Menikmati Keindahan dan Pesona Alam Pantai Pok Tunggal, Gunung Kidul

Yogyakarta merupakan salah satu daerah istimewa yang memiliki destinasi tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Selain Malioboro, Gunung Merapi dan Pantai Parangtritis masih banyak sekali tempat wisata di Jogja yang sangat harus dikunjungi  ketika berkunjung ke sini, salah satunya yaitu Pantai di Gunung Kidul. Tak hanya satu pantai, di Gunung Kidul terdapat beberapa pantai yang memiliki pesona keindahan sendiri, mulai dari Pantai indrayanti, Pantai Sundak, Pantai Ngobaran, Pantai Kukup, Pantai Krakal dan masih banyak lagi. Dan kali ini akan membahas mengenai keindahan dan pesona alam dari Pantai Pok Tunggal, Gunung Kidul.

pantai pok tunggal

Inilah pesona wisata dari Pantai Pok Tunggal, Gunung Kidul

Jika dibandingkan dengan pantai lainnya yang memiliki pasir putih dan iar lautnya yang jernih, pantai ini memiliki ciri khas yaitu adanya satu batang pohon Duras yang tumbuh rindang tepat di bibir pantai tersebut. Dibalik pesona keindahan pantai ini ada pula keunikan dari pohon tersebut. Menurut masyarakat setempat, konon pohon ini merupakan salah satu tanaman yang sulit tumbuh. Oleh karena itu ketika pohon ini tumbuh subur, keberadaannya sangat dijaga oleh masyarakat sekitar. Nama Pok Tunggal sendiri juga terinspirasi dari pohon tersebut, yang berarti “Pohon Tunggal”. Pohon ini juga dipercaya menjadi lambang kemakmuran penduduk setempat. Sehingga ketika Anda berkunjung ke pantai ini tidak boleh memanjat ataupun merusak pohon tersebut.

Tak hanya itu saja, yang menjadi pantai di  Gunung Kidul ini menarik untuk dikunjungi adalah luasnya hamparan pasir putih dan airnya yang jernih. Pemandangan alam yang seperti itu tentu saja dapat membuat para pengunjung merasa tenang ketika melihatnya. Pesona tebing tinggi yang ada di pantai ini juga memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Tebing yang berdiri tegak lurus dengan ketinggian  50 meter ini dapat menjadi latar foto yang sangat indah. Jika beruntung, diantara tebing-tebing tersebut Anda bisa melihat sekelompok monyet liar ataupun primata liar lainnya.pantai pok tunggal

Pesona keindahan alam di Pantai Pok Tunggal ini adalah pemandangan matahari terbenamnya. Melihat sunset adalah momen yang paling dicari para wisatawan. Karena warna kuning keemasan sinar matahari tersebut dapat membuat pantai ini lebih indah dan menawan.

Keistimewaan lain dari pantai ini adalah adanya sumber mata air tawar yang diperkirakan berasal dari aliran sungai yang ada di bawah tanah. Ini merupakan salah satu ciri khas dari daerah pegunungan karst Gunung Kidul. Sumber mata air tawar tersebut digunakan para penduduk sekitar untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari seperti mandi, mencuci, memasak, memenuhi kebutuhan warung setempat serta kamar mandi umum.

Jika belum puas dengan pemandangan pantai di siang hari, Anda  juga bisa menikmati pemandangan  pantai di malam hari. Akan tetapi di dekat pantai ini belum terdapat fasilitas hotel ataupun penginapan. Solusinya yaitu Anda bisa mendirikan tenda sendiri ataupun menyewa kamar rumah masyarakat sekitar. Untuk tendanya sendiri pun relatif terjangkau, yaitu hanya 60 ribuan per unitnya.

Jika hari sudah gelap Anda masih berada di pantai ini, sebaiknya menginaplah di pantai saja. Hal ini dikarenakan jalan menuju ke kota masih minim lampu penerangan, jalan belum diaspal dan masih sempit. Namun jika terpaksa meninggalkan pantai disarankan untuk lebih berhati-hati.

Fasilitas yang ada di pantai

Beberapa fasilitas yang ada di pantai ini antara lain musholla, gazebo, penyewaan tenda dome, warung makan, parkir, kamar mandi, penyewaan payung pantai dan lainnya. Untuk bisa masuk ke pantai ini para pengunjung harus membayar restribusi sebesar Rp 10.000.

Akses menuju ke pantai

Untuk bisa menuju ke pantai yang terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta ini Anda harus menempuh jalan yang sempit dan berkelok-kelok. Jika Anda berasal dari Yogyakarta Anda membutuhkan waktu perjalanan sekitar 2,5 jam dengan rute yaitu dari Yogyakarta Anda harus pergi ke Imogiri, Panggang, Jalan Saptosari, Tepus. Sesampainya ke tepus, ikutilah arah yang menuju ke Pantai Baron. Sebelum pertigaan Pantai Baron beloklah ke kiri ke arah Pantai Indrayanti. Sesampainya di pertiaan beloklah ke arah kiri, dan ikutilah papan petunjuk ke pantai ini.

Ada dua alternatif jalan yang bisa dilalui, yaitu melalui jalan besar menggunakan kendaraan atau bisa juga dengan berjalan kaki atau trekking. Jika menggunakan kendaraan Anda bisa menggunakan jalur dari Pantai Indrayanti menuju ke Kecamatan Tepus. Pada jarak 2,5 km menuju bibir pantai, Anda akan menemui petunjuk arah menuju ke pantai ini. Sepanjang perjalanan Anda akan dihadapkan dengan bebatuan serta jalan terjal yang berkelok-kelok.

Kondisi jalan yang seperti itu tentu saja dapat membuat perjalanan lebih menantang. Setelah melewati jalanan yang sulit, rasa lelah dan rasa penasaran Anda akan hilang setelah memasuki bibir Pantai Pok Tunggal ini.

pantai pok tunggal, keindahan pantai pok tunggal, pesona alam pantai, pesona pantai pok tunggal