Pantai Plengkung Banyuwangi, Tujuan Utama Para Surfer Dunia

Bagi Anda yang sangat menyukai olahraga air khususnya selancar, mengungjungi Pantai Plengkung Banyuwangi adalah salah satu hal yang paling tepat untuk di coba. Hal ini dikarenakan pantai yang dikenal dengan nama G-Land ini memiliki ombak yang yang sangat tinggi dan juga besar. Pantai yang berada di dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo ini terletak di sebelah tenggara Pulau Jawa yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Maka jangan heran salah satu pantai di Jawa Timur ini memiliki pesona alam pantai yang sangat indah.

Pantai Plengkung Banyuwangi

Pesona wisata Pantai Plengkung di Banyuwangi

Kegiatan menarik yang dapat dilakukan di Pantai Plengkung

Para wisatawan yang mengunjungi pantai ini umumnya melakukan kegiatan berselancar. Para peselancar tersebut sebagian besar datang dari Bali karena lokasi Pantai Plengkung ini juga dapat diakses dari Pantai Kuta Bali dengan menggunakan speed boat.

Namun bagi yang tidak ingin berselancar, di sini Anda juga bisa menikmati pemandangan pantai yang sangat indah. Hamparan pasir putih dan air laut yang jernih dan biri tentu saja dapat membuat diri lebih tenang. Jika beruntung, di pantai ini Anda juga bisa menonton aksi para sufer yang sedang berselancar. Pantai Plengkung juga menyediakan fasilitas rumah panggung untuk pononton yang ingin menonton aksi tersebut.

Ombak di Pantai Plengkung Banyuwangi

Ombak di Pantai Plengkung membuat ombak di pantai ini masuk dalam jajaran “The Seven Giant Wves Wonder”. Ketinggian ombak di pantai ini yaitu 4 hingga 6 meter. Maka jangan heran jika Pantai Plengkung merupakan salah satu pantai di Jawa Timur yang dikenal para sufer Internasional. Waktu yang tepat untuk berselancar di pantai ini yaitu pada bulan April hingga Agustus. Karena pada bulan tersebut ombak di pantai ini dapat mencapai puncak tertinggi.

Diantara waktu tersebut, ombak yang paling besar biasanya muncul pada bulan Juni, Juli serta November. Pada saat bulan-bulan tersebut pantai ini akan ramai dikunjungi oleh para peselancar. Bagi para suffer pemula mereka juga dapat bermain selancar di sekitaran Pantai Plengkung. Namun untuk lebih amannya, Anda juga bisa mengunjungi Pantai Pulau Merah Banyuwangi. Pantai tersebut memiliki ombak yang tidak terlalu besar dengan dasar laut yang tidak banyak batu karang.

Rute atau jalur menuju ke Pantai Plengkung

Dari Banyuwangi menuju ke Pantai Plengkung dapat ditempuh dengan dua rute. Yang pertama yaitu dari Banyuwangi menuju ke Kalipahit lalu ke Pasar Anyar dan akhirnya sampai ke Pancur. Setelah itu Anda harus naik kendaraan 4 wheels drive karena jalannya yang tidak mulus. Untuk bisa sampai ke sana perjalanan ini membutuhkan wajtu sekitar 1,5 hingga 2 jam. Yang kedua adalah melalui jalur darat dan laut. dari Banyuwangi Anda harus menuju ke Benculuk. Sesampainya di sana Anda harus menuju ke Grajagan dan selanjutnya menyewa speed boat menuju ke Pantai Plengkung Banyuwangi.

Tips Surfing untuk Pemula Paling Lengkap

Seperti yang kita ketahui selain snorkeling dan diving, surfing merupakan salah satu olahraga air yang peminatnya cukup banyak. Akan tetapi jika dibandingkan dengan olahraga lainnya, olahraga yang satu ini memiliki risiko yang cukup tinggi. Oleh karena itu, seseorang yang ingin melakukan surfing sebaiknya ia mengetahui dasar-dasar untuk melakukan kegiatan yang satu ini. Untuk lebih jelasnya,  berikut adalah tips surfing untuk pemula.

Pilih penyedia jasa latihan surfing terpercaya

Tips yang pertama adalah pilihlah jasa latihan surfing yang terpercaya. Belajar surfing sebaiknya jangan secara otodidak. Mengingat besarnya risiko ketika melakukan olahraga ini, sebaiknya Anda didampingi dengan instruktur surfing yang ahli. Pastikan Anda memilih jasa surfing yang terpercaya dengan instruktur yang handal.

surfing di Pantai Plengkung Banyuwangi

Pahami penjelasan instruktur

Yang kedua adalah pahami penjelasan instruktur. Sebelum praktek secara langsung, pelatih yang Anda sewa pastinya akan menjelaskan beberapa teori dan teknik dasar mengenai olahraga yang satu ini. Mulai dari bagaimana cara menentukan titik keseimbangan di papan selancar serta beberapa gerakan pemanasan sebelum surfing.

Mulai praktek

Jika Anda masih belum bisa dan berani untuk praktek secara langsung di laut lepas, Anda bisa mempraktekkannya di pinggir pantai. Pada saat praktek di pinggir pantai ini para pelatih biasanya akan mengajarkan bagaimana cara mengendarai papan selancar dengan benar dan bagaimana cara menuju ke laut untuk mencari ombak. Tak hanya itu saja, pelatih biasanya juga akan mengajarkan bagaimana cara bangkit dari posisi tengkurap ke posisi berdiri di atas papan selancar.

Tetap tenang

Setelah mengetahui dasar-dasar dari surfing, cobalah untuk mempraktekkannya di laut lepas. Pastikan Anda tetap tenang dan jangan panik agar keseimbangan tetap terjaga. Jangan berdiri terlalu tegak  di atas papan karena dapat membuat Anda mudah terjatuh. Posisi yang benar adalah sedikit bungkuk atau merendah dan pastikan mata tetap menuju ke depan.

Nah itulah sekilas tentang Pantai Plengkung Banyuwangi lengkap dengan tips surfing untuk pemula.

Baca juga tempat wisata di Banyuwangi paling menarik dan populer

pantai plengkung, traveling di jawa, surfing dipantai