Daftar Tempat Wisata di Tulungagung Paling Menarik

Tulungagung adalah salah satu kabupaten di Jawa Timur yang terletak di Pesisir Pantai Selatan pulau Jawa. Selain terkenal dengan wisata kulinernya, Kopi Cete dan Lodho Ayam Tuluangagung, kota ini juga kaya akan tempat wisata yang wajib dikunjungi para wisatawan jika berkunjung ke sini. Sama seperti kota-kota lainnya di Jawa Timur, seperti Malang, Surabaya, Pacitan, Banyuwangi dan lainnya, Tulungagung juga memiliki beberapa daftar tepat wisata yang tak kalah menarik dengan kota-kota tersebut. Pastinya penasaran kan? Nah berikut adalah daftar tempat wisata di Tulungagung paling menarik dan populer.

Rekomendasi obyek wisata di Tulungagung paling terkenal

Gua Watulima

tempat wisata di Tulungagung

Gua Watulima

Tempat wisata yang pertama Gua Watulima. Gua yang terletak di Kecamatan Watulimo, Trenggalek ini pertama kali ditemukan oleh Mbah Lamejo pada tahun 1931 dan dibuka menjadi obyek wisata pada tahun 1984 yang lalu. Awalnya Mbah Lamejo menjacari gua untuk dijadikan tempat semedi dan ritual kejawen. Lokasi dari gua ini berada  tepat di sebuah telaga yang memiliki warna kebiru biruan. Seorang ahli gua asal Prancis, Manthovani Gilbert menyatakan bahwa Gua Watulima merupakan salah satu gua terbesar di Asia. untuk bisa sampai ke sini Anda harus menempuh jarak sekitar 35 km dari kota Tulungagung.

Pantai Popoh

Pantai Popoh

Pantai Popoh

Yang kedua adalah Pantai Popoh. Pantai Popoh adalah salah satu pantai di Tulungagung yang sering dikunjungi para wisatawan. Pantai yang menyerupai sebuah Teluk ini memiliki pemandangan yang sangat indah dan mempesona. Kegiatan yang sering dilakukan para wisatawan adalah memancing dan berwisata bahari lainnya. Bagi Anda yang tertarik, Anda harus menempuh karak sekitar 28 km dari Tulungagung.

Air Terjun Lawean

Air Terjun Lawean

Air Terjun Lawean

Tempat wisata di Tulungagung selanjutnya adalah Air Terjun Lawean. Meskipun ketinggian dari air terjun ini tidak lebih dari 100 meter, akan tetapi air terjun ini cukup populer di Tulungagung. Akses menuju ke Air Terjun Lawean juga sangat sulit, yaitu Anda harus melalui area perbukitan dan menyebrangi 9 sungai. Oleh karena itu, bagi Anda yang tertarik mengunjunginya harus mempersiapkan fisik yang kuat dan jangan lupa membawa bekal.

Candi Dadi

Candi Dadi

Candi Dadi

Bagi pecinta sejarah, mengunjungi Candi Dadi adalah pilihan yang tepat. Di tempat wisata ini Anda bisa melihat sisa-sisa bangunan kuno yang ada di sana. Candi Dadi sendiri adalah bangunan tunggal yang terbuat dari bahan batuan andesit yang terdiri dari kaki candi dan batur.

Pantai Sine Kalidawir

Pantai Sine Kalidawir

Pantai Sine Kalidawir

Berikutnya adalah Pantai Sine Kalidawir. Pantai ini terletak di Kecamatan Kalidawir yang letaknya pun tidak jauh dari Pantai Popoh. Pantai Sine Kalidawir,  memiliki pemandangan alam yang tak kalah indah dengan Pantai Plengkung Banyuwangi.  Selain berenang dan bermain di pantai, kegiatan paling favorit yang sering dilakukan di pantai ini adalah pemandangan matahari terbit.

Pantai Pathok Gebang

Pantai Pathok Gebang

Pantai Pathok Gebang

Tempat wisata di Tulungagung selanjutnya adalah Pantai Pathok Gebang. Sama halnya Pantai Popoh dan Pantai Sine Kalidawir, Pantai Pathok Gebang juga salah satu pilihan tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Untuk bisa sampai ke pantai ini Anda harus menyusuri hutan  selama 30 hingga 40 menit dengan cara berjalan kaki. Meskipun cara mencapainya cukup sulit, akan tetapi sesampainya di pantai ini rasa lelah Anda akan terbayar dengan keindahan Pantai Pathok Gebang. Ciri khas dari pantai ini adalah adanya karang atau tebing yang besar serta deburan ombak yang kuat.

Pantai Kedung Tumpang

Pantai Kedung Tumpang

Pantai Kedung Tumpang

Tak seperti dengan pantai lainnya yang memiliki pasir putih yang mewawan. Pantai Di Kedung Tumpang Anda tidak akan menjumpai pasir pantai sama sekali. Di pantai ini Anda hanya akan menjumpai tebing dan juga karang. Namun hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri. Selain itu di tempat wisata yang satu ini Anda juga akan menjumpai lubang-lubang alami yang membentuk laguna yang mempesona. Air di dalam laguna tersebut juga sangatlah jernih. Maka jangan heran jika salah satu kegiatan paling populer di pantai ini adalah berenang di dalam laguna yang ada di sana.

Air Terjun Pandanwangi

Air Terjun Pandanwangi

Air Terjun Pandanwangi

Tak hanya wisata pantain saja, di Tulungagung Anda juga dapat menikmati wisata air terjun yang sangat indah, yaitu Air Terjun Pandanwangi. Air terjun yan terletak di Desa Ngelurup, Kecamatan Sendang ini memiliki ketinggian hingga 30 meter. Untuk bisa sampai ke sini Anda harus berjalan kaki selama 2 hingga 3 jam dengan akses yang cukup menantang.

Goa Tan Tek Sue

Goa Tan Tek Sue

Goa Tan Tek Sue

Berikutnya adalah Goa Tan Tek Sue. Goa ini biasanya dikunjungi oleh umat Khonghucu pada hari besar agama Khonghucu. Selain berwisata di goa ini, tak lengkap rasanya jika belum menikmati durian bajul yang ada di sana. Udaranya yang sejuk dan pemandangan yang indah membuat para wisatawan betah berlama-lama di sana.

Demikianlah ulasan mengenai tempat wisata di Tulungagung paling menarik.

wisata tulungagung, wisata di tulungagung, tempat wisata tulungagung, spot foto di tulungagung, tempat wisata di tulungagung, spot sunrise di tulungagung, wisata kalidawir, wisata baru tulungagung, pantai di kalidawir, wisata di kalidawir tulungagung