yang memiliki warna jingga dan menawan.

Setelah puas melihat keindahan alam di puncak Gunung Bromo. Wisata di Gunung Bromo lainnya juga menawarkan kegiatan lainnya seperti berkuda di hamparan pasir yang ada di sana. Jika tidak suka berkuda, jangan khawatir, Anda bisa menyewa jeep untuk mengunjungi beberapa tempat wisata yang ada di sana. Ketika menyewa jeep tersebut, Anda akan ditawari beberapa pilihan rute. Semakin banyak rute yang Anda ambil, tentu saja semakin banyak pula biaya yang harus dikeluarkan.

Selain itu, di Bromo juga terdapat masyarakat dari suku Tengger yang mendiami kawasan wisata yang satu ini. Saat berlangsung Kasodo Festival Anda akan bisa melihat tontonan menarik yang ada di sana. Kasodo Festival sendiri merupakan acara untuk memohon berkat dari Yang Maha Kuasa agar panen dapat berlimpah dan terhindar dari bencana serta penyakit.

Transportasi dari atau ke Wisata Gunung Bromo

Untuk bisa sampai ke Gunung Bromo, Anda harus tiba di Bandara Juanda Surabaya, Jawa Timur, jika menggunakan trasportasi udara. Dari bandara tersebut Anda bisa memesan kendaraan yang akan mengantarkan ke tempat wisata ini. Anda membutuhkan waktu sekitar 2 hingga jam untuk sampai ke Gunung Bromo. Rute yang dapat ditempuh adalah Surabaya – Pasuruan – Wonokitri – Gunung Bromo.

Akan tetapi jika Anda dari Probolinggo dengan menggunakan angkutan umum, Anda bisa menggunakan bus dari Surabaya atau kota lainnya dan turun di terminal kota Probolinggo. Sesampainya di Probolinggo, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan baik Elf menuju ke Cemorolawang.

Umumnya ada tiga pintu masuk untuk menuju ke Gunung Bromo, yaitu Desa Ngadas, jika Anda mengambil rute dari Malang, Desa Cemorolawang, jika Anda mengambil rute Probolinggo dan Desa Burno, jika Anda mengambil rute lewat Lumajang.

Jika Anda berasal dari luar Kota, Anda pun jangan khawatir,  kawasan wisata di Gunung Bromo juga menyediakan fasilitas penginapan, restoran dan kios-kios souvenir. Penginapan murah ini terletak di lereng kawah, yaitu di Cemorolawang. Selain nyaman, harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau.

Jika Anda memiliki waktu yang lebih fleksibel, Anda bisa memesan hotel atau gueshouse yang ada di Pasuruan, Malang ataupun Pasuruan. Kota-kota tersebut juga memiliki jarak tempuh yang dekat dengan wisata Gunung Bromo.

Baca juga artikel lainnya tempat wisaya di Surabaya paling menarik dan terkenal.

gunung Bromo, Oke Google Gunung Bromo, OK Google gambar gunung, Halo Google Gunung Bromo, OK Google gunung, OK Google Bromo, OK Google Gunung Bromo, OK Google carikan gambaran gunung, pemandangan bunga adelwis digunung semeru, OK Google Dimana daerah