Mudik ke Semarang? Jangan Lupa Cicipi Makanan Khas Semarang Berikut Ini

Makanan khas Semarang memang memiliki citarasa tersendiri jika dibandingkan dengan makanan khas daerah lain yang ada di Indonesia. Citarasa itulah yang membuat para pecinta kuliner tidak bosan-bosan mencicipinya ketika berada di Semarang. Bagi Anda yang masih bingung dengan kuliner khas Semarang, artikel kali ini akan menjelaskan mengenai hal tersebut.

Tak hanya terkenal dengan destinasi wisata Semarang saja, ibu kota Jawa Tengah ini juga memiliki wisata kuliner yang akan menggoyang lidah seseorang yang menikmatinya. Tak hanya wisatawan saja, warga Semarang pun jangan mau ketinggalan untuk mencicipinya terutama bagi Anda yang tidak berada di kota lumpia tersebut. Mudik atau pulang kampung adalah salah satu momen yang dapat dimanfaatkan untuk mencicipi wisata kuliner di Semarang.

Seperti yang kita ketahui saat ini para umat muslim sedang menjalankan ibadah puasa. Setelah ibadah puasa berakhir, banyak orang yang akan mudik atau pulang kampung untuk merayakan hari lebaran bersama keluarga. Nah bagi Anda yang akan mudik ke Semarang jangan melewatkan kesempatan yang satu ini.

Di Semarang sendiri, ada beberapa daerah yang menjual  oleh-oleh khas Semarang, salah satunya yaitu di Jalan Pandanaran. Namun tak hanya itu saja, tidak menutup kemungkinan jika di daerah lain ada pula yang menjajakan makanan khas kota lumpia ini. Daripada penasaran, simak ulasan berikut ini.

Inilah Makanan Khas Semarang Paling Enak yang Wajib di Coba

Lumpia

Lumpia memang sudah menjadi ikon dari Kota Semarang. Ya, Semarang memiliki nama lain yaitu Kota Lumpia. Hal ini dikarenakan lumpia merupakan salah satu makanan khas dari Semarang yang paling diburu para wisatawan. Jika dibandingkan dengan lumpia lainnya, lumpia khas Semarang memang memiliki kelezatan tersendiri, makanan ini merupakan perpaduan antara rasa Indonesia dan Tionghoa.lumpia  makanan khas Semarang

Jika tertarik mencobanya, tidak sulit untuk mencari jajanan khas Semarang yang satu ini. Anda bisa membeli lumpia di sekitar Jalan Pandanaran, Simpang Lima hingga di Jalan Pemuda. Menambahkan cabai dan acar asam ketika makan lumpia dapat membuatnya lebih lezat dan nikmat.

Baca juga ingin liburan saat puasa? Perhatikan tips wisata saat puasa ini

Tahu Gimbal

Jangan ngaku pernah ke Semarang jika belum mencoba tahu gimbal. Pernyataan itu memang seringkali dilontarkan untuk semua orang yang belum mencoba tahu gimbal meskipun sudah sekian lama di Semarang. Sama seperti lumpia, tahu gimbal juga sangat mudah untuk menemukannya. Karena ada banyak sekali warung-warung tenda pinggir jalan yang menjual makanan ini.Tahu Gimbal

Keistimewaan tahu gimbal adalah adanya gimbal pada makanan ini. Tak hanya gimbal saja, makanan ini juga memiliki campuran seperti irisan kol, tahu goreng, tomat, telur dan siraman sambal kacang. Untuk harga seporsinya pun sangat terjangkau yaitu sekitar Rp 10 ribu saja. Tahu gimbal juga dapat dikonsumsi ketika buka puasa , tak hanya enak makanan ini juga sangat mengenyangkan.

Es Conglik

Bosan buka puasa dengan kolak, es buah dan minuman yang itu-itu saja? Jika iya, cobalah minuman khas Semarang es conglik. Es conglik memiliki sepulh citarasa segar yang dapat membuat buka puasa Anda lebih nikmat.Es Conglik

Beberapa rasa pada es ini antara lain alpukat, durian, sirsak, cokelat, kelengkeng, kacang ijo, leci, blewah dan kopyor. Meskipun memiliki beberapa varian rasa namun es ini memiliki harga yang cukup terjangkau yaitu sekitar Rp 10 ribu saja untuk seporsinya.

Babat Gongso

Makanan khas Semarang selanjutnya adalah babat gongso. Bagi Anda pecinta babat, jangan lupa mencicipi makanan yang satu ini. Tak hanya nasi goreng babat saja, Anda juga bisa mencicipi babat gongso yang memiliki citarasa pedas manis ini.Babat Gongso

Babat gongso sendiri merupakan potongan babat dan jeroan lainnya yang dimasak dengan bumbu kecap yang kental. Harga satu porsinya memang cukup mahal yaitu Rp 25 ribu. Namun rasa dari babat gongso ini tidak akan pernah Anda lupakan.

Bandeng Presto

Sebenarnya bandeng presto merupakan salah satu makanan khas Pati, tepatnya di daerah Juwana. Namun bagi Anda yang tidak sempat ke Juwana, Anda bisa membelinya di Semarang. Di Semarang ada banyak sekali toko bandeng presto dan salah satu yang terkenal adalah di Jalan Pandanaran.Bandeng Presto

Bandeng presto merupakan oleh-oleh favorit para wisatawan, sebab makanan ini dapat awet selama berminggu-minggu jika disimpan di dalam kulkas. Bandeng presto sangatlah nikmat jika disantap dengan sambal khusus dan nasi hangat.

Tahu Pong

Setelah buka puasa butuh cemilan? Tahu pong pilihannya. Tahu pong adalah tahu yang digoreng garing dan gurih. Ketika digigit, tahu ini kosong dan tidak berisi apapun (kopong). Sehingga tahu ini dinamakan tahu pong Tahu pong yang terkenal adalah yang ada di Jalan Gajah Mada tepatnya sebrang Gereja Bethel.

Tahu Pong

Baca juga inilah tempat liburan murah yang ramai dikunjungi saat libur lebaran

Nah itulah beberapa makanan khas Semarang yang dapat Anda coba ketika mudik ke kota lumpia ini.

Makanan khas cikarang, cemilan cikarang