Inilah Tempat Wisata di Pati Paling Hits yang Dapat Buat Eksis

Tempat wisata di Pati banyak sekali dicari banyak orang, baik masyarakat lokal hingga luar kota. Sebab jika dibandingkan dengan kota-kota besar di Jawa Tengan lainnya seperti Semarang, Jepara, Kudus dan lainnya Kota Pati memiliki daya tarik tersendiri. Nah bagi Anda yang bosan mengunjungi tempat wisata yang itu-itu saja, kali ini akan menjelaskan mengenai wisata di Pati yang dapat membuat Anda tetap eksis.

Musim liburan akan segera tiba. Sudahkah Anda memiliki rencana akan berlibur ke mana? Jika belum, tak ada salahnya untuk mempertimbangkan berlibur ke kota Pati. Meskipun luasnya tidak sampai 1.500 km2 dan tidak begitu dilirik sebagai daerah utama tujuan wisata, namun kota Pati memiliki potensi wisata dan tempat wisata menarik yang sayang jika tidak dikunjungi.

Sebelum mengunjungi kota ini, perlu diketahui bahwa Pati memiliki banyak julukan, mulai dari kota kacang karena di Pati ada dua perusahaan kacang yang memproduksi beragam varian kacang dan makanan lainnya, yaitu Pabrik Kacang Dua Kelinci dan Garuda Food. Selain itu, Pati juga dijuluki sebagai kota Manggis, karena Pati merupakan daerah penghasil manggis terbesar di Jawa Tengah. Dan yang paling unik adalah Pati juga memiliki julukan “Hogwart van Java”.

Mengapa demikian? Sebab di Pati banyak masyarakatnya percaya dan menekuni ilmu-ilmu mistis. Lalu apa daya tarik Pati itu sendiri? Di Pati Anda bisa melakukan beragam wisata, mulai dari wisata sejarah, wisata alam dan bahkan wisata religi. Daripada penasaran, berikut adalah wisata di Pati paling populer dan menarik untuk dikunjungi.

Daftar Tempat Wisata di Pati Paling Menarik dan Populer

Air Terjun Tadah Hujan

Tempat wisata yang pertama adalah Air Terjun Tadah Hujan. Air terjun yang terletak di Desa Sukolilo, Kecamatan Sukolilo, Pati ini memiliki pemandangan yang indah dan mempesona.  Air terjun setinggi 75 meter ini pada musim hujan akan dikelilingi dengan air yang melimpah. Meskipun indah, akan tetapi berkunjung ke sini pada musim penghujan akan menyulitkan Anda untuk turun ke dasar tebing.tempat wisata di pati Air Terjun Tadah Hujan

Akan tetapi pada saat musim kemarau, Anda bisa menikmati pemandangan di bawah air terjun. Untuk bisa sampai ke bawah, Anda harus melewati jalan setapak yang licin dan curam, sehingga Anda harus hati-hati.

Baca juga tempat wisata di Semarang paling terkenal

Agrowisata Jolong

Tempat wisata ini merupakan kawasan perkebunan kopi yang sudah ada sejak zaman kolonial dan saat ini agrowisata ini dikelola oleh Pt. Perkebunan Nasional IX. Di ketinggian 500 hingga 800 meter di atas permukaan laut tentu saja Anda bisa menikmati pemandangan alam yang ada di sana. Tak hanya itu saja, Anda juga bisa berkeliling perkebunan. Udaranya yang sejuk dapat membuat pikiran menjadi lebih tenang dan rileks.

Waduk Seloromo

Berikutnya adalah Waduk Seloromo. Wisata alam ini sering dikunjungi para wisatawan untuk hunting foto. Spot terbaik untuk hunting foto di sini adalah pos penjaga yang ada di sana. Tak jarang tempat ini juga sering digunakan sebagai latar foto untuk prewedding. Jika tertarik, Anda bisa mengunjunginya di Pohgading, Gembong, Pati. Jika musimnya, Anda juga bisa menikmati jeruk Pamelo khas Gembong, Pati yang ada di sana.

Pintu Gerbang Majapahit

Tempat wisata di Pati selanjutnya yang menarik untuk dikunjungi adalah Pintu Gerbang Majapahit, yang ada di Desa Rendole, Muktiharjo, Pati. Sejarah singkat asal usul Pintu Gerbang Majapahit di Pati bermula dari peristiwa di mana Sunan Muria tidak mengakui putarnya sendiri yang bernama Raden Bambang Kebo Nyabrang. Jika ingin diakui menjadi putranya, Kebo Nyabrang harus membawakan pintu gerbang Majapahit untuk Sunan Muria.Pintu Gerbang Majapahit

Namun perjalanan Kebo Nyabrang dari Trowulan (Majapahit) ke arah Muria tidak berjalan mulus. Sebab Raden Ronggo ingin merebut pintu tersebut agar Roro Pujiwati mau menikah dengannya. Pertempuran yang terjadi di Rendole tersebut tidak ada yang kalah dan kemudian dilerai oleh Sunan Muria. Dari peristiwa tersebut Kebo Nyabrang akhirnya diakui sebagai anak oleh Sunan Muria dan diminta menjaga pintu Gerbang Majapahit hingga akhir hayatnya.

Pasar Pragola Pati

Setelah puas mengunjungi wisata yang ada di Pati, tentunya tak lengkap jika tidak membeli oleh-oleh khas Pati. Salah satu pusat oleh-oleh Pati yang dapat Anda kunjungi adalah Pasar Pragola Pati. Di sini Anda bisa membeli produk unggulan Pati mulai dari hasil pertanian, perkebunan, laut hingga industri kecil dan menengah.Pasar Pragola Pati

Tak hanya itu saja, di dekat pusat oleh-oleh ini juga terdapat spot foto yang sering digunakan untuk hunting foto, yaitu kran air raksasa yang di sana. Pasar Pragola Pati ini terletak di Jalan Pati-Kudus Km 4, tepatnya di daerah Margorejo Pati.

Baca juga Daftar tempat wisata di Jepara paling menarik dan populer

Nah itulah beberapa tempat wisata di Pati yang populer dan menarik untuk dikunjungi. Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata menarik lainnya seperti Air Terjun Santi, Gua Pancur, Pulau Seprapat, Majid Agung Baitunnur, Alun-alun Pati, Juwana Water Fantasi, Pantai Banyutowo, Air Terjun Tretes serta menikmati makanan khas Pati seperti Nasi Gandul, Petis Balungan Runting, Gethuk Runting dan masih banyak lagi.

spot foto dipati, tempat hunting di pati, wisata hits pati, Tempat foto unik di pati, wisata pati hits, spot bangunan buat hunting di pati, pasar terbaik dipati, pariwisata pati air kran, Oke Google Pati, hunting bagus di pati