Menikmati Keindahan dari Pulau Lengkuas Belitung

Hampir setiap orang pastinya menyukai rekreasi. Seperti yang kita ketahui ada banyak sekali jenis wisata yang dapat dilakukan, mulai dari wisata pantai, wisata bahari, wisata gunung dan masih banyak lagi. Kebanyakan orang lebih suka berwisata di pantai dan melakukan wisata bahari. Hal ini dikarenakan jenis wisata yang satu ini terbilang lebih seru dan menarik. Nah bagi Anda yang menyukai wisata pantai, mengunjungi Pulau Lengkuas Belitung adalah pilihan yang tepat.

Pulau Lengkuas merupakan salah satu Pulau di Belitung yang wajib dikunjungi ketika Anda berkunjung ke sini. Jika dibandingkan tempat lainnya, Pulau Lengkuas memilki keunikan tersendiri. Yaitu di sana ada mercusuar kuno peninggalan Belanda yang dibangun pada tahun 1882. Meskipun usianya sangat sudah tua akan tetapi sampai saat ini mercusuar ini masih berfungsi dengan baik sebagai rambu lalulintas kapal yang keluar masuk ke Pulau Belitung.

Pulau Lengkuas Belitung

Pulau yang terletak di sebalah utara Pantai Tanjung Kelayang, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini terdapat  banyak sekali batu-batu granit yang sangat indah. Sama seperti tempat wisata lainnya, Pulau Lengkuas ini juga memiliki pasir pantai yang putih dan air laut yang jernih. Tentu saja hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Selain mercusuar kuno, pemandangan alam inilah yang menjadi kenunikan tersendiri di Pulau Lengkuas.

Pesona keindahan wisata Pulau Lengkuas Belitung

Pulau Lengkuas merupakan salah satu tempat wisata di Belitung paling populer dan sangatlah menarik untuk dikunjugi. Di sana Anda bisa melihat keindahan alam Belitung dari puncak mercusuar tersebut. Untuk bisa menuju ke sana, Anda harus menempuh waktu sekitar 30 menit dari pusat kota lalu melanjutkan perjalan dengan cara menyewa perahu.

Untuk biaya sewa perahu pun beragam, tergantung dari kesepakatan. Biasanya Rp 400.000 untuk 10 orang. Untuk perjalannya pun tidak cukup lama yaitu hanya sekitar 30 hingga 60 menit saja. Anda pun tak akan pernah merasa bosan. Hal ini dikarenakan Anda bisa mengabadikan momen tersebut dengan hunting foto.

Beberapa obyek menarik yang  dilewati untuk menuju ke Pulau Lengkuas adalah Batu Garuda, Pulau Batu Berlayar dan Pulau Pasir. Dinamakan Pulau Garuda karena dalam tumpukan batu  di sebuah pulau ada yang menyerupai kepala Garuda. Di pulau tersebut Anda hanya bisa menyaksikan keindahan hamparan pasir putih. Setelah sudah melewati tempat-tempat tersebut itu tandanya Anda akan segera sampai ke Pulau Lengkuas.

Sesampainya di Pulau ini ada beberapa kegiatan wisata yang dapat dilakukan di sana, seperti, bermain pasir putih, mendaki bebatuan karang yang digunakan syuting film Laskar Pelangi, berfoto ataupun mendaki puncak mercusuar untuk melihat pemandangan alam.

Selain itu, kegiatan terfavorit yang sering dilakukan para pengunjung antara lain snorkeling ataupun diving. Di depan perairan Pulau Lengkuas, terdapat spot-spot diving yang tak kalah menarik dengan di Raja Ampat, Papua. Jika ingin melakukan olahraga air yang satu ini pastikan Anda membawa  semua perlengkapan yang dibutuhkan sendiri. Karena di sekitar pulau ini belum ada tempat persewaan alat snorkeling dan diving.

Pulau Lengkuas Belitung

Tak hanya itu saja, seperti yang kita ketahui daya tarik dari Pulau Lengkuas Belitung adalah adanya mercusuar yang saat ini masih digunakan. Oleh karena itu tak ada salahnya untuk masih dan hunting foto di atas mercusuar. Untuk bisa masuk ke dalam mercusuar tidak dipungut biaya alias gratis. Akan tetapi ada kotak sumbangan sukarela yang ditempatkan di pintu masuk. Ketika masuk ke dalam Anda pun harus melepas alas kaki yang Anda gunakan. Hal ini berguna agar mercusuar tetap bersih dan terjaga.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi salah satu wisata pantai di Belitung ini adalah pada bulan April hingga November. Hal ini dikarenakan pada bulan tersebut ombak laut masih cenderung tenang. Dan pastinya Anda lebih bisa menikmati perjalanan laut ketika berkunjung ke sana. Hindari mengunjungi Pulau Lengkuas pada musim penghujan jika Anda tak ingin terombang-ambing di laut karena ombak yang besar.

Seperti yang Anda ketahui Pulau Lengkuas tidak terlalu luas, oleh karena itu untuk menjaga kebersihan sekitar para pengunjung disarankan untuk membawa  pulang kembali sampah yang dihasilkan selama berwisata di Pulau Lengkuas.

Fasilitas Pulau Lengkuas 

Sebenarnya fasilitas yang ada di Pulau Lengkuas ini belum memadai. Di pulau ini hanya terdapat toilet umum namun belum ada penginapan. Bagi Anda yang ingin bermalam di pulau ini Anda bisa berkemah ataupun mencari penginapan di sekitar Pantai Tanjung Kelayang ataupun Pantai Tanjung Tinggi yang terletak tidak jauh dari Pulau Lengkuas.

Meskipun cukup melelahkan, akan tetapi perjuangan yang dilakukan untuk menuju ke Pulau Lengkuas Belitung ini dapat terbayar ketika Anda sudah menikmati pemandangan alam yang sangat mempesona.

Baca juga pantai di Belitung paling menarik.

keindahan pulau lengkuas belitung, OK Google pemandangan di Belitung, pulau lengkuas