Menikmati Keindahan dan Pesona Wisata Kawah Ijen Banyuwangi

Siapa yang tidak tahu Kawah Ijen? Hampir semua orang mengetahui tempat wisata yang satu ini. Kawah Ijen Banyuwangi merupakan salah satu tempat wisata di Banyuwangi yang telah dikenal luas oleh para wisatawan  dosmetik ataupun mancanegara. Hal ini pun terbukti dengan laporan jumlah pengunjung. Pada tahun 2011 yang lalu Kawah Ijen dikunjungi oleh 16.402 orang wisatawan, dengan rincian 7.617 wisatawan dalam negeri dan 8.785 wisatawan mancanegara.

Kawah Ijen terletak di puncak Gunung Ijen yang berlokasi di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Tengah. Bagi Anda yang menyukai keindahan alam, mengunjungi Kawah Ijen adalah pilihan terbaik untuk menghabiskan liburan Anda.

Kawah yang berada di ketinggian 2.368 meter di atas permukaan laut ini adalah kawah terbesar dan terluas di Pulau Jawa. Tak hanya itu saja, Kawah Ijen ini juga merupakan kawah paling asam terbesar di dunia yang memiliki suhu hingga 200 derajat celcius. Selain itu, kawah ini pun memiliki pemandangan dan keindahan yang sangat menakjubkan.Kawah Ijen Banyuwangi

Pesona Keindahan Kawah Ijen Banyuwangi

Selain dapat memproduksi 36 juta meter kubik belerang dan hidrogen klorida kawah ini memiliki keindahan yang sangat luar biasa. Dari ketinggian 2.368 di atas permukaan laut Anda bisa menyaksikan pemandangan alam yang sangat indah dengan danau belerang yang memiliki hijau toska. Untuk memperkenalkan Kawah Ijen kepada masyarakat, pemerintah Kabupaten Banyuwangi seringkali melakukan banyak event, seperti International Tour de Banyuwangi Ijen, Jazz Ijen Banyuwangi dan masih banyak lagi.

Namun tak hanya itu saja, selain memiliki pemadangan yang sangat indah Kawah Ijen ini juga memiliki fenomena alam yang tak boleh Anda lewatkan, yaitu Api Biru atau yang biasa disebut dengan Blue Fire. Waktu terbaik untuk melihat fenomena ini adalah pada saat dini hari yaitu pukul 02.00 hingga 04.00. Hal tersebut tentu saja menjadi keunikan tersendiri bagi tempat wisata tersebut. Karena fenomena blue Fire hanya terjadi di dua tempat di dunia yaitu di Inslandia dan Kawah Ijen, Banyuwangi, Indonesia.

Tips Berwisata ke Kawah Ijen

  • Saat mengunjungi Kawah Ijen jangan mengenakan celana jeans, tapi gunakanlah celana kain dan gunakanlah sandal atau sepatu yang nyaman di kaki. Untuk menghindari udara dingin gunakanlah jaket tebal sarung tangan dan penutup telinga.
  • Jika ingin melihat fenomena alam blue fire lakukan pendakian pada pukul 11 malam. Karena fenomena alam tersebut dapat terlihat dengan jelas pada pukul 2 hingga 4 dini hari.

Bagi Anda yang tertarik mengunjungi tempat ini, Kawah Ijen Banyuwangi ini dapat diakses dari dua arah, yang pertama  yaitu dari Situbondo menuju Sempol (Bondowoso) lewat Wonosari dan dilanjutkan ke Paltuding.  Untuk sampai Paltuding Anda harus menempu jarak sekitar 93 km atau setara dengan 2,5 jam perjalanan

Yang kedua adalah dari Banyuwangi, Anda harus menempuh karak sekitar 15 km untuk menuju ke Licin. Jika sudah sampai Anda harus melanjutkan perjalanan ke Paltuding sekitar 18 km dan dilanjutkan dengan menggunakan Jeep sekitar 6 km. Karena jalan yang ada di sana sangat menanjak dan berkelok.

Daftar Penginapan Murah di Kawah Ijen

Tak hanya terkenal dengan wisata pantai di Banyuwangi, kota ini juga memiliki fenomena alam yang sangat menarik untuk dikunjungi yaitu Kawah Ijen. Sudah dijelaskan tadi bahwa di Kawah Ijen Anda bisa menyaksikan blue fire. Akan tetapi untuk menyaksikannya Anda harus berkunjung ke sana pada dini hari.  Dan jika berasal dari luar kota, tentunya Anda memerlukan penginapan di sekitar sana. Jangan khawatir, berikut adalah beberapa penginapan murah dekat Kawah Ijen di Banyuwangi.

Penginapan di kawah ijen banyuwangi

Ijen Resort and Villas Banyuwangi

Ijen Resort and Villas Banyuwangi ini terletak di kaki Gunung Ijen dengan ketinggian 643 meter di atas permukaan laut. Meskipun terletak di desa terpencil akan tetapi penginapan ini selalu dipenuhi oleh para wisatawan yang ingin melakukan petualangan ke Kawah Ijen. Di penginapan ini Anda bisa menikmati pemandangan alam yang sangat indah dan tentunya sangat sejuk dan tenang.

Jamsit Guest House Kawah Ijen

Daya tarik penginapan ini terletak pada desainnya. Jamsit Guest House Kawah Ijen ini bergaya arsitektur Eropa. Penginapan yang terletak di sebelah selatan perkebunan kopi ini berada di ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut yang pastinya memiliki iklim yang sejuk dan dingin. Penginapan ini juga dilengkapi dengan taman bunga yang sangat indah.

Hotel Catimor Homestay

Jika dibandingkan dengan kedua penginapan di atas, Hotel Catimor Homestay ini memiliki jarak yang paling dekat dengan Kawah Ijen Banyuwangi, maka jangn heran jika suhu di sini pun sangat dingin yaitu mencapai 9 derajat celcius. Namun jangan khawatir karena hotel ini memiliki fasilitas bak mandi air panas yang dapat Anda gunakan. Di sini Anda juga dapat menikmati kopi atau teh hasil perkebunan sekitar Blawan.

Baca juga wisata Taman Nasional Baluran, pesona Afrika di Pulau Jawa.