11 + Tempat Wisata Temanggung Terbaru Yang Wajib Dikunjungi

Apa yang Anda ketahui tentang Kabupaten Temanggung? Sebagian mungkin akan menjawab dengan tembakau. Tetapi tahukah Anda jika Temanggung menyimpan pesona pariwisata yang beragam? Secara geografis, kabupaten ini terletak di antara Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro. Hal ini tentu saja akan menghasilkan alam yang subur, pemandangan yang indah, serta udara yang sejuk. Inilah beberapa wisata Temanggung yang bisa dikatakan potongan surga di dunia.

  1. Gunung Sumbing dan Sindoro

    Gunung Sumbing dan Sindoro

    Gunung Sumbing dan Sindoro

Ya, Kabupaten Temanggung memang terletak diantara dua gunung yaitu Gunung Sumbing dan Sindoro. Untuk yang gemar mendaki gunung, Anda bisa mencoba untuk menaklukkan puncaknya. Dari atas sana, Anda bisa menikmati pemandangan gugusan Gunung Ungaran, Gunung Prau, Gunung Merbabu, Gunung Merapi, dan lain-lain. Pendakian Gunung Sumbing dapat dimulai dari Desa Pager Gunung, Kecamatan Bulu. Sedangkan pendakian Gunung Sindoro dapat dimulai dari Jalur Kledung.

  1. Posong

    Dataran Tinggi Posong

    Dataran Tinggi Posong

Posong merupakan sebuah dataran tiggi yang berlokasi di Desa Tlahap, Kledung, Temaggung. Dataran ini mempunyai ketinggian lebih dari 2000 mdpl yang akan menyuguhkan eksotisme 7 gunung yang luar biasa. Berkat keindahannya, bahkan Posong sering disamakan dengan Dataran Tinggi Dieng di Wonosobo, Jawa Tengah.

  1. Candi Pringapus

    Candi Pringapus

    Candi Pringapus

Banyak sekali bertebaran candi peninggalan masa lalu di Pulau Jawa, termasuk di Kabupaten Temanggung. Adalah Candi pringapus, candi peninggalan Hindhu yang terletak di Desa Pringapus, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung. Candi ini sudah ada pada 850 Masehi. Menurut prasasti, Candi Pringapus dikhususkan untuk pemujaan salah satu dewa bernama Dewa Siwa.

  1. Monumen Meteorit

    Monumen Meteorit

    Monumen Meteorit

Monumen ini lain dari monumen lainnya karena berbentuk seperti batu meteor. Ya, Monumen Meteorit memang dibangun sebagai pengingat bahwa pernah ada meteor jatuh di Desa Wonotirto, Temanggung pada 11 Mei 2001, tepatnya pada hari Jumat pukul 09.00 WIB. Monumen ini juga berperan sebagai wahana edukasi bagi para siswa yang tengah belajar mengenai antariksa.

  1. Wisata Alam Jumprit

    Wisata Alam Jumprit

    Wisata Alam Jumprit

Aura sakral akan langsung terasa ketika Anda berada di kawasan wisata ini. Disini Anda akan disuguhkan dengan keberadaan mata air suci yang biasa digunakan oleh umat Hindhu untuk upacara waisak. Jadi, air dari sini akan di bawa ke Candi mendhut untuk upacara keagamaan tersebut. Wisata Alam Jumprit merupakan rumah bagi puluhan ekor kera yang konon menjadi penjaga tempat ini.

  1. Pikatan Water Park

    Pikatan Water Park

    Pikatan Water Park

Jika ingin berbasah ria, Anda bisa mampir ke Pikatan Water Park. Wahana air ini terletak di Jalan Raya Pikatan, Kecamatan Mudal, Kabupaten Temanggung. Disini terdapat kolam renang, perosotan air, dan wahana air lain yang menarik untuk dicoba. Tiket masuknya pun tergolong murah, yaitu Rp 6.000,00 pada hari biasa. Sedangkan pada tanggal merah dan hari libur, tiket akan menjadi Rp 7.000,00.

  1. Kledung Pas

    Kledung Pas Temanggung

    Kledung Pas Temanggung

Kledung Pas Temanggung menawarkan hamparan sabana. Keadaan alam ini dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk ditanami berbagai macam komoditas perkebunan seperti wortel, tembakau, dan kentang. Banyak sekali rest area di daerah ini dan ini jelas akan mendongkrak wisata Temanggung.

  1. Embung Kledung

    Embung Kledung

    Embung Kledung

Embung Kledung merupakan sebuah danau buatan yang difungsikan sebagai tempat penyimpanan air. Air dari embung ini nantinya akan digunakan untuk pengairan di daerah Kledung dan wilayah lain di sekitarnya. Embung Kledung berlokasi di kaki Gunung Sindoro, sehingga akan memantulkan bayangan gunung di permukaan air. Kunjungi dan rasakan sendiri indahnya Embung Kledung Temanggung.

  1. Embung Tlogopucang

    Embung Tlogopucang

    Embung Tlogopucang

Belum puas dengan Embung Kledung, Anda bisa mencoba berkunjung ke Embung Tlogpucang. Tidak main-main, embung ini berlatar belakang tiga gunung sekaligus yakni Gunung prau, Gunung Sumbing, dan Gunung Sindoro. Awalnya, Embung Tlogopucang memang difungsikan sebagai penadah air, tetapi kini mulai merambah menjadi daerah tujuan wisata. Destinasi ini terletak di Desa Tlogopucang, Kecamatan kandangan, kabupaten Temanggung.

  1. Curug Onje

    Curug Onje

    Curug Onje

Temanggung seakan tak henti menawarkan pesona alamnya untuk dijelajahi. Curug Onje menjadi obyek wisata selanjutnya yang wajib Anda kunjungi. Yang membuat curug ini berbeda adalah berjejernya tujuh curug yang hampir membentuk satu kesatuan yang indah. Airnya sangat jernih ditambah lagi dengan udaranya yang sejuk, membuat Curug Onje cocok untuk bermain air. kunjungi Desa Duren, Kecamatan Bejen, Temanggung untuk dapat menikmati curug ini.

  1. Curug Surodipo

        Curug Surodipo

    Curug Surodipo

Menutup perjalanan di Temanggung, Anda bisa menyempatkan diri mengeksplorasi keindahan Curug Surodipo. Dengan ketinggian air terjun lebih dari 120 meter, Anda akan ternganga olehnya. Obyek ini tengah dikembangkan oleh masyarakat Desa Tawangsari, Wonoboyo, Temanggung bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat. Sebagai tambahan, Surodipo merupakan salah satu nama pasukan Pangeran Diponegoro.

Itulah sebelas wisata Temanggung yang bisa menjadi referensi destinasi wisata Anda. Beragamnya obyek wisata seperti wisata alam, religi, sejarah, bahkan sains akan sangat sayang sekali untuk dilewatkan begitu saja.

wisata temanggung terbaru, wisata temanggung, tempat wisata temanggung, Wisata kabupaten temanggung, Wisata baru di tmg, tempat wisata temanggung jawa tengah, tempat wisata di temanggung, tempat wisata di daerah temanggung, wisata terbaru di wilayah temanggung, tempat wisata baru daerah temanggung
Tags: , ,