Pesona Wisata Air Terjun Sri Gethuk Yogyakarta

Hingga saat ini Air Terjun Sri Gethuk menjadi salah satu wisata alam yang  terletak di daerah Gunung Kidul tepatnya di Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Air terjun yang satu ini disebut-sebut mirip seperti salah satu tempat wisata yang ada di Amerika Serikat yang sangat terkenal, yaitu Grand Canyon Arizona.

air terjun sri gethuk

Selama ini, Gunung Kidul, Yogyakarta sangat identik dengan wisata pantai serta gugusan bukit kapur yang gersang dan tandus. Beberapa pantai di Gunung Kidul yang biasa dikunjungi para wisatawan adalah Pantai Indrayanti, Pantai Ngobaran, Pantai Krakal, Pantai Kukup  dan masih banyak lagi. Namin tak hanya wisata pantai saja yang bisa Anda nikmati ketika berlibur ke Gunung Kidul, Anda juga bisa mengunjungi air terjun yang menarik dan melegenda yang ada di sana, yaitu Air Terjun Sri Gethuk.

Air terjun ini merupakan air terjun yang menarik dan memiliki daya tarik tersendiri. Anda harus menaiki kendaraan dan melintasi hutan kayu putih milik Perhutani untuk sampai ke sini. Ketika melintasi hutan, pastinya Anda akan menemukan pengalaman baru yang menyenangkan serta pemandangan alam yang menarik.

Bagi Anda pecinta alam, tidak ada salahnya untuk mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Hal ini dikarenakan air terjun ini memiliki keunikan dan keindahan alam yang sayang untuk dilewatkan. Untuk menuju ke air terjun ini pun sangat mudah yaitu Anda harus menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam dari pusat kota Jogja.  Untuk dapat ke sana Anda harus memilih jalur yang ada. Jalur yang pertama yaitu menyusuri jalan setapak yang ada di sana. Sedangkan jalur yang kedua dapat dibilang cukup ekstrim yaitu Anda harus melintasi derasnya arus Sungai Oyo dengan menggunakan rakit sederhana yang terbuat dari drum bekas dan papan.

Perahu untuk menuju ke Air Terju Sri Gethuk

Namun meskipun begitu, sesampainya di sana Anda akan disuguhi pemandangan air terjun dengan ketinggian 25 meter  serta bebatuan alami yang ada di sana juga menambah pesona keindahan dari air terjun ini.

Mitos di Air Terjun Yogyakarta

Tak hanya terkenal dengan keindahan alamnya, air terjun ini juga terkenal dengan cerita mitos yang melegenda hingga saat ini. Menurut kisah lokal, air terjun ini adalah sebuah tempat khusus yang digunakan untuk menyimpan kethuk. Kethuk sendiri adalah alat musik atau gamelan yang dimiliki oleh Jin Anggo Meduro. Asal nama dari air terjun ini adalah nama yang diambil dari nama alat musik tersebut. Dan biasanya pada saat tertentu masyarakat juga sering mendengar alunan  suara-suara gamelan. Namun meskipun begitu, tetap saja tidak  menyurutkan niat masyarakat untuk mengunjungi salah satu tempat wisata di Gunung Kidul, Yogyakarta ini.

Keindahan Air Terjun Sri Gethuk

Setelah beberapa menit menikmati pemandangan alam sekitar Sungai Oyo, sesampainya di air terjun ini Anda pun akan dimanjakan dengan bebatuan alami yang indah  di bawah air terjun. Tak hanya itu saja setibanya dilokasi, Anda juga akan mendengar gemuruh air terjun.

Ketika beruntung, Anda pun akan dapat menyaksikan pelangi yang sangat indah di sekitar air terjun ini. Akan tetapi air terjun tersebut dapat dinikmati pada saat musim penghujan. Setelah puas bermain air, Anda pun bisa menghilangkan lapar dan dahaga di warung-warung yang ada di sana. Di sana Anda juga akan mendapati makan khas Jogja, seperti tiwul dan juga gathot.

Pemandangan alam yang ada di sekitar air terjun ini sungguhlah indah dan mempesona. Lokasinya pun akan terasa sejuk karena tempatnya yang sangat asri. Satwa-satwa liar yang ada di air terjun ini pun akan menambah daya tarik dari keindahan tempat wisata yang satu ini.

Namun yang disayangkan adalah kawasan wisata ini belum dikelola dengan baik tak seperti tempat wisata di Jogja lainnya. Padahal jika dikelola dengan baik dan diberikan fasilitas yang memadai, air terjun di Jogja ini memiliki potensi besar menjadi destinasi wisata terbaik di Yogyakarta.

Rute perjalanan menuju ke Air Terjun Sri Gethuk

Bagi Anda yang belum pernah ke sini sebelumnya tentu saja harus mengetahui beberapa rute agar tidak tersesat. Jika Anda memulai perjalanan dari pusat kota Yogyakarta, Anda bisa mengambil arah ke daerah Wonosari dan ikuti jalan tersebut hingga sampai ke pertigaan Gading. Sesampainya di sana ikutilah petunjuk arah hingga tiba di daerah Playen.

Setelah tiba di daerah Playen Anda bisa membaca papan petunjuk untuk menuju ke air terjun ini. Pastikan Anda memilih arah dan jalan beraspal. Meskipun sedikit jauh, akan tetapi tentunya ini akan lebih sedikit mudah dan tidak membutuhkan tenanga ekstra. Jika melalui jalan off road, jalannya lumayan buruk dan berbatu.

Baca juga artikel terkait lainnya tempat wisata di Jogja paling terkenal dan populer.

air terjun sri gethuk, air terjun terbaik di jogja, Oke Google Air Terjun Sri Gethuk, Oke Google lokasi Pantai Sri Gethuk, wisata air terjun wonosari