Pesona Wisata Alam Kalibiru Yogyakarta

Tak hanya terkenal dengan makanan khas, Yogyakarta juga memiliki wisata alam yang sangat indah dan sayang untuk dilewatkan. Ketika berkunjung ke Yogyakarta jangan hanya berlibur di Gunung Kidul saja, cobalah untuk mengunjungi wisata alam Kalibiru yang ada di Yogyakarta. Selain Malioboro dan pantai-pantai di Gunung Kidul, Kalibiru merupakan salah satu tempat wisata yang saat ini ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Pemandangan alam yang indah dan mempesona merupakan daya tarik sendiri dari tempat wisata yang satu ini.

wisata alam kalibiru

Inilah pesona wisata alam Kalibiru di Yogyakarta

Sekilas tentang Kalibiru

Kalibiru adalah salah satu tempat wisata di Kulon Progo yang dulunya merupakan sebuah desa yang tandus karena aksi pembakaran hutan. Akan tetapi berkat usaha para penduduk untuk menghutankan desa, Wisata Kalibiru saat  ini digunakan sebagai tempat wisata yang dapat meningkatkan perekonomian dan menjadi sumber penghidupan bagi warga sekitar

Wisata ini terletak di sebelah barat Kota Yogyakarta, tepatnya di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogro. Untuk dapat ke sini, Anda harus menempuh jarak sekitar 40 km dari kota Yogyakarta atau hanya berjarak sekitar 10 km dari Kota Wates, Ibukota Kulonprogo. Lokasi dari Kalibiru juga tidak jauh dari obyek wisata Waduk Sermo. Waduk Sermo sendiri merupakan salah satu tempat wisata andalan kota Kulonprogo. Untuk dapat menikmati keindahan alam waduk tersebut  pada umumnya ada beberapa cara, salah satunya  adalah menikmatinya dengan mengunjungi wisata alam Kalibiru itu sendiri.

Jalan-jalan ke wisata alam Kaliburu Yogyakarta

Sesampainya di Kalibiru, Anda  harus membayar tiket masuk sekitar Rp 5.000 per orang.  Anda juga akan disambut dengan udara dingin yang sangat menyegarkan serta alam yang tenang dan tentram. Jika Anda menyukai ketenangan, tempat wisata yang satu ini sangat cocok bagi Anda.  Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi Kalibiru adalah sore hari, saat matahari akan terbenam.  Tentu saja pemandangan tersebut akan menjadi pengalaman tersendiri bagi Anda.

Untuk melihat pemandangan yang sangat indah dan mempesona Anda bisa memanjat pohon pinus yang ada di sana, jangan khawatir karena pohon pinus yang terletak di pinggir jurang tersebut telah terpasang tangga gantung dan papan kayu duduk bersantai.

Di sana juga seorang penjaga yang akan membantu para pengunjung untuk naik dan turun tempat tersebut demi menjaga kenyamanan dan keselamatan para pengunjung. Jika ingin berfoto di sana Anda pun diharuskan membayar biaya tambahan sekitar Rp 10.000. Dengan ketinggian 450 meter diatas permukaan laut, pastinya hasil foto yang didapatkan sangatlah indah. Meski terbilang murah, keindahan wisata Kalibiru tidak lagi diragukan oleh para wisatawan yang mengunjungi tempat wisata ini.

Di Kalibiru sendiri terdapat tiga spot foto di atas pohon yang berlatar belakang Perbukitan Menoreh dan Waduk Sermo yang patut untuk dicoba. Foto yang diambil nantinya akan ditransfer melalui gadget melalui kabel data ataupun melalui memori card. Sama seperti tempat wisata di Jogja lainnya, wisata alam Kalibiru juga memiliki fasilitas yang tidak kalah lengkap, seperti area parkir yang luas, warung makanan, WC umum, homestay, camping ground dan juga fasilitas outbond.

Tips Berwisata ke Kalibiru Kulonprogo

Transportasi ke Kalibiru

Jika Anda berada di pusat Kota Yogyakarta, perjalanan untuk menuju ke tempat wisata yang satu ini tidak terlalu jauh. Yaitu tidak lebih dari 1 jam jika arus lalulintas lancar. Jika berwisata bersama keluarga, Anda bisa menyewa mobil agar lebih aman dan nyaman. Untuk sewa mobilnya pun cukup terjangkau, yaitu 300 hingga 500 ribu rupiah tergantung dari jenis mobilnya. Jika memilih menggunakan motor, pastikan rem kendaraan dapat berfungsi dengan baik. Hal ini dikarenakan medan untuk menuju wisata Kalibiru cukup menantang.

wisata alam kalibiru

Akses menuju ke Kalibiru

Umumnya ada beberapa rute yang dapat ditempuh. Jika dari pusat Kota Jogka, Anda bisa memilih rute perjalanan dari Yogyakarta – Wates – Waduk Sermo atau Yogyakarta – Sentolo – Waduk Sermo.

Tak hanya itu saja akses menuju ke wisata Kalibiru, Anda juga bisa memilih rute alternatif dari arah Clereng. Dengan rute perjalanan yaitu Yogyakarta – Sentolo – Clereng – Kalibiru. Akan tetapi rute yang satu ini lebih jauh jika dibandingkan dengan rute yang pertama.

Waktu yang tepat mengunjungi Wisata Alam Kalibiru

Umumnya waktu terbaik mengunjungi Kalibiru adalah pada musim penghujan terutama di pagi dan sore hari. Ini karena pada saat musim hijan pemandangannya akan tampak hijau. Namun meskipun begitu, sebaiknya Anda mengunjungi tempat wisata ini ketika cuaca sedang cerah.

Untuk perlengkapan mengunjungi Kalibiru pun harus diperhatikan. Pilihlah pakaian yang nyaman seperti kaos dan celana. Bagi wanita sebaiknya hindari menggunakan rok atau dress. Karena untuk menikmati pemandangan alam di Kalibiru Anda harus naik ke spot foto yang ada di sana.

wisata alam jogja, kali biru, kalibiru, foto alam, wisata alam kalibiru, kali biru jogja, kalibiru yogyakarta, wisata alam gunung kidul, pesona kalibiru, gambar alam