Gili Labak Madura, Pesona Wisata Bahari di Pulau Garam

Meskipun memiliki nama Gili Labak, akan tetapi tempat wisata yang satu ini tidak terletak di Lombok namun Gili yang satu ini adalah salah satu pantai terindah yang ada di Pulau Madura. Gili Labak  Madura adalah salah satu tempat wisata di Madura yang memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Pulau yang tak berpenghuni ini masih sangatlah alami, asri dan pastinya keindahannya mampu memanjakan dan menghipnotis mata para wisatawan. Pulau kecil yang hanya memiliki luas 5 hektar  ini terletak di Desa Kombang, Kecamatan Talango, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur.

tempat wisata di Madura Gili Labak

Menikmati pesona wisata di Gili Labak Madura

Dulunya pulau ini bernama Pulau Tikus. Hal ini dikarenakan  tempat ini dulunya adalah sebuah sarang tikus. Akan tetapi seiring dengan berjalannya waktu, keindahan pulau ini melebihi nama tersebut. Oleh karena itu, Pulau Tikus diganti namanya menjadi Pulau Gili Labak.

Pulau yang berada paling ujung timur Pulau Madura ini memiliki pasir putih, laut biru yang jernih dan desiran ombak yang sangat tenang. Bentangan pasir putih dan air laut yang jernih inilah yang membuat Gili Labak ini layak untuk dikunjungi. Jernihnya air laut yang ada di sana membuat Anda bisa menikmati gugusan terumbu karang dan biota laut yang sangat indah. Tak hanya itu saja, pulau ini juga hanya memiliki luas 5 hektar saja, sehingga dapat dikelilingi dengan berjalan kaki kurang lebih 30 menit.

Jika Anda tertarik mengunjungi salah satu pantai terindah di Jawa Timur ini jangan lupa untuk membawa sunblock agar kulit Anda tetap terjada dari sengatan sinar matahari.

Gili Labak Madura

Gili Labak Madura

Waktu terbaik mengunjungi Gili Labak Madura ini adalah pada bulan April sampai dengan November. Hal ini dikarenakan pada bulan tersebut kondisi laut sedang tenang.

Aktifitas yang sering dilakukan di Gili Labak, Madura

Aktifitas terbaik yang dapat dilakukan di Pantai di Madura ini adalah snorkeling ataupun diving. Karena tempat wisata ini memiliki titik-titik terumbu karang dan biota laut yang cukup beragam. Akan tetapi jika Anda ingin menikmati snorkeling ataupun diving di sana, pastikan Anda membawa sendiri perlengkapannya. Karena di sana belum ada yang menyewakan alat tersebut. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa kegiatan menarik yang dapat dilakukan di Gili Labak.

Menikmati pesona laut Gili Labak di atas perahu

Yang pertama adalah menikmati pesona laut Gili Labak di atas perahu. Seperti yang Anda ketahui untuk bisa sampai ke pulau ini Anda harus melakukan perjalanan dengan menggunakan perahu. Di perjalanan tersebut pastinya Anda bisa menikmati pemandangan menarik dan melakukan hunting foto selama perjalanan. Di kejauhan Anda pun dapat menikmati keindahan Pulau Gili Labak.

Bemain dengan pasir putih

Sudah sewajarnya jika bermain berada di pantai aktivitas paling favorit dilakukan para pengunjung adalah bermain pasir putih. Berbeda dengan pantai lainnya Gili Labak memiliki pasir putih yang sangat lembut seperti bedak bayi.

Menikmati pemandangan matahari terbenam

Tak hanya bermain pasir putih saja, menikmati pemandangan matahati terbenam juga merupakan salah satu kegiatan paling populer dan menyenangkan. Pemandangan matahari tebenam di Gili Labak Madura ini tak kalah indah dengan pantai-pantai yang ada di Indonesia.

Snorkeling dan diving

Snorkeling dan diving merupakan hal wajib yang harus dilakukan ketika berlibur ke Gili Labak. Saat snorkeling Anda akan bisa menikmati keindahan alam laut, terumbu karang dan biota laut lainnya. Anda bisa membawa perlengkapan snorkeling dari rumah ataupun menyewa peralatan di sana.

Hunting foto di Gili Labak

Gili Labak merupakan tempat wisata menarik untuk hunting foto. Selama perjalanan Anda bisa hunting foto di atas perahu. Tak hanya itu saja, jika tertarik mengunjungi tempat wisata ini jangan lupa untuk membawa kamera underwater. Karena Anda bisa mengambil gambar ketika snorkeling ataupun diving.

Fasilitas yang ada di tempat ini juga masih tergolong kurang. Seperti keterbatasan air bersih, belum adanya listrik dan juga penginapan. Jika ingin bermalam, Anda bisa menginap di rumah warga ataupun berkemah di pinggir pantai.

Akses menuju ke Gili Labak Madura

Sebelum pergi ke Gili Labak, Anda harus sampai terlebih dahulu ke Sumenep. Ada banyak cara menuju ke sana. Jika Anda berasal dari Surabaya, Anda bisa menuju terminal Bungurasih. Dari terminal Bungurasih pilihlah bis yang akan berangkat ke Madura dan biasanya pemberhentian terakhir di Teminal Sumenep atau di Pelabuhan Kalianget.

Setelah tiba di Pelabihan Kalianget Anda bisa menyewa perahu motor yang akan membawa Anda ke Gili Labak. Untuk tarifnya pun tidak di patok tergantung dari pintarnya Anda melakukan tawar menawar. Setelah menempuh perjalan laut sekitar 2 jam, Anda bisa sampai di Gili Labak.

Baca juga Pantai Sundak Gunung Kidul, Pesona Wisata Alam Yogyakarta.

Pulau garam, menikmati pesona laut gili labak di atas perahu, wisata bahari madura, wisata gili labak, wisata pulau garam